Jejaring Kadin di Pemerintahan, dari Jabatan Publik hingga Kebijakan

Kedekatan emosional pengusaha Kadin Indonesia dengan pemerintah semakin tinggi dengan banyaknya pengurus Kadin yang menjadi menteri.
Safrezi Fitra
31 Mei 2021, 10:00
kadin, munas kadin, kedekatan pemerintah dan pengusaha, pengusaha dan penguasa, oligarki kekuasaan, omnibuslaw, kebijakan pro pengusaha, menteri pengusaha, menteri kadin, sandiaga uno, luhut panjaitan, rosan roeslani, m lutfi, anindya bakrie
Jakub Jirsák/123rf

Kedekatan Emosional Kadin dan Menteri Jokowi

Kedekatan emosional Kadin dengan pemerintah bisa tergambar dari beberapa pengurus Kadin yang menjadi menteri dan pejabat pemerintah.  Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Menteri Perdagangan M Lutfi, dan Ketua Kadin Rosan Roeslani sudah bersahabat sejak lama dan bersama-sama membangun bisnis.

Sandiaga Uno dan Erick Thohir sudah saling mengenal sejak kecil karena sama-sama menyukai basket dan masuk di tim yang sama. Sedangkan Rosan Roeslani, adalah teman sebangku Sandi saat SMA di Pangudi Luhur. Sementara Lutfi dan Erick menempuh pendidikan Ekonomi di Purdue University, Amerika Serikat.

Erick pernah mengatakan Rosan dan Sandi membantunya saat mengakuisisi sebuah media di tahun 1999-2000. Saat itu Erick bersama Luthfi mendirikan Grup Mahaka. Cerita lain, Erick pernah juga meminjam uang secara pribadi kepada Rosan saat bisnisnya mengalami kesulitan pada 2004 hingga 2006.

Pada 2013, Erick bersama Rosan dan Handy Soetedjo membeli klub bola Italia. Mereka mengambil alih 70% saham Inter Milan melalui International Sport Capital. Erick juga dekat dengan Wakil Ketua Umum Kadin yang kini telah mendaftar pencalonan sebagai Ketua Kadin Anindya Bakrie. Pada 2008, Erick dan Anindya mendirikan TvOne dan situs berita Vivanews. 

Sementara Menteri Lutfi memiliki kedekatan masa lalu dengan calon Ketua Umum Kadin Arsjad Rasjid. Keduanya adalah kolega ketika sama-sama berkuliah di Los Angeles, Amerika Serikat.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait