3 Strategi Kominfo Targetkan 30 Juta UMKM Go Digital di 2023

Fahmi Ahmad Burhan
25 Mei 2021, 15:59
umkm, digital, umkm go digital, akses internet, platform digital, platform inline, usaha kecil, ukm, kementerian kominfo, kominfo
ANTARA FOTO/Novrian Arbi/rwa.
Warga berbelanja melalui situs web lokapasar (market place) Borongdong.id di Bandung, Jawa Barat, Rabu (10/2/2021). Pemerintah Provinsi Jawa Barat meluncurkan market place khusus untuk penjualan dan pembelian sebagai inovasi digitalisasi serta upaya menyelamatkan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), dan ekonomi kreatif di Jawa Barat yang terdampak Pandemi COVID-19.

Pemerintah menargetkan 30 juta Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) go digital pada 2023. Untuk mengejar target tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyiapkan tiga strategi.

Pertama, meningkatkan infrastruktur jaringan internet. "Kami punya program pembangunan Base Transceiver Station (BTS) di 12 ribu desa lebih. Ini agar semua desa bisa terjangkau akses internet 4G," kata Dirjen Aptika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pengerapan dalam dalam webinar Katadata bertajuk #BanggaBuatanIndonesia
Tuan Rumah di Negeri Sendiri pada Selasa (25/5).

Advertisement

Adanya akses internet membuat masyarakat di perdesaan bisa berpartisipasi mengembangkan usahanya melalui platform digital. Produk-produk masyarakat desa disa dipasarkan lebih luas di platform digital. 

Tahun lalu, Kominfo mencatat, ada 12.548 desa yang belum terakses internet 4G. Rinciannya, 9.113 desa yang masuk dalam kategori terdepan, terpencil dan tertinggal (3T). Sedangkan 3.435 lainnya di luar wilayah itu.

Demi mengentaskan jumlah desa yang belum terakses internet tersebut, Kominfo membangun 1.200 BTS pada tahun lalu. Tahun ini, kementerian menargetkan bisa membangun 4.200 BTS.

Kementerian juga sudah menyiapkan anggaran untuk pembangunan BTS di daerah 3T tahun ini. Badan Aksesbilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kominfo pun telah menandatangani kontrak proyek penyediaan BTS di 2.700 desa pada awal tahun ini. Proyek itu mencakup wilayah Sumatra, Kalimantan, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Maluku, dan Sulawesi.

Strategi kedua, dengan memaksimalkan program literasi digital. "Persuasi dilakukan dalam literasi digital sejak internet masuk ke Indonesia. Keamanan dalam menggunakan teknologi digital juga penting," kata Semuel.

Melalui program literasi digital, Kementerian Kominfo menargetkan sedikitnya 12,5 juta orang melek digital tahun ini. Kemudian, pada 2040 targetnya ada 50 juta orang memiliki tingkat literasi digital yang baik.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement