Kampanye #KamuBerharga dari Rahasia Gadis

Image title
Oleh Shabrina Paramacitra - Tim Publikasi Katadata
29 April 2022, 10:23
Rahasia Gadis
Rahasia Gadis
Rahasia Gadis bersama para narasumber dan Agen Rahasia.

Rahasia Gadis, sebuah komunitas perempuan muda yang berdiri sejak 2015, merespons kondisi kritis bagi perempuan yang mengalami kekerasan dan perlu segera mengambil sikap. Respons tersebut diungkapkan lewat kampanye #KamuBerharga. Pada Sabtu (23/4), Rahasia Gadis menggelar acara acara #LetsTalkAbout: Sampai Kapan Perempuan Harus Nurut?.

Acara ini merupakan event besar pertama yang diadakan Rahasia Gadis. Diadakan di Twin House Cipete, acara ini dihadiri secara offline oleh para Agen Rahasia –sebutan untuk anggota komunitas Rahasia Gadis-- dari Jakarta dan sekitarnya.

Advertisement

#LetsTalkAbout: Sampai Kapan Perempuan Harus Nurut? juga sekaligus merupakan hybrid webinar penutup untuk rangkaian kampanye #KamuBerharga. Acara ini digelar untuk memperingati Hari Perempuan Sedunia 2022.

Talk show ini diharapkan dapat menjelaskan lebih dalam mengenai kasus pelecehan dan kekerasan di Indonesia. Juga, menjabarkan ekspektasi, stereotip dan norma gender yang dihadapi perempuan. Dalam event ini, para hadirin menceritakan pengalaman pribadi perempuan dari beberapa perspektif, serta mengampanyekan peningkatan rasa percaya diri dan harga diri perempuan.

Acara tersebut menghadirkan beberapa narasumber. Di antaranya, Ketua Subkomisi Partisipasi Masyarakat Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (Komnas Perempuan), Veryanto Sitohang. Ia mengatakan, kasus kekerasan seksual merupakan puncak gunung es.

“Kasus yang terjadi sesungguhnya bisa jadi lebih tinggi dibanding kasus yang didokumentasikan atau dilaporkan ke Komnas Perempuan,” kata Veryanto.

Sementara itu, ada banyak tantangan dalam pencegahan dan penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan. Salah satunya, perihal upaya pemenuhan hak-hak korban.

Rahasia Gadis pun dipercayai para perempuan Indonesia sebagai teman seperjuangan. Terutama dalam hal edukasi, yang sekaligus membuka mata publik bahwa permasalahan kekerasan terhadap perempuan nyata adanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement