18 Rekomendasi Makanan Jepang yang Unik

Dwi Latifatul Fajri
14 September 2021, 12:50
18 Rekomendasi Makanan Jepang yang Unik
EKATERINA BOLOVTSOVA/Pexels

Jepang memiliki banyak makanan lezat dan bergizi. Contohnya, onigiri atau nasi kepal khas Jepang. Onigiri dibuat dari beras Jepang yang dibentuk segitiga, berisi daging, dan rumput laut. Onigiri menyehatkan karena mengandung karbohidrat, protein, dan zat gizi lainnya.

Selain onigiri, banyak makanan populer Jepang lainnya, seperti sashimi, onigiri, tempura, ramen, udon, sushi, takoyaki, yakitori, dan masih banyak lagi.

Ciri Khas Makanan Jepang

Mengutip dari Japan-guide.com, umumnya masakan Jepang terbuat dari hasil pertanian dan makanan laut. Jepang juga tidak menggunakan bumbu rempah-rempah dari biji-bijian atau rempah yang dihaluskan.

Masakan Jepang juga tidak memakai bumbu berbau tajam seperti bawang putih. Umumnya masakan Jepang mengandung kadar garam tinggi dan rendah lemak.

Makanan Khas Jepang yang Unik

Sama seperti Indonesia, Jepang memiliki makanan manis tradisional, yang disebut Wagashi. Biasanya jajanan tradisional ini dinikmati dengan secangkir teh hijau. Makanan manis di Jepang biasanya musiman.

Makanan manis populer adalah pasta kacang azuki manis atau anko. Anko menjadi bahan utama untuk manisan Jepang. Kacang jenis azuki ini direbus dengan gula kemudian dihaluskan sampai menjadi ako halus (koshian) dan anko tebal (tsubuan).

Bahan populer untuk membuat manisan adalah kue beras (mochi), agar-agar Jepang (kanten), pasta, wijen dan masih banyak lagi. Wagashi banyak ditemukan di kafe, restoran, tempat wisata, sampai taman.

Jenis Wagashi:

1. Dango

Dango menjadi makanan tradisional manis populer. Kudapan ini sering diperlihatkan di anime (kartun Jepang) dan dorama (Drama Jepang).

Dango berbentuk bulat, berwarna coklat, kecil, dan kenyal. Bentuk Dango hampir sama seperti sate. Dalam satu tusuk ada tiga atau empat buah. Dango dibuat dari tepung beras, saus manis, dan pasta kacang. Dango biasanya disajikan sebagai makanan penutup.

2. Dorayaki

Mungkin Anda mengingat dorayaki dari kartun Doraemon. Doraemon adalah robot kucing dari masa depan yang kembali ke masa lalu. Dia sangat menyukai kue dorayaki.

Dorayaki dibuat dari pasta kacang manis di bagian tengah, lalu dilapisi dengan roti pancake. Selain pasta kacang manis, isian kue dorayaki bisa diganti dengan krim coklat, krim rasa teh hijau, dan krim custard.

3. Namagashi

Namagashi bisa juga disebut permen mentah. Makanan manis yang terbuat dari tepung beras dan di dalamnya pasta kacang manis. Bentuk Namagashi yang dibuat tangan merefleksikan musim. Permen ini bisa berbentuk daun dan bunga.

Namagashi biasanya menjadi kudapan ketika minum teh. Kini, makanan manis tersebut bisa dinikmati tiap hari bersama dengan teh hijau.

4. Daifuku

Daifuku terbuat kue beras (mochi) yang dilembutkan. Mochi ini menjadi pembungkus pasta kacang manis di dalamnya. Bentuk daifuku biasanya bulat kecil. Ukuran daifuku sekitar 3 cm atau seukuran telapak tangan.

Daifuku ditutupi tepung kentang supaya tidak saling menempel. Manisan ini paling umum berwarna putih, hijau pucat, atau merah muda. Kini daifuku banyak inovasi dan isian. Versi daifuku paling populer adalah stroberi (ichigo), kacang-kacangan (mame), dan es krim. Daifuku harus cepat dimakan karena mudah mengeras jika dibiarkan terbuka.

5. Taiyaki

Taiyaki termasuk makanan manis asal Jepang yang populer di Indonesia. Taiyaki berbentuk seperti ikan. Kue ini biasanya dijual di pinggir jalan di Jepang.

Nama Taiyaki berasal dari kata 'Tai' yang diambil dari salah satu jenis ikan. Bentuk kue taiyaki ini berasal dari ikan sea bream merah. Konon, ikan ini berharga sangat mahal. Ada juga yang bilang red sea bream ini adalah ikan yang membawa keberuntungan.

Adonan taiyaki adalah pancake atau waffle. Sementara isi di dalamnya adalah pasta kacang merah manis. Kini, isian taiyaki bisa beragam, ada coklat, keju, ubi jepang sampai sosis.

6. Manju

Manju adalah roti kukus atau dipanggang. Isi di dalam manju adalah pasta kacang manis atau makanan manis lainnya. Kue Manju ini bentuknya seperti daun maple atau momiji.

Manju adalah kue khas dari Hiroshima. Warnanya kecoklatan dan isi di dalamnya bisa beraneka ragam. Tekstur kue manju lembut dan manis. Selain pasta kacang, kue ini juga bisa diisi keju, cokelat dan selai buah.

7. Amitsu

Amitsu merupakan makanan penutup (dessert) tradisional khas Jepang. Isi didalam amitsu beraneka ragam seperti potongan buah-buahan, gula merah, satu sendok es krim, mochi, jelly, pasta kacang merah, sampai agar-agar.

Amistsu disajikan dengan kuromitsu atau sirup hitam. Bahan sirup hitam tersebut adalah gula merah Okinawa. Amitsu cocok dimakan saat musim panas. Terbuat dari berbagai bahan, rasa amitsu manis dan segar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...