Pertamina RU III Kembali Raih Penghargaan PROPER Hijau

Padjar Iswara
Oleh Padjar Iswara - Tim Publikasi Katadata
16 Desember 2020, 11:17
Pertamina
Katadata

Palembang, (15 Desember 2020) – Pertamina Refinery Unit III Plaju meraih kembali penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan (PROPER) dengan peringkat Hijau tahun 2020 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia.

Penghargaan PROPER Hijau ini merupakan penghargaan ke-8 kali diterima oleh Pertamina Refinery Unit III Plaju sejak tahun 2013. Pencapaian ini kian memperkuat komitmen Pertamina Refinery Unit III untuk memastikan keberlanjutan bisnis perusahaan dalam jangka panjang yang sejalan dengan penerapan Sustainable Development Goals (SDGs). Hal ini juga menunjukkan bahwa Pertamina Refinery Unit III Plaju terus berkontribusi dalam memberdayakan masyarakat dan menjaga kinerja ketaatan pengelolaan lingkungan di atas rata-rata.

Advertisement

Penghargaan PROPER tersebut diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya Bakar kepada Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati pada acara Anugerah Lingkungan Proper yang berlangsung di Auditorium Manggala Wanabakti, Jakarta, pada Senin (14/12).

Kampung Kreasi Pertamina
Kampung Kreasi Pertamina (Katadata)

Siti Nurbaya mengatakan Proper 2020 dilaksanakan pada masa pandemi Covid-19, yang merupakan fenomena black swan event, sebagai kejadian tidak terduga di luar kondisi normal dan memberi dampak yang besar. Karena itulah, KLHK dalam penilaian Proper tahun ini menambahkan kriteria sensitifitas dan daya tanggap perusahaan dalam perencanaan pemberdayaan masyarakat.

“Kriteria ini pada dasarnya meminta komitmen perusahaan untuk memberikan perlindungan kepada karyawan, sehingga tidak serta merta melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK). Dunia usaha juga didorong untuk meningkatkan kemitraan dengan instansi pemerintah, Lembaga Swadaya Masyarakat, perguruan tinggi serta lembaga internasional untuk menangani bencana,” ujar Siti Nurbaya.

Pertamina Refinery Unit III Plaju
Pertamina Refinery Unit III Plaju (Katadata)

Siti Nurbaya menambahkan, hasil evaluasi Proper 2020 menunjukkan meskipun dalam masa pandemi Covid-19, kinerja perusahaan masih bisa dipertahankan serta tingkat ketaatan kepada lingkungan hidup juga meningkat dari 85 persen pada tahun 2019 menjadi 88 persen pada tahun 2020.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement