Hikmah Halalbihalal Saat Idul Fitri

Arofatin Maulina Ulfa
Oleh Arofatin Maulina Ulfa - Tim Riset dan Publikasi
21 April 2022, 01:00
Halalbihalal bukanlah sekadar kegiatan silaturahmi saat Idul Fitri. Selain merekatkan hubungan sosial, halalbihalal juga meningkatkan imunitas dan memperpanjang usia.
ANTARA FOTO/Syaiful Arif/hp.

Halalbihalal menjadi ajang silaturahmi antar sesama, setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa. Halalbihalal biasanya diawali dengan saling bermaafan atas segala kesalahan melalui tradisi sungkeman.

Anjuran saling bermaafan juga telah diwahyukan dalam Al-Quran, sebagaimana firman Allah SWT:

“Jadilah pemaaf dan anjurkanlah orang berbuat baik, serta jangan pedulikan orang-orang yang bodoh.” (QS. Al-A`raf: 199).

Meski kata “halalbihalal” identik dengan kosa kata dalam bahasa Arab, namun tradisi ini sejatinya merupakan tradisi asli Indonesia. Kata “halalbihalal” sudah dibakukan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Halalbihalal berarti maaf-memaafkan setelah menunaikan ibadah puasa Ramadan. Biasanya, halalbihalal diadakan di sebuah tempat seperti auditorium, aula, dan tempat-tempat lainnya oleh sekelompok orang.

Halalbihalal berasal dari kata serapan 'halal' dengan sisipan 'bi', yang berarti 'dengan' dalam bahasa Arab. Sisipan ‘bi’ terletak di antara dua kata 'halal'.

Menurut Antropolog Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Muhammad Soehadha, asal mula halalbihalal sebagai ajang silaturahmi telah ada sejak abad ke-18. Tradisi ini bermula dari tradisi kraton Mangkunegaran, Surakarta, yang bernama pisowanan.

Bila dirunut sejarahnya, tradisi pisowanan telah ada sejak era pemerintahan Raden Mas Said atau KGPA Arya Mangkunegara I (1757 - 1795), alias Pangeran Sambernyawa. Tradisi pisowanan kemudian disesuaikan dengan semangat keislaman.

Saat itu, setelah merayakan Idul fitri, Mangkunegara I menggelar acara sungkeman untuk menunjukkan hormat dan meminta ampun atas kesalahan yang dilakukan. Acara ini melibatkan keluarga dan kerabat kerajaan, para abdi dalem, hingga prajurit.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...