Kumpulan Kata Mutiara Berbahasa Arab yang Menjadi Motivasi Kehidupan

Image title
15 September 2021, 18:54
kumpulan kata mutiara
https://freerangestock.com/
Ilustrasi Orang Berlari Mengejar Mimpi

Kumpulan kata mutiara nan bijaksana kini menjadi sebuah kebutuhan tersendiri bagi setiap insan. Pasalnya, selama lebih setahun pandemi Covid-19 berjalan, manusia perlu saling menguatkan. Kata mutiara hadir menjadi salah satu motivasi penegak harapan tersebut.

Dalam keseharian kita juga akrab dengan kumpulan kata mutiara. Dari yang diambil dari kitab suci, kata para ilmuwan hingga leluhur yang mewariskan nilai-nilai kehidupan.

Beberapa yang mewariskan kata-kata mutiara adalah para ulama-ulama islam terdahulu yang menurunkan spirit keilmuan mereka dalam kata-kata, atau bait-bait syair.

Berikut ini kumpulan kata-kata mutiara berbahasa Arab yang bisa menjadi pemecut semangat dalam kehidupan sehari-hari.

Man Jadda wa Jada

Kalimat ini bermakna "barang siapa yang bersungguh-sungguh, maka ia akan mendapatkannya." Meski berbahasa Arab, petuah ini sudah populer di Indonesia, semenjak ramai novel dan film Negeri 5 Menara.

Dalam kehidupan terkadang kita memiliki banyak keinginan. Namun keinginan dan proses untuk meraihnya banyak sekali ketimpangan, besar hasrat namun tak punya niat. Akhirnya hanya menjadi cita-cita yang tak pernah terwujud.

Bait mutiara ini bisa menjadi pengingat bahwa segala keinginan kita bisa terpenuhi, selama diimbangi dengan kerja keras. Spirit ini harus ditanamkan dalam diri dan menjadi pelajaran bahwa kesuksesan bisa diraih siapa pun tanpa memandang latar belakang, selagi tekad masih kuat.

Spirit Man Jadda wa Jada telah menyebar ke penjuru nusantara. Walau berbahasa Arab, namun masyarakat bisa memahami. Semangat tetap menjadi bara api yang tak pernah padam oleh zaman. 

Man Shabara Zhafira

"Barang siapa yang bersabar, maka dia akan beruntung." Pada masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, pesan dan nasihat akan kesabaran banyak tersebar di mana-mana. Sabar untuk di rumah saja, sabar untuk memakai masker, sabar untuk omset usahanya turun, dan segala kesabaran yang harus dihadapi.

Nasihat untuk sabar mungkin sudah menjadi hal yang membosankan bagi sebagian orang. Makanya, banyak ulama Arab yang menyebutkan orang yang sabar akan mendapatkan keberuntungan.

Definisi beruntung dalam kata mutiara ini tentu tidak hanya diartikan dengan uang atau barang saja. Namun, memiliki makna ketenangan hati, kelapangan jiwa, dan kebahagiaan yang bahkan tak bisa dibeli oleh dunia seiisinya. Maka nasihat sabar tak akan hentinya, karena harus selalu diingatkan.

Man Saara Al Darbi Washala

Setelah berjuang dan bersabar maka ada satu wasiat lagi yang menjadi kunci keberhasilan yaitu man saara ala darbi washala yang berarti barang siapa berjalan di jalurnya maka sampailah ia ke tujuan yang diinginkan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...