Telkom Bantu Percepatan Digitalisasi Pendidikan di Tarutung

Telkom mendukung proses digitalisasi di sekolah-sekolah di Tarutung, Sumatra Utara. Hal ini dilakukan demi meningkatkan daya saing Indonesia di sektor pendidikan.
Image title
Oleh Shabrina Paramacitra - Tim Publikasi Katadata
20 Mei 2022, 12:29
Telkom mendukung proses digitalisasi di sekolah-sekolah di Tarutung, Sumatra Utara. Hal ini dilakukan demi meningkatkan daya saing Indonesia di sektor pendidikan.
Katadata
Menteri BUMN Erick Thohir (tiga dari kiri) didampingi Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (kiri) menyerahkan fasilitas laboratorium komputer secara simbolis kepada Kepala SMAS HKBP 1 Tarutung Tumbur Silaban, Kamis (19/5).

PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom) terus mendukung kemajuan fasilitas di bidang pendidikan. Kamis (19/5) lalu, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telekomunikasi itu memperbarui fasilitas laboratorium komputer di Sekolah Menengah Atas Swasta (SMAS) HKBP 1 dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Siatas Barita, Tarutung, Sumatra Utara.

Fasilitas tersebut terdiri dari perangkat komputer untuk sekolah, laptop untuk para guru, lengkap beserta akses internetnya. Selain itu, layanan Pijar Sekolah yang merupakan platform pembelajaran digital juga disediakan. Pijar Sekolah membantu proses belajar-mengajar, serta memudahkan pengaturan sistem manajemen sekolah dan penyediaan konten pembelajaran.

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan, peningkatan mutu pendidikan dapat mendukung lahirnya talenta terbaik bangsa. Telkom pun berkomitmen untuk mengambil peran dalam mengakselerasi peningkatan kualitas pendidikan, terutama melalui langkah digitalisasi. Sebab, pendidikan menjadi salah satu sektor yang difokuskan oleh Telkom didukung dan dikembangkan.

Tidak hanya menyediakan infrastruktur beserta akses internet maupun perangkatnya, Telkom juga menyediakan solusi digital agar proses belajar-mengajar dapat lebih mudah dilakukan.

“Kami meyakini bahwa dengan adanya digitalisasi, pendidikan Indonesia dapat membuat suatu lompatan yang jauh hingga mampu sejajar dengan negara maju lainnya,” ujar Ririek yang kala itu hadir didampingi Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu Basuki Sigit.

Komitmen Telkom untuk membangun pendidikan Indonesia telah dilakukan sejak lama melalui berbagai program, seperti Internet Goes to School, Bagimu Guru Kupersembahkan, Indonesia Digital Learning, My Teacher My Hero, Broadband Learning Center, Pustaka Digital, Employee Volunteer Program, serta program-program lainnya.

Komitmen ini dilaksanakan Telkom secara berkelanjutan dari tahun ke tahun. Lewat dukungan itu, diharapkan para pelajar dapat menikmati pendidikan yang merata di seluruh Indonesia, hingga ke pelosok.

Berbagai dukungan dan optimalisasi #DigitalUntukSemua ini juga diharapkan membantu siswa-siswi untuk memperoleh pendidikan yang berkualitas. Sehingga, Indonesia dapat melahirkan talenta-talenta digital terbaik.

Kepala SMAS HKBP 1 Tarutung Tumbur Silaban mengapresiasi inisiatif Telkom. Ia berharap fasilitas dari Telkom dapat membantu kegiatan pembelajaran di sekolah. “Sehingga ke depannya siswa dan siswi yang ada di sekolah ini bisa lebih mengetahui dan memahami tentang teknologi informasi,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Menteri BUMN Erick Thohir turut hadir dan berinteraksi dengan 300 siswa dan siswi SMAS HKBP 1 Tarutung. Di hadapan menteri, para siswa tersebut unjuk bakat dengan menampilkan kemampuan olahraga, tarian adat tor-tor, serta bernyanyi dalam sebuah grup vokal. Di samping itu, Erick juga menyapa komunitas eSport di Tarutung yang saat itu turut hadir di lokasi.

Dalam kesempatan tersebut, Erick berpesan bahwa tantangan generasi muda Indonesia adalah harus mengerti teknologi. Digitalisasi di dunia pendidikan adalah salah satu strategi menghadapi disrupsi digital. Menurut Erick, generasi muda Indonesia harus mempersiapkan diri di era digital dan menghadapi perubahan dengan menjadi bagian dari perubahan itu sendiri.

“Saatnya generasi muda dan dunia pendidikan tampil di depan, sehingga kita tidak lagi menjadi buih di era disrupsi digital ini. Kira harus tampil ambil bagian dan menjadi ombak,” ucap Erick.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait