Apa Arti WFH? Tips Tetap Produktif Selama Work From Home

Image title
10 September 2021, 17:55
wfh, work from home, bekerja dari rumah, ppkm, covid-19, pembatasan sosial
123rf.com
Ilustrasi perempuan yang sedang bekerja dari rumah (work from home)

Pandemi Covid-19 yang masih terus berlanjut telah mengubah banyak hal, mulai dari sektor ekonomi, bisnis, sosial kemasyarakatan, lingkungan bahkan aktivitas dalam bekerja pun ikut terdampak adanya virus ini. 

Sebelum adanya virus ini, rata-rata orang yang bekerja akan selalu pergi ke kantor untuk menyelesaikan pekerjaan atau memberikan pelayanan kepada stakeholder. Namun dengan adanya virus Covid-19 ,yang penyebarannya sangat cepat melalui interaksi dengan orang/benda yang sebelumnya telah terinfeksi atau terdampak virus, menyebabkan adanya perubahan perilaku ditengah masyarakat.

Hal ini juga berkaitan adanya imbauan-imbauan berupa physical dan social distancing, mengurangi aktivitas di luar rumah serta mengurangi ke tempat-tempat yang digunakan untuk berkumpulnya orang salah satunya adalah kantor. Perubahan tatanan sosial kemasyarakatan dalam aktivitas bekerja salah satunya adalah konsep bekerja dalam bentuk Work From Home.

Konsep Work From Home (WFH) pada dasarnya sudah tercetus ketika revolusi industri 4.0 dimulai, di mana mesin dan teknologi canggih dengan konsep otomatisasi sudah diandalkan dalam proses produksi barang serta segala kebutuhan dapat dipenuhi melalui digitalisasi.

Melansir dari situs kemenkeu.go.id, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Syafruddin, menyatakan bahwapegawai negeri sipil (PNS) di beberapa negara maju sudah ada yang bekerja dari rumah.

Perlu ditekankan dalam pelaksanaan WFH ini bukan berarti tidak masuk kantor, melainkan pekerjaan dapat diselesaikan di mana saja dengan menggunakan teknologi dan informasi.

Penerapan WFH membawa manfaat tersendiri, tetapi bisa juga jadi bumerang untuk diri sendiri menjadi lebih malas dan tidak produktif. Untuk itu meskipun bekerja dari rumah setiap orang tetap perlu memotivasi diri agar senantiasa semangat bekerja dan menyelesaikan seluruh tanggung jawab yang sudah menjadi kewajibannya.

Pengertian WFH

Work From Home atau disingkat WFH berarti pekerjaan dilakukan dari rumah. Work from home banyak diartikan sebagai cara kerja karyawan atau pekerja yang bekerja di luar kantor, entah bekerja dari rumah, restoran atau cafe sesuai dengan keinginan dari karyawan atau pekerja tersebut.

Konsep WFH membuat fleksibilitas menjadi lebih tinggi yang membuat karyawan dapat mengimbangi kehidupan pribadi dan pekerjaan.

Kelebihan WFH

1. Fleksibel

WFH memang membuat karyawan lebih fleksibel dan dapat mengatur jam kerja sesuai dengan yang diinginkan.

Hal ini tentu membuat pekerja lebih nyaman, karena tidak lagi terpaku pada sistem kerja 8-5 atau 9-6. Selain itu, karyawan juga dapat meluangkan waktu lebih banyak dengan keluarga dibandingkan saat harus bekerja di kantor (WFO).

Para karyawan juga dapat menyesuaikan pakaian yang dipakai untuk bekerja. Pekerjaan yang dilakukan secara jarak jauh membuat aturan berpakaian menjadi lebih fleksibel. Pekerja dapat menentukan pakaian yang ingin dikenakan sesuai kebutuhan.

2. Hemat biaya

Bekerja dari rumah otomatis memangkas biaya makan dan transportasi menjadi lebih hemat. Bagi karyawan, tentu WFH menjadi kesempatan yang baik untuk mengatur pengeluaran mereka. Sementara itu, perusahaan juga dapat menyesuaikan anggaran agar lebih hemat.

Berbeda halnya, jika berangkat ke kantor. Meski mendapat biaya transportasi dan makan dari kantor, tapi biasanya dengan keluar rumah, cobaan untuk membeli makanan di restoran tertentu membuat biaya yang dikeluarkan lebih dari budget yang telah ditetapkan.

3. Lebih dekat dengan keluarga

Bagi karyawan yang sudah berkeluarga, WFH dapat menjadi pilihan yang tepat. Bekerja dari rumah menjadikan mereka selalu dekat dengan keluarga dan dapat mencuri momen untuk menjalin keharmonisan rumah tangga.

Meski begitu, harus tetap ada batasan antara pekerjaan dan keluarga serta profesionalisme dalam bekerja pun tetap terjaga. Hal ini bertujuan agar performance dalam bekerja tidak terganggu.

Kekurangan WFH

Bekerja dari rumah juga tak hanya memberikan keuntungan. WFH juga memiliki sejumlah kekurangan yang harus diperhatikan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...