Cara Membuat Toner Air Mawar dengan Mudah di Rumah

Image title
23 September 2021, 22:27
Larutan Air Mawar
Pixabay
Larutan Air Mawar

Selain menjadi penghias lingkungan karena warnanya yang asri dan bentuknya yang molek, bunga mawar juga memiliki manfaat terhadap kesehatan. Manfaat tersebut dapat diraih melalui hasil penyulingan hingga menghasilkan produk air mawar.

Selain digunakan untuk kesehatan, air mawar sudah lama dikenal sebagai salah satu produk perawatan kulit favorit. Manfaat air dari mawar mulai dari melembapkan kulit, mengatasi iritasi, hingga melawan tanda-tanda penuaan dini.

Advertisement

Air mawar dihasilkan dari kelopak bunga mawar yang disuling menggunakan teknologi uap. Dengan wanginya yang khas, bahan alami yang umum digunakan di Iran dan wilayah Timur Tengah ini biasanya digunakan sebagai bahan dasar pembuatan parfum.

Cara Membuat Toner Air Mawar

Melansir Sehatq.com, ada beberapa cara untuk membuat toner air mawar secara mandiri. Adapun beberapa bahan yang perlu disiapkan, antara lain:

  • Satu sendok makan air mawar.
  • Satu sendok makan witch hazel tanpa alkohol.
  • Satu sendok teh air perasan lemon.
  • Air secukupnya.

Lalu bagaimana cara membuatnya?

Cara membuat air mawar untuk toner wajah atau face mist ini sederhana. Anda hanya tinggal mencampurkan seluruh bahan yang sudah disiapkan ke dalam botol. Bila sudah, semprotkan toner air mawar ke kulit wajah sebagai face mist secara merata ke permukaan wajah.

Menggunakan Air Mawar Racikan Sendiri ke Wajah

Bila Anda sudah berhasil membuat resep sederhana air mawar tadi, kini Anda bisa menggunakan pada wajah sesuai dengan kebutuhan. Saat menggunakan toner tersebut dapat dilakukan secara perlahan dan tipis-tipis ke permukaan wajah yang sedang mengalami iritasi.

Tips Menggunakan Air Mawar Seperti Toner

a. Bersihkan Wajah Sebelum Menggunakan Toner

Tata cara menggunakan air mawar yang tepat adalah dengan membersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan sabun cuci muka sesuai jenis kulit. Bila Anda menggunakan make up, sebaiknya bersihkan dulu sisa-sisa make up di wajah menggunakan make up remover.
Setelah itu, baru dilanjutkan dengan mencuci muka untuk mengangkat kotoran, minyak, dan make up menggunakan sabun pembersih wajah.

Setelah semua selesai, kemudian pastikan wajah Anda sudah benar-benar bersih. Lalu, keringkan wajah Anda menggunakan handuk bersih dengan cara menepuk-nepuknya perlahan.

b. Gunakan Toner dengan Kapas

Tuangkan air mawar ke kapas secukupnya sesuai dengan kebutuhan Anda. Perhatikan bahwa air mawar yang dituangkan ke kapas cukup untuk seluruh wajah Anda, tapi sebisa mungkin jangan sampai terlalu basah.

Lalu, mulai usapkan kapas yang telah dibasahi air mawar pada bagian tengah hingga ke seluruh wajah. Namun, hindari area bibir dan mata. Usapkan kapas tersebut ke arah atas wajah dan beri tekanan yang cukup agar wajah bersih maksimal dan tampak segar. Anda juga bisa menggunakan air mawar termasuk ke area leher untuk membersihkan kulit di area ini.

c. Semprot Toner Air Mawar ke Wajah

Toner air mawar racikan sendiri atau produk perawatan kulit tertentu mungkin ada yang menggunakan desain botol semprotan. Maka, cara menggunakan air mawar juga bisa dilakukan dengan menyemprotkannya langsung ke area wajah secara merata.

Manfaat Toner Air Mawar Alami Racikan Sendiri

Ada beberapa manfaat yang bisa dapatkan bila rutin digunakan. Berikut khasiat toner air mawar yang dapat digunakan bila rutin disemprotkan:

1. Menjadi Pembersih Wajah Alami

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement