Ragam Tradisi Unik Jelang Buka Puasa

Sahistya Dhanesworo
Oleh Sahistya Dhanesworo - Tim Riset dan Publikasi
20 April 2022, 22:16
Aktivitas jelang buka puasa di berbagai daerah beragam macam. Masing-masing warga di tiap kota memiliki tradisi dan kebiasaan unik.
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya.

Ramadan di Indonesia erat kaitannya dengan latar budaya. Dengan tradisinya masing-masing, warga di berbagai daerah menjalankan kebiasaan yang berbeda untuk satu tujuan yang sama, yakni menunggu waktu buka puasa. Seperti apa? Berikut beberapa aktivitas ngabuburit di berbagai kota yang Katadata rangkum untuk Anda.

1. Kumbohan

Kumbohan adalah tradisi berburu ikan di Sungai Bengawan Solo yang biasa dilakukan warga Lamongan, Jawa Timur. Kegiatan ini biasa dilakukan pada sore hari ketika air sungai sedang surut. Warga yang berkumpul akan menangkap ikan dengan tangan kosong. Ikan-ikan itu kemudian akan dijadikan hidangan berbuka.

2. Balap perahu layar

Tradisi ini dapat dijumpai di Pantai Kenjeran, Surabaya, Jawa Timur. Perahu layar yang digunakan bukanlah perahu sungguhan yang dapat ditumpangi manusia, melainkan perahu mini yang diberi beragam hiasan dan layar warna-warni.

3. Panjat tebing

Meski melelahkan dan butuh banyak tenaga, nyatanya aktivitas panjat tebing tetap populer di kalangan masyarakat Madiun, Jawa Timur. Jelang waktu berbuka puasa, warga biasanya berkumpul di Stadion Wilis untuk berolahraga, termasuk melakukan olahraga ekstrem ini.

4. Bermain layang-layang hias

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...