JAPFA Gelar Kompetisi Jurnalistik untuk Cegah Stunting

Image title
Oleh Shabrina Paramacitra - Tim Publikasi Katadata
15 Juni 2022, 10:55
JAPFA mengadakan Apresiasi Karya Jurnalistik JAPFA (AKJJ) bertema “Penuhi Asupan Protein Hewani, Sambut Generasi Bebas Stunting”.
JAPFA
Direktur Corporate Affairs JAPFA Rachmat Indrajaya (dua dari kanan) memberi keterangan saat konferensi pers Apresiasi Karya Jurnalistik JAPFA (AKJJ), Selasa (14/6).

PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA) menyelenggarakan Apresiasi Karya Jurnalistik JAPFA (AKJJ). Kegiatan tersebut merupakan bentuk penghargaan bagi para jurnalis di Indonesia. AKJJ perdana ini mengusung tema Penuhi Asupan Protein Hewani, Sambut Generasi Bebas Stunting. Tema ini sesuai dengan identitas perseroan sebagai penyedia protein hewani.

Direktur Corporate Affairs JAPFA Rachmat Indrajaya menyampaikan, selama lebih dari 50 tahun perseroan beroperasi, media telah menjadi salah satu mitra penting.

“Penyelenggaraan AKJJ tahun 2022 ini merupakan salah satu bentuk apresiasi kami kepada rekan-rekan jurnalis yang selama ini turut membantu menginformasikan dan menyajikan pemberitaan terkait kegiatan perusahaan,” kata Rachmat saat peluncuran AKJJ Tahun 2022 di Hotel Atlet Century, Jakarta, Selasa (14/6).

Dalam menjalankan usaha, ujar Rachmat, JAPFA berkomitmen untuk tidak hanya fokus pada aspek ekonomi (profit) saja, melainkan juga pada aspek sosial (people) dan lingkungan (planet). Salah satu kegiatan sosial perseroan difokuskan dalam upaya pencegahan stunting. Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada balita akibat dari kekurangan gizi kronis.

“Kegiatan AKJJ ini juga merupakan wujud komitmen kami dalam mendukung pencegahan stunting melalui upaya edukasi dan sosialisasi mengenai pentingnya gizi seimbang dan protein hewani kepada masyarakat melalui peran penting media,” jelas Rachmat. Di luar itu, imbuhnya, JAPFA juga menggelar kegiatan lain, yakni JAPFA for Kids dan Posyandu Berdaya untuk menekan angka stunting.

Sandra Fikawati, ahli gizi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, menyambut baik upaya JAPFA dalam menyosialisasikan pentingnya anak mengonsumsi protein hewani. Menurutnya, isu stunting tidak hanya menjadi tugas pemerintah semata.

“Keberadaan sektor swasta termasuk JAPFA diharapkan dapat turut aktif mempromosikan konsumsi gizi seimbang melalui peningkatan konsumsi protein hewani demi mencegah terjadinya stunting,” ujar Fika.

Ia memaparkan, protein merupakan salah satu zat gizi makro selain karbohidrat dan lemak. Karbohidrat dan lemak berfungsi sebagai sumber energi. Sementara protein berfungsi sebagai zat pembangun tubuh.

Tidak ada zat gizi lain yang dapat menggantikan peran protein dalam membantu pertumbuhan, serta proses regenerasi sel tubuh manusia. Sayangnya, belum banyak masyarakat yang memahami bahwa pemilihan jenis protein dalam konsumsi harian sangatlah penting.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...