Geser Pejabat ESDM, Jonan Berharap Energi Terbarukan Berkembang

Dua orang pejabat eselon I dirotasi dan satu orang mendapatkan promosi jabatan.
Image title
20 Februari 2019, 13:52
Kementerian ESDM
Arief Kamaludin (Katadata)
Gedung Kementerian ESDM

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan merombak susunan pejabat Pimpinan Tinggi Madya (Eselon I). Dua orang pejabat dirotasi dan satu orang mendapatkan promosi jabatan. Sementara satu pejabat lainnya sudah memasuki masa purna bakti alias pensiun.

Adapun, pejabat yang memasuki purna bakti adalah Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Andy Noorsaman Sommeng. Posisinya digantikan oleh Rida Mulyana, yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE). Sedangkan posisi Rida digantikan oleh F.X Sutijastoto yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Energi dan Sumber Daya Mineral (Balitbang ESDM). 

Selain itu, perombakan juga dilakukan pada Sekertariat Jenderal Kementerian ESDM, yaitu Dadan Kusdiana yang sebelumnya menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Ekonomi Sumber Daya Alam. Dadan digeser menjabat sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan ESDM.

(Baca: PLN Tambah Pembangkit Energi Terbarukan 736 MW)

Advertisement

 

Jonan mengatakan pergeseran Dirjen EBTKE menjadi Dirjen Ketenagalistikan ini diharapkan bisa mengedepankan pembangunan pembangkit listrik dari energi terbarukan. "Saya harap listrik akan lebih banyak menggunakan energi baru terbarukan," kata Jonan saat melantik susunan pejabat baru tersebut di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (20/2).

Selain itu, dia juga berharap untuk Direktur Jenderal EBTKE yang baru bisa melanjutkan program Biodiesel 20% (B20) bahkan bisa membuat Biodiesel 100% (B100). Sedangkan, untuk Balitbang Kementerian ESDM bisa terus berkembang. "Bauran energi termasuk listrik dan transportasi akan terus dilakukan. Tolong diteruskan programnya B20, dan B100," kata dia.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait