Cara Membuat Toner Air Mawar dengan Mudah di Rumah

Tips dan trik membua toner dari air mawar secara mudah dan murah di rumah masing-masing.
Image title
23 September 2021, 22:27
Larutan Air Mawar
Pixabay
Larutan Air Mawar

Selain menjadi penghias lingkungan karena warnanya yang asri dan bentuknya yang molek, bunga mawar juga memiliki manfaat terhadap kesehatan. Manfaat tersebut dapat diraih melalui hasil penyulingan hingga menghasilkan produk air mawar.

Selain digunakan untuk kesehatan, air mawar sudah lama dikenal sebagai salah satu produk perawatan kulit favorit. Manfaat air dari mawar mulai dari melembapkan kulit, mengatasi iritasi, hingga melawan tanda-tanda penuaan dini.

Air mawar dihasilkan dari kelopak bunga mawar yang disuling menggunakan teknologi uap. Dengan wanginya yang khas, bahan alami yang umum digunakan di Iran dan wilayah Timur Tengah ini biasanya digunakan sebagai bahan dasar pembuatan parfum.

Cara Membuat Toner Air Mawar

Melansir Sehatq.com, ada beberapa cara untuk membuat toner air mawar secara mandiri. Adapun beberapa bahan yang perlu disiapkan, antara lain:

  • Satu sendok makan air mawar.
  • Satu sendok makan witch hazel tanpa alkohol.
  • Satu sendok teh air perasan lemon.
  • Air secukupnya.

Lalu bagaimana cara membuatnya?

Cara membuat air mawar untuk toner wajah atau face mist ini sederhana. Anda hanya tinggal mencampurkan seluruh bahan yang sudah disiapkan ke dalam botol. Bila sudah, semprotkan toner air mawar ke kulit wajah sebagai face mist secara merata ke permukaan wajah.

Menggunakan Air Mawar Racikan Sendiri ke Wajah

Bila Anda sudah berhasil membuat resep sederhana air mawar tadi, kini Anda bisa menggunakan pada wajah sesuai dengan kebutuhan. Saat menggunakan toner tersebut dapat dilakukan secara perlahan dan tipis-tipis ke permukaan wajah yang sedang mengalami iritasi.

Tips Menggunakan Air Mawar Seperti Toner

a. Bersihkan Wajah Sebelum Menggunakan Toner

Tata cara menggunakan air mawar yang tepat adalah dengan membersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan sabun cuci muka sesuai jenis kulit. Bila Anda menggunakan make up, sebaiknya bersihkan dulu sisa-sisa make up di wajah menggunakan make up remover.
Setelah itu, baru dilanjutkan dengan mencuci muka untuk mengangkat kotoran, minyak, dan make up menggunakan sabun pembersih wajah.

Setelah semua selesai, kemudian pastikan wajah Anda sudah benar-benar bersih. Lalu, keringkan wajah Anda menggunakan handuk bersih dengan cara menepuk-nepuknya perlahan.

b. Gunakan Toner dengan Kapas

Tuangkan air mawar ke kapas secukupnya sesuai dengan kebutuhan Anda. Perhatikan bahwa air mawar yang dituangkan ke kapas cukup untuk seluruh wajah Anda, tapi sebisa mungkin jangan sampai terlalu basah.

Lalu, mulai usapkan kapas yang telah dibasahi air mawar pada bagian tengah hingga ke seluruh wajah. Namun, hindari area bibir dan mata. Usapkan kapas tersebut ke arah atas wajah dan beri tekanan yang cukup agar wajah bersih maksimal dan tampak segar. Anda juga bisa menggunakan air mawar termasuk ke area leher untuk membersihkan kulit di area ini.

c. Semprot Toner Air Mawar ke Wajah

Toner air mawar racikan sendiri atau produk perawatan kulit tertentu mungkin ada yang menggunakan desain botol semprotan. Maka, cara menggunakan air mawar juga bisa dilakukan dengan menyemprotkannya langsung ke area wajah secara merata.

Manfaat Toner Air Mawar Alami Racikan Sendiri

Ada beberapa manfaat yang bisa dapatkan bila rutin digunakan. Berikut khasiat toner air mawar yang dapat digunakan bila rutin disemprotkan:

1. Menjadi Pembersih Wajah Alami

Salah satu khasiat air mawar adalah sebagai pembersih wajah. Atau akrab dalam percakapan masyarakat disebut dengan toner. Efeknya bisa membersihkan dan memberikan kesegaran pada wajah secara alami. Cara menggunakannya juga mudah. Anda bisa menuangkan air mawar pada kapas, lalu tepuk-tepuk pada permukaan wajah Anda. Untuk hasil maksimal, lakukan cara ini sebelum tidur secara rutin.

2. Mencegah Tumbuhnya Jerawat

Air mawar mengandung antiseptik alami yang bermanfaat untuk menangani masalah bakteri yang sangat rentan pada kulit berjerawat. Anda dapat menggunakan air mawar di pagi hari setelah membersihkan wajah dan sebelum menggunakan skincare. Bila air mawar ini rutin digunakan selama sekitar tiga minggu, maka manfaatnya akan cukup baik untuk menangani masalah kulit berjerawat.

3. Membuat Kulit Wajah Semakin Bersinar

Manfaat lain dari air mawar adalah membersihkan wajah dan menjadikannya semakin bersinar.Hal tersebut disebabkan oleh kandungan vitamin A dan E yang bekerja sangat baik untuk membantu eksfoliasi di kulit wajah. Selain itu, sifat antioksidan dari air mawar mampu memperkuat sel-sel kulit dan meregenerasi jaringan kulit.

4. Mencegah Penuaan Dini

Salah sau formula dari air mawar yang menjadi andalan adalah rose hip seeds. Sejumlah penelitian menyebut zat ini memiliki kandungan vitamin C yang bermanfaat sebagai antioksidan. Nutrisi yang meresap ke dalam kulit, mampu meminimalisir munculnya garis halus dan kerutan di wajah sehingga mencegah terjadinya penuaan dini.

5. Menyembuhkan Peradangan Kulit

Salah satu sifat air mawar adalah inflamasi. Sifat ini dapat membantu mengurangi kemerahan pada kulit akibat iritasi, jerawat, ataupun masalah kulit lainnya. Selain itu, air bunga mawar ini juga bisa mengontrol minyak berlebih pada kulit dan membersihkan sisa kotoran yang menumpuk di pori-pori yang yang menyebabkan komedo.

6. Memberikan Ketenangan dan Meregangkan Otot

Tidak hanya efek kesegaran yang timbul dari air mawar. Khasiat air mawar juga manjur untuk memberikan ketenangan dan meregangkan otot. Air mawar bisa digunakan sebagai campuran untuk berendam dengan air hangat. Anda bisa menyampurkan dua gelas ekstrak air mawar untuk merileksasi tubuh ketika mandi setelah lelah beraktivitas seharian.

7. Merontokkan Ketombe

Bukan hanya shampo yang bisa menjadi penangkal ketombe, air mawar juga dianggap bisa mengobati radang kulit kepala dan menghilangkan ketombe pada rambut. Masyarakat juga dapat menjadikan air mawar sebagai kondisioner alami yang memberikan nutrisi untuk pertumbuhan rambut Anda.

Efek Negatif Air Mawar

Meski air mawar tidak memiliki kandungan kimia apa pun, namun Anda juga perlu tetap waspada. Karena air mawar bisa menumbulkan efek samping kepada mereka yang memiliki kulit sensitif atau memiliki riwayat alergi terhadap bunga mawar.

Adapun efek samping air mawar yang mungkin muncul adalah sensasi rasa terbakar pada kulit, rasa nyeri seperti ditusuk, kulit kemerahan, hingga iritasi.

Oleh karenanya Anda perlu berhati-hati saat mencoba menggunakan air mawar. Sebelum mencoba secara keseluruhan, Anda bisa meneteskan atau mengoleskan sedikit air mawar agar mengetahui reaksi yang ditimbulkan. Jika Anda mengalami reaksi negatif seperti yang disebutkan di atas, maka segera konsultasikan ke dokter.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait