Sim Jawara Antar Pemprov Jabar Raih Penghargaan

Image title
Oleh Shabrina Paramacitra - Tim Publikasi Katadata
29 April 2022, 15:48
Pemprov Jabar
Pemprov Jabar
Pemerintah Provinsi Jawa Barat meraih juara terbaik pertama dalam ajang Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2022.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) meraih juara terbaik pertama dalam ajang Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2022. Ajang tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas.

Penghargaan ini diberikan kepada pemerintah daerah (pemda) dalam rangka mendorong penyusunan dokumen perencanaan yang konsisten, komprehensif, terukur dan dapat dilaksanakan. Pemenang PPD 2022 diumumkan pada pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) tahun 2022.

Acara tersebut dihadiri seluruh kepala daerah se-Indonesia secara virtual, Kamis (28/4). Gubernur Jabar Ridwan Kamil hadir secara luring dengan didampingi kepala Bappeda Sumasna di Gedung Negara Pakuan, Kota Bandung.

Penghargaan yang diraih Pemprov Jabar adalah hasil dari inovasi Sistem Informasi Manajemen Talenta Jawa Barat Juara (Sim Jawara). Sim Jawara merupakan sistem informasi kepegawaian yang terintegrasi seputar karier pegawai yang berbasis meritrokasi.

Sistem informasi yang dikembangkan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jabar ini adalah program manajemen talenta yang sudah dijadikan pilot project oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) dalam penerapan manajemen talenta nasional.

Dengan Sim Jawara, proses penempatan, rotasi, mutasi dan promosi seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi lebih transparan dan berkualitas.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Sumedang meraih juara terbaik kedua dalam PPD 2022 tingkat kabupaten. Penghargaan itu didapatkan melalui inovasi Sistem Informasi Pelatihan Berbasis Database Online (Sipedo).

Presiden Joko Widodo dalam sambutan pembukaan Musrenbangnas 2022 mendorong semua pihak agar tidak minim inovasi. “Kita semua harus punya sense of crisis, jangan seperti biasanya atau bussiness as usual. Maka harus ada perencanaan yang baik, skenario yang pas dalam menghadapi situasi yang tidak pasti ini,” katanya.

Selain pemberian penghargaan kepada pemda yang inovatif, Musrenbangnas 2022 juga membahas Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2023. Tujuan kerja pemerintah ke depan akan difokuskan pada peningkatan produktivitas menuju pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...