Kemenkes: Covid-19 Varian Delta Masih Mendominasi di Beberapa Daerah

Safrezi Fitra
22 Januari 2022, 15:06
omicron, covid-19, delta
Pixabay
Ilustrasi varian Covid-19

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkapkan virus varian delta masih masih banyak ditemuakan dalam kasus Covid-19 di sejumlah daerah di Indonesia. Ini terjadi di tengah heboh varian omicron yang menyebar sangat cepat di seluruh dunia.

"Kami lihat sebenarnya varian Delta masih cukup mendominasi di beberapa daerah di Indonesia," kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi dalam diskusi virtual PDPI, di Jakarta, Sabtu (22/1).

Nadia tidak menyebutkan berapa besar persentase kasus Covid-19 dari varian Delta. Namun, masyarakat juga perlu waspada terhadap Omicron yang tingkat penyebarannya sangat cepat dan sudah masuk ke Indonesia. Dia mengingatkan perlunya kesiapsiagaan fasilitas pelayanan kesehatan.

"Kembali kami mengingatkan bersama bahwa selain varian Omicron yang tentunya menjadi isu untuk kita yang saat ini, kita mulai waspada terhadap terjadinya peningkatan secara transmisi lokal," ujarnya.
Nadia menjelaskan salah satu dugaan mengapa kasus Omicron menular sangat cepat tapi cenderung tidak bergejala atau bergejala ringan dikarenakan proteksi dari vaksinasi.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Ditjen P2P Kemenkes dalam kesempatan itu juga mengatakan vaksinasi masih memberikan perlindungan substansial dari Covid-19, termasuk varian Omicron.

"Walaupun terjadi penurunan efikasi dari vaksin yang ada saat ini tapi kemudian kita melihat bahwa sistem sel T juga masih memberikan perlindungan," jelasnya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...