Ciri-Ciri Kucing Hamil dan Cara Merawatnya

Image title
15 September 2021, 16:21
Ilustrasi ciri-ciri kucing hamil.
ANTARA FOTO/REUTERS/Eduard Korniyenko/WSJ/sa.
Ilustrasi ciri-ciri kucing hamil.

Ciri-ciri kucing hamil merupakan hal penting diketahui oleh pemilik hewan piaraan, agar bisa memilih perawatan yang tepat bagi si kucing. Seekor kucing betina dapat terus bereproduksi setiap 2 - 3 minggu dengan masa kehamilan hingga 65 hari atau selama 6 bulan.

Tanda-tanda seekor kucing betina tengah mengandung atau tidak, bisa dilihat dari ciri fisik dan perilakunya, seperti perut yang membesar. Mengutip Pet Smart, perut kucing betina bakal membesar 30 hari setelah dikawinkan. Namun, selain ciri tersebut, ada beberapa ciri lainnya yang menandakan kucing tengah bunting.

Ciri-Ciri Kucing Hamil

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ciri-ciri kucing hamil:

1. Muntah-Muntah

Mirip seperti manusia, beberapa kucing betina akan mengalami morning sickness atau mual di pagi hari ketika sedang hamil. Selain itu, nafsu makannya pun akan berkurang dan sering mengalami muntah-muntah yang biasanya berlangsung sesekali dalam waktu yang lama.

Perubahan dan lonjakan hormon pada rahim kucing membuat hewan jinak ini kemungkinan akan merasa kelelahan. Namun, fase ini hanya bersifat sementara dan akan hilang setelah beberapa minggu awal berlalu.

2. Perut dan Puting Membesar

Perut kucing akan terlihat lebih besar dari semestinya pada usia kehamilan 5 minggu. Selanjutnya, perut akan terus membesar sampai waktu melahirkan tiba.

Selain perut, puting kucing betina juga akan membesar dan memerah setelah 2 atau 3 minggu fase kehamilan. Ciri ini juga bisa jadi sinyal bahwa dalam beberapa minggu kucing akan segera melahirkan. Bila tanda ini sudah muncul sebaiknya persiapkan segala proses kelahiran dengan baik.

3. Bulu Rontok dan Lebih Manja

Saat masa kehamilan, hormon kulit pada kucing akan meningkat sehingga menyebabkan kulit mereka berminyak. Akibatnya, bulu akan menipis dan lebih mudah rontok dari biasanya. Namun, jangan panik, sebab gejala ini hanya akan berlangsung maksimal dua minggu pada masa kehamilan.

Bukan hanya itu, sebagian kucing betina yang tengah hamil cenderung akan lebih manja pada majikannya. Mereka akan sering mendatangi pemiliknya dan minta dielus-elus. Namun, tidak semua kucing seperti ini, beberapa kucing lainnya justru berubah menjadi gelisah dan penyendiri ketika hamil. Untuk itu, diperlukan kepekaan majikan dalam merawat kucing semasa hamil.

4. Nafsu Makan

Nafsu makan kucing yang sedang hamil juga bisa mengalami peningkatan. Sama seperti manusia, mereka membutuhkan sumber energi dan kalori ekstra untuk bayi yang tengah dikandung. Kucing biasanya akan makan 1,5 kali lebih banyak dari makanan normalnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...