Harga Minyak Menguat Mendekati Level Tertinggi dalam 3 Tahun

Safrezi Fitra
2 Oktober 2021, 11:00
minyak, harga minyak, opec
KATADATA
Tambang minyak lepas pantai

Harga minyak dunia menguat di atas US$ 78 per barel pada akhir perdagangan Jumat (Sabtu pagi WIB). Harga ini sedikit di bawah level tertinggi dalam tiga tahun terakhir, yang dicapai pada awal pekan ini. Kenaikan harga minyak terjadi menjelang pertemuan kelompok negara produsen minyak OPEC+.

Minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Desember naik 97 sen atau 1,2%, menjadi US$ 79,28 per barel dalam kenaikan mingguan keempat. Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS untuk pengiriman November naik 85 sen menjadi ditutup di US$ 75,88 per barel dalam kenaikan minggu keenam.

Untuk pekan ini, kontrak acuan minyak mentah AS naik 2,6% dan minyak mentah Brent 2,7%, berdasarkan kontrak bulan depan. Brent telah meningkat lebih dari 50% tahun ini dan mencapai tertinggi tiga tahun di US$ 80,75 pada Selasa (28/9).

Kenaikan terjadi di tengah ekspektasi para menteri OPEC akan mempertahankan kecepatan produksi minyak yang stabil dalam meningkatkan pasokan mereka. Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan sekutunya, yang dikenal sebagai OPEC+, akan bertemu pada Senin (4/10).

Kelompok ini perlahan-lahan memangkas rekor pengurangan produksi yang dibuat tahun lalu. Meskipun ada sumber yang mengatakan OPEC+ sedang mempertimbangkan berbuat lebih banyak untuk meningkatkan produksi.

OPEC+ menghadapi tekanan dari konsumen seperti Amerika Serikat dan India untuk memproduksi lebih banyak. Ini dilakukan demi membantu menurunkan harga karena permintaan telah pulih lebih cepat dari yang diperkirakan di beberapa bagian dunia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...