Tak Mudik, Silaturahmi Virtual Kembali Jadi Pilihan

Muhammad Taufik
Oleh Muhammad Taufik - Tim Riset dan Publikasi
27 April 2022, 16:07
Pandemi membuat pola komunikasi masyarakat sedikit banyak berubah. Silaturahmi daring kini bisa menjadi alternatif di tengah berbagai keterbatasan.
ANTARA FOTO/Makna Zaezar/rwa.

Pemerintah mengizinkan masyarakat untuk mudik jelang perayaan Idul Fitri 1443 H. Dua tahun terakhir, mudik justru dilarang demi mengendalikan mobilitas masyarakat terkait risiko penularan Covid-19.

Meskipun demikian, tetap tak semua orang akan mudik. Meskipun demikian, bagi mereka yang harus menahan diri kembali untuk tidak mudik pada tahun ini, tetap dapat merasakan hangatnya silaturahmi secara virtual.

Dua tahun masa pandemi Covid-19 nyata mengakselerasi pergeseran cara berkomunikasi. Masyarakat yang sebelumnya mengutamakan silaturahmi secara fisik, mulai terbuka terhadap opsi silaturahmi jarak jauh yang dapat menjangkau lebih banyak orang.

Terlebih, berdasarkan data yang dihimpun Katadata dalam grafik di bawah ini, diketahui bahwa tak semua masyarakat akan memutuskan mudik keluar kota. Tetap ada yang memilih untuk di rumah saja. 

Silaturahmi secara daring bukan berarti meninggalkan esensi saling kembali fitri pada hari lebaran. Kekerabatan tetap terjaga, hanya sarana interaksinya berubah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...