Kumpulan Kata-Kata Bijak FIlsuf Yunani Thales untuk Kehidupan Baik

Image title
14 September 2021, 09:42
Ilustrasi tempat para filsuf Yunani berkumpul dan berdiskusi soal filsafat dan mencari kumpulan kata mutiara bagi generasi selanjutnya, kata-kata bijak, kumpilan kata bijak, kumpulan kata mutiara, kata filsuf
freerangestock.com
Ilustrasi tempat para filsuf Yunani berkumpul dan berdiskusi soal filsafat

Kumpulan kata mutiara yang bersumber dari filsafat menjadi motivasi bagi manusia yang menghadapi banyak kemelut dalam kehidupan. Warisan para filsuf berupa ide dan gagasan dapat menjadi pencerah saat zaman ini tidak memberi solusi akan permasalahan.

Meski hanya kutipan dari ucapan para filsuf namun mengandung makna yang mendalam. Mereka berkata tidak hanya sekedar mengucapkan saja, namun didasari pemikiran hasil kajian yang matang dan dewasa.

Advertisement

Katadata.co.id menghimpun kutipan bijak seorang filsuf Yunani, Thales, yang bisa dipelajari saat ini hingga di masa yang akan datang.

Thales berasal dari Miletos yang hidup di masa abad ke-6 sebelum masehi. Di masa itu pemikiran filsafat masih belum digandrungi, dan kisah khayalan serta mitos mendominasi dalam babak pikiran. Sehingga belum banyak kata mutiara yang bisa ditemukan seperti saat ini. 

Berikut adalah kutipan pemikiran Thales yang dapat menginspirasi kehidupan hingga saat ini:

1. “Harapan adalah satu-satunya kebaikan yang umum bagi semua orang. Mereka yang tidak memiliki apa-apa masih punya harapan"

Harapan, angan dan cita-cita adalah hal mahal bagi manusia. Selagi masih memiliki mimpi manusia akan terus hidup. Terus berlari dan berusaha menggapai segala yang mereka harapkan.

Di Indonesia filsafat dari Thales dilakukan dengan baik oleh penulis kenamaan Andrea Hirata dengan novel best seller-nya: "Laskar Pelangi". Kisah yang mengangkat kumpulan anak kecil di pulang Belitong yang jauh dari kota. Novel itu telah diterjemahkan dalam puluhan bahasa di dunia. Bahkan, filmnya telah diputar dalam berbagai bioskop dan festival di penjuru wilayah.

Itulah hebatnya harapan dan mimpi. Bila masih ada sepercik harapan dalam diri, maka masih ada kehidupan dan masa depan. Biarlah harta benda tiada, namun harapan harus tetaplah menyala dalam jiwa.

2. “Waktu adalah yang paling bijaksana dari semua hal yang ada, karena itu menjadikan segalanya terang”

Waktu yang berlalu tak dapat dikembalikan atau diulangi lagi walau hanya sedetik. Sepersekian detik pun juga tak bisa diputar balikkan. oleh karenanya waktu sangatlah mahal.

Banyak orang yang siap merelakan harta bendanya untuk memutar waktu dan mengulang masa lalu. Akan tetapi semua itu percuma karena hanya sia-sia dan waktu tak bisa diulangi lagi.

Biasanya, orang akan selalu dihargai saat dirinya pintar mengatur dan membagi waktu. Orang yang suka menunda, terlambat dan keburukan lain dampak tak mampu mengatur waktu tak akan mendapat tempat di masyarakat.

Ungkapan Thales ini juga sama dengan pepatah Arab yang berbunyi: "Waktu itu lebih mahal daripada emas."

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement