Antusiasme Tinggi, Jiwasraya Percepat Tahapan Restrukturisasi Polis

Image title
23 Desember 2020, 20:35
polis jiwasraya, asuransi jiwasraya, nasabah jiwasraya, ifg, bumn asuransi, bumn, js saving plan, pembayaran klaim jiwasraya, kasus jiwasraya, restrukturisasi jiwasraya
jiwasraya.co.id
Asuransi Jiwasraya.

Manajemen PT Asuransi Jiwasraya (Persero) mempercepat pelaksanaan program restrukturisasi polis nasabahnya. Hal ini dilakukan menyusul tingginya antusiasme pemegang polis yang berminat mengikuti program restrukturisasi tersebut.

Direktur Teknik Jiwasraya Angger P Yuwono mengatakan tingginya antusiasme pemegang polis tergambar dari banyaknya respons yang diterima tim satuan tugas restrukturisasi. Respons disampaikan melalui kanal komunikasi yang disiapkan, usai diumumkannya tahap ke-1 pada Jumat 11 Desember 2020.

"Seharusnya tahap ke-2 baru akan dilakukan pada Januari 2021 mendatang. Tapi, setelah memperoleh antusiasme yang tinggi dan besar, akhirnya tahap ke-2 akan Kami mulai sejak hari ini," kata Angger dalam konferensi pers, Rabu (23/12).

Pada tahap ke-2 ini manajemen Jiwasraya akan melakukan sosialisasi terkait skema indikatif melalui surat resmi yang dikirim ke seluruh pemegang polis. Manajemen Jiwasraya akan menjelaskan produk-produk yang ditawarkan untuk menggantikan produk-produk lama polis Jiwasraya.

"Untuk sosialisasi resmi tahap ke-2 ini, secara bertahap Kami akan mengirim surat ke seluruh alamat korespondensi para pemegang polis," kata Angger.

Dia berharap dengan adanya penjelasan dalam surat tersebut, para pemegang polis dapat mengetahui secara rinci mengenai skema indikatif restrukturisasi polis Jiwasraya.

Asuransi Jiwasraya
Asuransi Jiwasraya (jiwasraya.co.id)

Meski begitu, Forum Korban BUMN Asuransi Jiwasraya merasa keberatan dengan skema restrukturisasi yang akan ditawarkan oleh manajemen Jiwasraya. Nasabah merasa hanya disodori hasil akhir yang tidak ada satu pun opsi yang adil.

"Narasi komunikasi Jiwasraya dengan nasabah, tidak persuasif, bahkan intimidatif," seperti dikutip dari rilis Forum Korban BUMN Asuransi Jiwasraya yang diterima Katadata.co.id, Senin (14/12). Forum ini merupakan kumpulan nasabah pemegang polis produk JS Saving Plan.

Menurutnya mereka, kasus gagal bayar Jiwasraya adalah kesalahan tata kelola perusahaan dan lemahnya pengawasan pemerintah. Namun, forum ini mempertanyakan, mengapa nasabah yang harus menerima potongan nilai tunai (haircut).

Disampaikan pula, semua opsi restrukturisasi yang ditawarkan sangat memberatkan nasabah. Forum ini berharap solusi penyelamatan yang sama-sama menguntungkan, salah satunya dengan melibatkan bank penjual melalui pinjaman tanpa bunga dengan jaminan polis Jiwasraya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...