Kembangkan Layanan Digital, BNI Anggarkan Rp 1 Triliun

Pengembangan layanan digital ini untuk memberi kemudahan bagi nasabah dan menghadapi persaingan di era digital.
Miftah Ardhian
5 Juli 2017, 17:14
BNI KATADATA|Arief Kamaludin
BNI KATADATA|Arief Kamaludin
BNI KATADATA|Arief Kamaludin

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. tengah fokus mengembangkan layanan digital untuk memberi kemudahan bagi nasabah dan menghadapi persaingan di era digital. Bank pelat merah ini menganggarkan Rp 1 triliun dari belanja modalnya (capital expenditure/capex) untuk pengembangan digital banking.

Direktur Utama BNI Ahmad Baiquni mengatakan, dalam menyambut HUT BNI ke-71, perbankan milik negara ini berkomitmen untuk mengembangkan usaha secara maksimal melalui digital banking. Untuk itu, BNI telah menyiapkan dana sekitar 25-33 persen dari total capex tahun ini sebesar Rp 3-4 triliun.

"Jadi ya bagaimana kami mengembangkan usaha secara maksimal melalui digital banking," ujar Baiquni saat ditemui di Kantor Pusat BNI, Jakarta, Rabu (4/7). (Baca: Kantor Cabang Sepi, Bank Kucurkan Dana buat Layanan Digital)

Pengembangan digital banking ini salah satunya akan dilakukan dengan konsep DigiNation. BNI akan mentransformasi perilaku layanan BNI kepada nasabah menuju model transaksi digitalisasi perbankan. Berbagai produk digital pun telah dikembangkan oleh BNI antara lain BNI UnikQu, BNI Digital Loan, dashboard bansos, Agen46 BNI, dan produk digital lainnya.

BNI juga aktif merangkul perusahaan financial technology (fintech) untuk memberikan kemudahan pada nasabahnya. Saat ini BNI masih melakukan evaluasi untuk menentukan perusahaan pemula (start up) fintech mana saja yang akan digandeng.

(Baca: 80 Persen Modal Ventura Diramal Masuk Layanan Teknologi Keuangan)

Selain itu, BNI juga menerapkan beberapa program berbasis digital. Program tersebut yaitu BNI DigiMudik, BNI DigiCare, BNI DigiDeal, BNI DigiFest, BNI DigiSport, dan BNI DigiLove. Hingga saat ini 2 aktivitas telah dilaksanakan yaitu BNI DigiMudik dan BNI DigiCare. BNI DigiMudik telah dilaksanakan pada tanggal 21, 22, dan 23 Juni 2017, masing-masing menggunakan pesawat terbang, kereta api, dan bus.

Tercatat, Sekitar 300 pemudik menggunakan pesawat terbang dari Lapangan Udara Halim Perdana Kusuma dan pada 22 Juni 2017 telah diberangkatkan sekitar 700 orang pemudik menggunakan kereta api dari Stasiun Pasar Senen, Jakarta. Adapun lebih dari 4.000 pemudik diberangkatkan menggunakan bus yang berangkat dari TMII, Jakarta pada 23 Juni 2017.

Untuk semakin memeriahkan perayaan ulang tahunnya ke-71, Bank BNI menyiapkan Promo Dining Kartu Kredit dan Debit BNI. Promo dini antara lain Bakmi GM free 5 pcs pangsit goreng untuk minimal transaksi Rp 71.000 sebelum pajak; Baskin & Robbins harga spesial untuk Pint Ice Cream seharga Rp 71.000, dari harga normal Rp 235.000; Coffee Bean Diskon Rp 71.000, dengan minimum pembelanjaan Rp 150.000; Wendy's spesial harga untuk Feast Chicken hanya Rp 71.000,- harga normal Rp 120.000,- dan McDonalds diskon Rp 71.000 untuk transaksi minimal Rp 125.000,-

BNI juga memberikan promo menarik Kartu Kredit BNI di bidang e-commerce, diantaranya potongan harga hingga Rp 710.000 untuk transaksi di tiket.com, cash back 71 persen untuk transaksi di Zalora dan Lazada, serta cash back Rp 460.000 untuk top 71 spender dan lainnya. Selain itu, ada pula diskon menarik di Lottemart, Alfamidi dan Super Indo bertransaksi menggunakan Kartu Debit dan Kredit BNI.

Video Pilihan

Artikel Terkait