Lima Wajah Baru di Kabinet Jokowi

Lima wajah tersebut adalah Luhut Binsar Panjaitan Thomas Tom Trikasih Lembong Pramono Anung Rizal Ramli Darmin Nasution
Safrezi Fitra
12 Agustus 2015, 10:45
Katadata
KATADATA
Luhut Panjaitan, Darmin Nasution, Thomas (Tom) Trikasih Lembong, Pramono Anung, Rizal Ramli.

KATADATA ? Rabu siang ini, Presiden Joko Widodo akan mengumumkan lima wajah baru Kabinet Kerja. Lima wajah tersebut adalah Luhut Panjaitan, Thomas (Tom) Trikasih Lembong, Pramono Anung, Rizal Ramli, Darmin Nasution.

Luhut Panjaitan yang sebelumnya menjabat Kepala Staff Kantor Kepresidenan, akan menempati posisi Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan. Sedangkan CEO & Managing Partner Quvat Capital, Tom Lembong, yang selama ini kerap memberi masukan-masukan soal ekonomi kepada Presiden Jokowi, akan menggantikan Rahmat Gobel sebagai Menteri Perdagangan.

Wajah baru lainnya adalah mantan Wakil Ketua DPR Pramono Anung akan didapuk menjadi Sekretaris Kabinet menggantikan Andi Widjajanto. Rizal Ramli, yang pernah menjadi Menko Perekonomian di masa pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid dan Komisaris Utama Bank Negara Indonesia (BNI) saat ini, juga masuk ke susunan kabinet sebagai Menko Maritim. Yang paling menarik adalah Darmin Nasution, mantan Gubernur Bank Indonesia (BI), akan diangkat menjadi Menko Perekonomian menggantikan Sofyan Djalil. Sebagai nahkoda baru tim ekonomi Jokowi, Darmin menghadapi setumpuk pekerjaan rumah yang sangat berat: tren perlambatan pertumbuhan ekonomi dan pelemahan kurs rupiah hingga sudah menembus level Rp 13.700 per dolar Amerika Serikat (AS) hari ini.

(Baca: Presiden Akan Umumkan Kuartet Baru Tim Ekonomi Siang Ini)

Sumber Katadata di lingkungan Istana Presiden menyebutkan rencananya kelima wajah baru yang akan masuk dalam susunan kabinet tersebut, akan diumumkan siang ini oleh Presiden Jokowi. Dalam reshuffle kabinet ini, presiden lebih banyak merombak susunan menteri bidang ekonomi. ?Pergantian ini juga berdasarkan pertimbangan kompromi antara Presiden dan Wakil Presiden,? kata sumber lainnya.

Reporter: Redaksi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait