Indeks Dolar AS Menguat Seiring Kenaikan Imbal Hasil Obligasi Amerika

Safrezi Fitra
11 September 2021, 09:24
Ilustrasi mata uang dolar AS
Pixabay/Gerd Altmann
Ilustrasi mata uang dolar

Nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terhadap sejumlah mata uang utama negara-negara dunia menguat pada akhir perdagangan, Jumat 10/9 (Sabtu pagi WIB). Penguatan ini sejalan dengan naiknya imbal hasil (yield) obligasi pemerintah AS.

Pemerintah AS menaikkan imbal hasil obligasi saat investor menanti peluang bank sentral AS Federal Reserve mulai mengurangi pembelian asetnya atau tapering

Dolar sempat turun pada Jumat pekan lalu ke level terendah dalam satu bulan terakhir. Dolar AS melemah setelah data pekerjaan Agustus menunjukkan pertumbuhan yang melambat, sementara inflasi upah naik lebih besar dari yang diharapkan.

Naiknya dolar di akhir pekan ini dinilai belum menunjukkan tren penguatan ke depan. Investor masih menunggu petunjuk baru tentang kapan Fed kemungkinan akan mulai mengurangi pembelian obligasinya dan menaikkan suku bunga.

"Bagi saya, hal yang paling penting adalah kapan Fed menaikkan suku bunga, dan sayangnya kita mungkin tidak mengetahuinya untuk sementara waktu," kata Erik Nelson, ahli strategi makro di Wells Fargo di New York.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...