10 Jenis Anjing Terbaik yang Cocok Dijadikan Sahabat di Rumah

Image title
15 September 2021, 17:14
10 jenis anjing terbaik yang cocok jadi sahabat di rumah
unsplash.com/
Ilustrasi anjing dengan ras Shiba Inu

Memiliki anjing sudah menjadi suatu hobi yang banyak digeluti oleh sejumlah masyarakat di Indonesia. Bahkan, tak jarang anjing juga sudah dianggap dalam bagian keluarga. Oleh karenanya dalam perawatan dan pemeliharaannya tidak boleh main-main.

Anjing menjadi binatang peliharaan favorit karena sifatnya yang apa adanya. Tidak menuntut majikan untuk memberikan perawatan macam-macam. Sehingga menjadi populer selain kucing.

Menurut Harvard Health, memelihara anjing juga membantu proses penyembuhan beberapa penyakit, seperti mengurangi kadar stres dan tekanan darah. Selain itu anjing juga bisa menjadi teman berjalan. Sehingga menjadi tambahan aktivitas fisik. 

Katadata.co.id menghimpun 10 jenis anjing ras terbaik yang bisa dipelihara di rumah. Anjing sendiri di setiap rasnya memiliki karakter yang khas dan berbeda satu sama lain. Ada yang sifatnya agresif, memiliki kesabaran tinggi, hingga yang berinsting tajam.

10 ras anjing dengan berbagai karakteristik yang bisa menjadi teman di rumah:

1. Beagle

Beagle
Beagle (Katadata)

 

Anjing jenis Beagle atau dikenal dengan siberat merupakan anjing dengan ukuran terkecil dari keluarga anjing pemburu. Dalam klasifikasinya ada empat jenis dengan ras serupa, yaitu: eagle berukuran sedang, Beagle kerdil atau kecil, Beagle rubah, dan Beagle terrier (berbulu kasar).

Bila menilik sejarah Anjing Beagle, orang terdahulu sering memanfaatkannya untuk berburu hewan kecil, seperti kelinci. Meski pada awal abad ke-20 populasinya sempat menurun tajam dan nyaris punah, kini Beagle kembali populer dan jumlahnya ikut naik. Seiring dengan kebutuhan selain menjadi peliharaan bagi para penegak hukum.

Bagi para pecinta anjing, Beagle layak untuk dibawa pulang. Sifatnya setia kawan dan mampu akrab dengan sesama anjing atau hewan lainnya. Perilakunya yang lucu juga mampu menghibur dan menyenangkan hati.

2. Akita Inu

Akita Inu
Akita Inu (unsplash.com/)

 

Bila melihat sosok anjing ini akang mengingatkan dengan film Hachiko. Film yang menceritakan seekor anjing yang penuh setia menjaga tuannya di sebuah stasiun di Jepang. Karena kesetiaan anjing tersebut mampu membuat air mata menetes.

Seperti namanya anjing Akita Inu berasal dari Provinsi Akita di Jepang. Sebagai salah satu anjing trah Jepang, Akita Inu memiliki banyak keistimewaan salah satunya berburu hewan dengan ukuran besar, seperti babi hutan, beruang dan rusa.

Meski memiliki sifat setia, Akita Inu tidak mudah akrab dengan hewan lain yang ada di sekitarnya. Oleh karenanya para pemilik hewan harus selalu berhati-hati saat memilihara anjing tersebut dan memisahkannya dengan hewan lainnya.

3. Maltese

Maltese
Maltese (https://freerangestock.com/)

 

Bulunya yang lembut seperti sutra, membuat anjing dengan jenis Maltese mudah mendapat hati bagi para kolektor hewan. Meski lembut, bulu Maltese memiliki keunikan, yaitu tidak mudah rontok.

Anjing lucu ini berasal dari wilayah Mediterania Tengah dan telah dikenal sejak zaman Yunani Kuno. Hal itu terbukti dari banyaknya manuskrip yang menulis mengenai sosok anjing berbulu lebat tersebut.

Sebagai hewan yang manja, Maltese tergolong sulit beradaptasi dengan anak-anak. Perlu perhatian ekstra saat Maltese berada bersama anak kecil.

Karena berbulu lebat dan halus, perlu perawatan khusus dari penggunaan shampoo yang teratur. Serta memotong beberapa helai bagian rambut yang sekiranya mengganggu mata mereka. Meski berbulu lebat, hewan ini cocok bagi anda penderita alergi karena sifatnya yang tidak mudah rontok.

4. Cihuahua

CIhuahua
CIhuahua (freerangestock.com/)

 

Berbeda dengan Maltese yang lebat akan bulu, Cihuahua justru sebaliknya, rambutnya justru sangat pendek dan di beberapa bagian nyaris botak.

Meski tubuhnya mungil, namun anjing jenis ini memiliki rasa kepercayaan diri yang sangat tinggi. terbukti Cihuahua berani melawan hewan dengan rasio tubuh yang lebih tinggi, saat merasa terintimidasi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...