5 Manfaat Porang untuk Kesehatan dan Bahan Industri

Image title
14 September 2021, 10:02
5 Manfaat Porang untuk Kesehatan dan Bahan Industri, porang, tanaman porang, manfaat porang, porang untuk apa, porang adalah
ppid.menlhk.go.id
Tampilan tanaman porang yang memiliki beragam manfaat kesehatan dan industri

Tanaman porang (Amorphophallus muelleri Blume) atau disebut juga iles-iles adalah salah satu jenis tanaman yang tumbuh liar di hutan. Dilansir dari situs Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan, porang termasuk dalam tumbuhan semak (herba) yang berumbi di dalam tanah.

Tanaman porang merupakan tanaman asli Indonesia dan sudah sejak lama dikenal dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Bahkan pada zaman penjajahan Jepang, masyarakat di sekitar hutan dipaksa untuk mendapatkan porang guna keperluan bahan pangan dan industri mereka, menurut Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan.

Porang dikenal dengan beberapa nama lokal, tergantung pada daerah asalnya, seperti acung atau acoan oray (Sunda) dan kajrong (Nganjuk). Tanaman ini awalnya ditemukan di daerah tropis dari Afrika sampai ke pulau-pulau Pasifik, kemudian menyebar ke daerah beriklim sedang seperti Cina dan Jepang.

Jenis A. onchophyllus awalnya ditemukan di Kepulauan Andaman (India) lalu menyebar ke arah timur melalui Myanmar, masuk ke Thailand dan Indonesia. Berdasarkan Puslitbang Perkebunan, porang memiliki nilai ekonomi tinggi karena mengandung glukomanan yang baik untuk kesehatan dan dapat diolah menjadi bahan pangan.

Untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan manfaat porang sebagai berikut.

1. Menurunkan kadar kolesterol di dalam darah.

Olahan tepung glukomanan dari umbi porang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah karena kandungan glukomanan pada umbi tersebut berdasarkan penelitian dalam Jurnal Ilmu Farmasi dan Farmasi Klinik Vol.11 No. 2 Desember 2014.

Glukomanan memiliki sifat sebagai serat yang mampu menyerap air. Serat tersebut dapat mengikat garam empedu di lumen usus sehingga menghambat proses daur ulang dan garam empedu.

Karena jumlah garam empedu yang sedikit maka akan dikembalikan ke hati. Hal ini akan merangsang hati untuk membentuk garam empedu yang baru dan mengambil kolesterol dari darah sebagai bahan pembentuk garam empedu.

2. Sebagai bahan dasar industri

Menurut Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi), porang mengandung glukomanan yang memiliki berbagai sifat yang dapat dimanfaatkan untuk bahan dasar industri pangan, kimia, dan farmasi.

Beberapa contoh penggunaan porang antara lain untuk produk makanan seperti konnyaku dan shirataki. Porang juga digunakan untuk produk kue, roti, es krim, permen, dan sebagainya.

Sedangkan untuk industri kimia, porang digunakan sebagai bahan perekat seperti lem dan cat tembok, pelapis kedap air, penguat tenunan kain, dan bahan pembuat kertas yang tipis dan tahan air.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...