Produksi Mobil 2022 Diprediksi Turun, Masih Terkendala Krisis Cip

Safrezi Fitra
19 Desember 2021, 10:25
Sejumlah mobil modifikasi dipamerkan pada acara Automodified X IIMS Motorbike Show di Senayan Park, Jakarta Pusat, Minggu (28/11/2021). Pameran kolaborasi industri roda dua dengan mobil modifikasi bertema "Another Exciting Automotive Experience" ini
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Sejumlah mobil modifikasi dipamerkan pada acara Automodified X IIMS Motorbike Show di Senayan Park, Jakarta Pusat, Minggu (28/11/2021). Pameran kolaborasi industri roda dua dengan mobil modifikasi bertema "Another Exciting Automotive Experience" ini merupakan upaya membangkitkan tren pasar otomotif di masa pandemi.

Produksi mobil dunia pada tahun depan diprediksi menurun. Penurunan bakal terjadi karena permasalahan krisis cip semikonduktor (chip) yang belum berakhir.

Salah satunya pabrikan otomotif Jerman Volkswagen (VW) yang mengatakan akan memproduksi lebih sedikit mobil pada 2022 dibandingkan tahun ini, karena masalah pasokan cip yang sedang berlangsung.

Advertisement

Dalam laporan Manager Magazin Jerman mengatakan produsen mobil VW mengurangi perkiraannya untuk pengiriman kendaraan 2021 pekan lalu dari 9,3 juta unit menjadi 9 juta unit.

"Mereka sedang mempersiapkan kemungkinan bahwa kekurangan cip saat ini dapat berlangsung setidaknya hingga awal 2023," dalam laporan tersebut, seperti dikutip dari Reuters, Minggu (19/12).

Dalam skenario terburuk, pengiriman bisa turun menjadi 8 juta mobil tahun depan. Bahkan, meski semuanya berjalan relatif baik, pengiriman bisa sedikit di bawah tahun ini, kata laporan itu.

Volkswagen menolak mengomentari laporan tersebut dan memperkirakan akan ada sedikit pelonggaran situasi pasokan cip pada 2022. Meski VW juga memprediksi pada paruh pertama tahun ini pasokannya akan tetap sangat tidak stabil.

Pembuat mobil lain termasuk BMW dan Daimler mengatakan mereka memperkirakan masalah cip akan berlanjut hingga 2022. Menurut BMW, krisis akan mulai mereda pada paruh kedua tahun depan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement