PLN Catat Konsumsi Listrik Oktober Rekor Tertinggi dalam Lima Tahun

Safrezi Fitra
28 November 2021, 12:51
konsumsi listrik, listrik, pln, pemulihan ekonomi
Arief Kamaludin|KATADATA

Konsumsi listrik nasional pada Oktober 2021 mencetak rekor. PT PLN (Persero) mencatat angka konsumsi listrik di Indonesia telah mencapai 210 terawatt jam (TWh). Tingginya konsumsi listrik ini seiring aktivitas ekonomi yang mulai pulih.

Executive Vice President Perencanaan Sistem Ketenagalistrikan PLN Edwin Nugraha Putra mengklaim angka konsumsi listrik periode kali ini memecahkan rekor tertinggi dalam kurun waktu lima tahun terakhir.

"Meskipun sebelumnya ada tekanan Covid-19, tapi bouncing cukup cepat. Hingga November ini, kenaikan energi konsumsi yang tinggi melebihi catatan kami dibandingkan beberapa tahun lalu," ujarnya dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (28/11).

Saat ini, total kapasitas pembangkit listrik terpasang sebesar 63,3 gigawatt. Kapasitas ini dinilai cukup untuk memenuhi kebutuhan energi nasional.

Sesuai Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) 2021-2030, PLN akan menambah pembangkit baru dengan kapasitas mencapai 40,6 gigawatt. Dalam peta jalan itu, pembangkit berbasis energi hijau akan mendominasi sistem ketenagalistrikan Indonesia.

"Sekitar 51,6% dari total pembangkit tersebut atau sekitar 20,9 gigawatt akan berasal dari pembangkit energi baru terbarukan," ujar Edwin.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...