Toyota All New Vios: Sedan Berkelas Bertabur Fitur Canggih

Image title
Oleh Sahistya Dhanes - Tim Publikasi Katadata
1 November 2022, 11:12
Toyota All New Vios
Dok Toyota

PT Toyota Astra Motor (TAM) merilis All New Vios generasi keempat. Keluarnya All New Vios ini kian meramaikan pasar otomotif untuk segmen sedan. 

Sejak Januari hingga Agustus 2022, total penjualan mobil nasional mencapai kisaran 658.000 unit. Jumlah ini lebih besar dari penjualan pada posisi yang sama tahun 2021, yang mencapai kisaran 543.000 unit. Tren penjualan positif ini juga mencakup peningkatan penjualan pada pasar sedan, yang tumbuh di kisaran 4.100 unit per Agustus 2022, dibanding posisi Agustus 2021 yang sekitar 3.500 unit.

Vios sendiri sejatinya bukanlah mobil baru di Indonesia. Kemunculan pertamanya pada tahun 2003 langsung berhasil memikat pasar dalam negeri. Kala itu, Vios menggantikan Soluna yang telah lebih dulu mengisi pasar sedan subcompact atau B-segment class. Secara total, sejak 2003, Vios telah membukukan penjualan ritel lebih dari 130.000 unit.

Vice President Director TAM Henry Tanoto mengungkapkan, sebagai mobil sedan yang telah dipasarkan di Indonesia selama hampir 20 tahun, Vios telah menjadi jenama yang penting bagi Toyota. 

“Kami bersyukur mobil sedan yang dikenal memiliki quality, durability, dan reliability yang tinggi ini mendapatkan penerimaan yang sangat baik di seluruh dunia. Bahkan, di Indonesia sendiri Vios tampil sebagai market leader di segmennya,” ujar Henry.

Tak seperti pendahulunya, Vios terbaru kini memiliki dimensi lebih besar, yakni panjang 4.410 milimeter (mm), lebar 1.740 mm, tinggi 1.480 mm, dengan jarak sumbu roda (wheelbase) hingga 2.620 mm. Meski begitu, bodi bongsor Vios tak mengurangi kelincahannya dalam bermanuver.

Dari segi performa, All New Vios dibekali mesin 2NR-VE, 1.496 cubic centimeter (cc) dan empat silinder yang tangguh dan andal. Teknologi Dual VVT-i yang disematkan padanya membuat mesin bekerja dengan konsumsi bahan bakar yang lebih rendah, namun tetap bertenaga. 

Mesin All New Vios mampu menghasilkan tenaga 106 pferdestärke (PS) pada 6.000 revolusi per menit (rpm) dan torsi 138 newton meter (Nm) pada 4.200 rpm. Distribusi tenaga ke roda depan disalurkan melalui opsi transmisi manual 5-speed atau continuously variable transmission (CVT). Pengemudi juga diberi pilihan mode berkendara Eco, Normal, dan Sport lewat tombol pada kemudi.

Marketing Director TAM Fumitaka Kawashima mengatakan, All New Vios dikembangkan berdasarkan tiga pilar, yakni proudful, comfortable, serta valuable. Namun, Toyota tetap mempertahankan karakteristik dasar sedan Vios yang memiliki quality, durability, dan reliability yang tinggi. 

“Oleh karena itu, meskipun All New Vios dilengkapi dengan berbagai teknologi baru dan lebih canggih, All New Vios tetap mempertahankan DNA-nya untuk memberikan nilai lebih bagi pelanggannya,” kata Fumitaka.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...