Tahun Baru, Hal Baru, Semangat Baru

Menjalani resolusi 2021 harus diperlengkapi dengan persiapan yang matang. Salah satunya mengantisipasi kebutuhan keuangan di masa depan dengan mulai berinvestasi dan menabung sejak dini.
Image title
Oleh Sapto Pradityo - Tim Riset dan Publikasi
5 Januari 2021, 14:30
FWD Insurance
dok. FWD Insurance

Tinggal hitungan hari lagi, kita akan menyambut tahun 2021 yang penuh dengan harapan. Wabah COVID-19 telah melahirkan banyak tantangan yang tidak mudah bagi semua orang di seluruh dunia. Menurut data Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional hingga 22 Desember 2020, ada 678.125 kasus dan 20.257 orang meninggal akibat Covid-19.

Memasuki tahun 2021 ini pun kita masih harus menghadapi situasi pandemi, namun demikian kita tetap harus optimis. Kabar soal rencana vaksinasi pada awal 2021 meniupkan harapan di masa depan. Sepuluh bulan di tengah pandemi, sedikit banyak juga telah melatih kita bagaimana mesti bertahan hidup (menjaga kesehatan dan tetap bekerja) dan beradaptasi. Ujian ini membuat kita lebih kuat. What doesn't kill you makes you stronger.  

Pandemi dan pembatasan sosial melahirkan kebiasaan dan inovasi-inovasi baru. Pandemi terbukti tak membuat hidup kita berhenti, termasuk menetapkan resolusi untuk tahun baru yang akan datang. Mengutip hasil survei Statista pada November 2020, ‘kesehatan’ dan ‘keuangan’ menjadi perhatian utama warga Amerika Serikat untuk tahun 2021.

Dari 10 resolusi paling populer di Amerika Serikat untuk tahun 2021, lima resolusi teratas adalah berolahraga lebih sering (44%), makan lebih sehat (42%), meluangkan waktu lebih banyak bersama keluarga dan teman (34%), mengurangi berat badan (31%), dan hidup lebih hemat (30%). Di Indonesia sendiri, mungkin trend resolusi yang ada tidak terlalu berbeda jauh.

Apa yang yang jadi fokus Anda dan kejar pada 2021, tentu Anda yang paling paham. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memberanikan diri mencoba hal yang baru. Siapa tahu, justru di masa sulit ini bahkan kita bisa melakukan sesuatu yang sebelumnya kita ingin lakukan tapi ragu untuk mencobanya

Belajar dari 2020, saat di mana segala sesuatu tidak dapat kita kendalikan dan berubah sangat cepat, keberanian kita menjalani resolusi 2021 harus diperlengkapi dengan persiapan yang matang. Salah satunya, pandemi 2021 mengajarkan kita untuk mengantisipasi kebutuhan keuangan di masa depan, kita perlu mulai berinvestasi dan menabung sejak dini. Sebab, tanpa kecuali, semua orang pada waktunya nanti akan menua, pensiun, dan atau berada dalam situasi tidak terduga yang membuat kita kita tak bisa lagi mencari uang.

Seperti sisi lain dari mata uang, risiko adalah bagian tak terpisahkan dari hidup. Usaha bisa berhasil, tapi ada kalanya juga gagal. Berkendara, meski sudah berhati-hati, ada kalanya pula diserempet orang. Dan siapa pula orang yang tak pernah sakit? Untuk mengantisipasi risiko-risiko ini lah diperlukan asuransi. Seperti payung dan jas hujan, asuransi ini akan benar-benar dirasakan manfaatnya ‘saat hujan tiba’. Ketika sedang sakit, saat pensiun nanti, atau ketika tertimpa musibah.   

Dalam situasi ‘normal’, orang memang cenderung mengabaikan risiko atau kemungkinan buruk. Makanya asuransi sering dipandang sebagai ‘biaya’, bukan cara untuk mengantisipasi kemungkinan buruk. Cerita soal kesulitan berhadapan dengan asuransi juga membuat orang kadang ‘alergi’ terhadap asuransi. Padahal dengan memiliki perlindungan (asuransi dan investasi), kita akan bisa menikmati hidup dan mencoba hal-hal baru pada tahun baru dengan lebih tenang. Jangan lupa, dengan melindungi diri kita dengan asuransi, maka sama artinya kita telah melindungi keluarga.

Berbicara tentang asuransi, sebagai pionir perusahaan asuransi jiwa digital di Indonesia dalam menjalankan resolusi 2021, FWD Insurance hadir dengan menyediakan produk asuransi sesuai dengan kebutuhan nasabah dengan didukung teknologi digital. Kami ingin mengajak semua masyarakat untuk tetap membebaskan langkah lebih berani dalam menjalankan resolusi 2021. FWD Insurance yang sebelumnya dikenal sebagai PT Commonwealth Life (“PTCL”), diakuisisi dan diubah namanya oleh FWD Group pada tahun 2020 menjadi FWD Insurance.

Kolaborasi dari FWD Insurance dan FWD Life memungkinkan FWD Insurance untuk melanjutkan pengalamannya selama 28 tahun di Indonesia dalam menghadirkan pengalaman nasabah yang berbeda. Hal ini akan dicapai melalui berbagai produk yang berfokus pada nasabah dan mudah dipahami, yang mana akan didukung dengan teknologi digital dalam memenuhi kebutuhan nasabah yang semakin paham teknologi.

Video Pilihan

Artikel Terkait