Relaksasi Pajak Mobil 0%, Astra dan Indomobil Pertahankan Pangsa Pasar

Image title
2 Maret 2021, 13:05
astra, indomobil, penjualan mobil, pajk mobil, ppnbm, saham, bursa, toyota, daihatsu, suzuki, nisan
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww.
Petugas berdiri di dekat deretan mobil baru yang terparkir di PT Indonesia Terminal Kendaraan atau IPC Car Terminal, Cilincing, Jakarta, Kamis (11/2/2021). Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menargetkan penjualan mobil pada tahun 2021 sebanyak 750.000 unit.

Di tengah lesunya industri otomotif Tanah Air akibat pandemi Covid-19, pemerintah memberi insentif potongan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil 0%. Dua perusahaan otomotif terbesar Indonesia menyatakan bakal saling mempertahankan pangsa pasar penjualan kendaraan roda empat.

Head of Corporate Communications Astra International Boy Kelana Soebroto mengatakan Astra bakal menyesuaikan dengan estimasi target penjualan kendaraan roda empat dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Asosiasi produsen mobil ini menargetkan penjualan 750 ribu unit tahun ini.

Target penjualan mobil tersebut sebenarnya masih lebih rendah dari realisasi penjualan pada tahun sebelum adanya pandemi Covid-19. Namun, target itu lebih besar sekitar 41% dari realisasi penjualan pada 2020 sebanyak 532 ribu unit, turun 48% dari setahun sebelumnya.

Dari target Gaikindo tersebut, Astra bakal mempertahankan pangsa pasar minimal setengahnya. "Paling tidak, kami dapat mempertahankan pangsa pasar minimal 50% untuk kendaraan roda empat," kata Boy kepada Katadata.co.id, Senin (1/3).

Sepanjang 2020, penjualan mobil Astra menurun 50% secara tahunan, menjadi 270 ribu unit. Artinya, tahun lalu pangsa pasar Astra mencapai lebih dari 50% dari total penjualan mobil. Penjualan mobil Astra tahun lalu masih ditopang merek Toyota sebanyak 162 ribu unit. Merek mobil di bawah Astra lainnya, seperti Daihatsu, Isuzu, dan Peugeot.

PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (IMAS) juga mengaku mempertahankan pangsa pasar penjualan mobil tahun ini secara optimal. "Pasti kami optimalkan pangsa pasar," kata Direktur Indomobil Evensius Go kepada Katadata.co.id, Senin (1/3).

Evensius mengatakan optimalisasi pangsa pasar Indomobil akan dilakukan dengan meluncurkan beberapa model baru di pasar pada 2021. Beberapa merek yang ada di bawah Indomobil, yaitu Nissan, Suzuki, KIA, Audi, dan Volkswagen (VW).

Penjualan mobil khusus merek Suzuki dan Nissan sepanjang 2020 totalnya mencapai 77 ribu unit. Dari dua merek mobil tersebut, pangsa pasar kendaraan roda empat Indomobil mencapai 15% dari total penjualan mobil 2020 yang sebanyak 532 ribu unit.

Di tengah upaya mempertahankan pangsa pasar, dimana pandemi Covid-19 masih membayangi, masing-masing perusahaan menyambut baik insentif potongan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil 0% yang mulai berlaku awal bulan ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...