Apple dan Perusahaan Teknologi Asing Masuk Digital Hub Sinar Mas

"Kami berharap agar jumlah tenant di kawasan Digital Hub terus bertambah seiring dengan telah hadirnya sejumlah perusahaan berbasis IT dan teknologi digital di kawasan BSD City"
Miftah Ardhian
18 Mei 2017, 15:08
iphone apple
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Sinar Mas Land baru saja melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan kawasan Digital Hub di Bumi Serpong Damai (BSD) City, Tangerang. Walau baru akan memulai proses pembangunan, beberapa perusahaan teknologi informasi (IT) dan digital seperti Apple sampai institusi pendidikan telah menyatakan akan bergabung di kawasan tersebut.

CEO Group Sinar Mas Land Michael Widjaja mengatakan, pihaknya berkomitmen menggarap proyek ini dengan sangat serius. Kawasan ini akan menjadi tempat berkumpul para pelaku usaha di dunia industri IT dan teknologi digital dengan menyediakan fasilitas-fasilitas pendukung.

(Baca: Sedia Rp 7 Triliun, Sinar Mas Mulai Bangun 'Silicon Valley' di BSD)

Beberapa perusahaan tersebut telah menyatakan komitmennya untuk masuk kawasan Digital Hub. "Kami berharap agar jumlah tenant di kawasan Digital Hub terus bertambah seiring dengan telah hadirnya sejumlah perusahaan berbasis IT dan teknologi digital di kawasan BSD City ini," ujar Michael saat acara Groundbreaking Kawasan Digital Hub, BSD City, Tangerang, Kamis (18/5).

Salah satu pencapaian Sinar Mas Land dalam membangun kawasan Digital Hub ini adalah menarik perusahaan teknologi raksasa asal Amerika Serikat, Apple. Perusahaan ini akan membangun pusat inovasi aplikasi teknologinya (Research and Development Center).

Ada juga perusahaan penyedia layanan internet asal Singapura, MyRepublic serta perusahaan IT dan perangkat lunak PT Walden Global Service (WGS Hub). Kemudian Huawei, Sale Stock, Orami, dan Ev Hive yang telah bergabung di Kawasan Digital Hub ini.

Tidak hanya perusahaan-perusahaan IT dan teknologi digital, beberapa instritusi pendidikan pun akan  menunjang kawasan Digital Hub ini. Sinar Mas Land berharap kehadiran institusi pendidikan dapat berkontribusi bagi perkembangan ekosistem Digital Hub.

Saat ini, Sinar Mas Land telah bekerja sama dengan GeeksFarm, sebuah lembaga pendidikan IT ya g menawarkan pelatihan dalam bidang programming bagi anak-anak, remaja, hingga dewasa. GeeksFarm juga menyediakan pelatihan gratis untuk anak 18 tahun ke atas yang tidak mampu melanjutkan kuliah untuk menjadi programmer. Setelah lulus akan ditempatkan di perusahaan-perusahaan mitranya. 

Sinar Mas Land juga telah bekerja sama dengan Purwadhika Start up & Coding School. Institusi pendidikan ini menawarkan beragam program pendidikan dan pengetahuan tentang dunia teknologi dan informasi. Para pelajar juga berkesempatan untuk berpartisipasi dalam pembangunan Digital Hub. 

Purwadhika Start up & Coding School juga akan didukung oleh Plug and Play (PNP) Indonesia, yang merupakan accelerator dari Sillicon Valley. Dukungan yang diberikan berupa bantuan untuk mewujudkan pembentukan ekosistem digital di kawasan ini. Kedepannya, Purwadhika Start up & Coding School ini akan memiliki fasilitas PNP Indonesia guna membantu siswa memanfaatkan jaringa PNP Indonesia. PNP juga akan membantu dalam penyusunan kurikulum.

"Nantinya, para pelajar yang ada di GeeksFarm dan Puwadhika Start up & Coding School akan turut berpartisipasi dalam pembangunan Digital Hub yang didedikasikan untuk menjadi rumah bagi komunitas-komunitas digital mulai dari start up, technology leader, dan institusi-institusi pendidikan berbasis IT dan Science lainnya," ujar Michael.

Sebagai informasi, kawasan Digital Hub ini berada di sekitar kawasan perguruan tinggi agar bisa mendukung pengembangan pendidikan. Perguruan tinggi ini diantaranya, University Liaisons Indonesia, Universitas Prasetya Mulya, dan Unika Atma Jaya. Selain itu, ada Binus University, Universitas Multimedia Nusantara (UMN), dan Universitas Pelita Harapan juga telah berdiri di sekitar kawasan BSD City.

Video Pilihan

Artikel Terkait