Darmin: Kemampuan Perry Warjiyo di Bidang Moneter Tak Perlu Diragukan

"Saya tidak ada lagi keraguan soal itu," kata Darmin
Ameidyo Daud Nasution
28 Februari 2018, 16:25
Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution
Arief Kamaluddin | Katadata

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution angkat bicara soal Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo yang dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadi calon Gubernur Bank Indonesia (BI) menggantikan Agus Martowardojo. Dia menilai Perry merupakan orang yang tepat dan memenuhi semua syarat untuk memimpin BI.

Darmin mengatakan dirinya pernah bekerja sama dengan Perry selama beberapa tahun di BI. Darmin sendiri pernah menjabat sebagai Gubernur bank sentral dari tahun 2010 sampai dengan tahun 2013. Menurutnya kemampuan Perry di bidang moneter tidak diragukan lagi.

"Saya tidak ada lagi keraguan soal itu," kata Darmin di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (28/2). (Baca: Jokowi Calonkan Perry Jadi Gubernur BI karena Paling Senior)

Darmin menjelaskan, Perry juga memiliki perhatian terhadap sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Bahkan mereka berdua telah berbicara soal mengembangkan keuangan inklusif serta perusahaan perintis (e-commerce). Selama ini Bank Indonesia juga telah melakukan pengembangan keuangan tersebut.

Advertisement

Dia juga berharap di bawah kepemimpinan Perry, nantinya kerja sama antara BI, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan pemerintah akan semakin baik. Sehingga persoalan moneter dan perbankan di Indonesia bisa terselesaikan dengan lebih mudah.

Darmin membantah usulan nama Perry kepada Presiden hanya berasal dari dirinya. "Tidak begitu, kamu yang berbicara seperti itu," kata Darmin kepada awak media. (Baca: Jadi Calon Tunggal Gubernur BI, Perry Warjiyo Pengalaman Hadapi Krisis)

Presiden Joko Widodo kemarin mengkonfirmasi soal pencalonan Perry Warjiyo sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI). Jokowi mengaku mempertimbangkan berbagai faktor sampai akhirnya menjatuhkan pilihan kepada Perry. Faktor yang dimaksud dari mulai pengalaman, rekam jejak, prestasi, hingga penguasaan.

“Saya kira beliau adalah Deputi yang paling senior. Sudah mengerti lah perjalanan mengenai moneter, inflasi, kebijakan-kebijakan di Bank Indonesia, bank sentral kita. Saya kira penguasaan Pak Perry Warjiyo tidak perlu diragukan,” kata dia. (Baca: Ini Profil Perry Warjiyo, Calon Tunggal Gubernur BI Pilihan Jokowi)

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait