Pasar Mobil Bekas Terus Bangkit, Ini Pilihan Mobil Paling Populer

Pasar mobil bekas membaik seiring bangkitnya gairah di industri otomotif.
Image title
Oleh Shabrina Paramacitra
5 Juli 2022, 20:14
Pasar mobil bekas membaik seiring bangkitnya gairah di industri otomotif.
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/wsj.
Bursa mobil bekas di kawasan Blok M, Jakarta. Tahun ini industri otomotif mulai bangkit seiring membaiknya kondisi perekonomian.

Dalam kurun waktu lebih dari dua tahun terakhir, pasar mobil bekas dihadapkan oleh sejumlah tantangan, termasuk dari pandemi Covid-19 yang hingga saat ini masih berlangsung. Namun, pasar mobil bekas terus bangkit dari waktu ke waktu, salah satunya didukung oleh pemulihan perekonomian dalam negeri yang membuat daya beli masyarakat kembali meningkat.

Pergerakan positif pada industri mobil bekas turut dirasakan oleh pemimpin pasar mobil bekas di Tanah Air, yaitu OLX Autos Indonesia.

Perusahaan platform layanan berbasis teknologi yang menawarkan inovasi terkini dalam transaksi jual beli mobil bekas tersebut memandang bahwa kinerja pasar mobil bekas di Tanah Air pada tahun ini akan lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.

Hal ini seiring dengan terus membaiknya daya beli masyarakat dan juga inovasi tanpa henti yang dilakukan para “pemain” mobil bekas di industri ini. Adapun, optimisme terhadap kinerja pasar mobil bekas pada tahun ini terlihat dari terus meningkatnya permintaan mobil bekas, salah satunya pada momentum periode Lebaran 2022.

Advertisement

Berdasarkan data internal OLX Autos Indonesia, kebijakan pemerintah yang memperbolehkan mudik Lebaran 2022 membuat terjadinya peningkatan penjualan hingga lebih dari 30 persen. Pada Lebaran 2021, peningkatan penjualan hanya terjadi sekitar 10 persen, seiring dengan dilakukannya pembatasan perjalanan saat momen Lebaran.

Director Classified and New Business OLX Autos Indonesia Agung Iskandar mengatakan bahwa pencapaian pada Lebaran 2022 merupakan antusiasme festive season yang luar biasa, dan tentunya sangat berpengaruh pada kinerja penjualan secara keseluruhan.

Dia menilai, pencapaian positif diprediksi masih akan terus terjadi pada OLX Autos dan pasar mobil bekas Tanah Air, seiring dengan terus membaiknya permintaan dan perekonomian dalam negeri.

Selain didorong oleh meningkatnya daya beli masyarakat dan perekonomian dalam negeri, positifnya kinerja pasar mobil bekas juga didorong oleh strategi dan inovasi yang dilakukan oleh para penggemar mobil bekas di Indonesia.

Selama kurang lebih dua tahun terakhir, kendati masih dalam kondisi pandemi Covid-19, OLX Autos terus mengembangkan inovasi teknologi dan melakukan ekspansi guna mempercepat pemulihan industri, sekaligus memperluas ekosistem tata niaga mobil bekas di Tanah Air.

“Sekarang, setelah hampir dua tahun hadir di Indonesia dalam memberikan kemudahan konsumen dalam bertransaksi jual beli mobil bekas, banyak pencapaian yang sudah kami lakukan,” ucap Agung.

Saat ini OLX Autos memiliki 100 store di Indonesia, dengan dukungan jaringan lebih dari 4.000 mitra dan memiliki lebih dari 100 inspection center di 10 kota besar di Indonesia yaitu Jabodetabek, Bandung, Solo, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Medan, Malang dan Sidoarjo.

“Ke depannya, OLX Autos akan terus berekspansi untuk memperluas ekosistem mobil bekas di Tanah Air,” tambah Agung.

Kendati pencapaian kinerja industri mobil bekas pada tahun ini kemungkinan belum melampaui pencapaian masa sebelum terjadinya pandemi Covid-19, OLX Autos optimistis industri pasar mobil bekas akan terus bangkit, bahkan bisa lebih baik dari sebelum pandemi.

Didukung oleh potensi pasar mobil bekas yang masih luas serta daya beli masyarakat yang tinggi, diharapkan industri ini akan terus menunjukkan pergerakan positif.

Di sisi lain, terus meningkatnya daya beli masyarakat bisa dilihat dari tingginya animo masyarakat terhadap pameran-pameran otomotif yang mulai kembali digelar secara offline sejak tahun lalu, salah satunya ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS).

Tingginya animo masyarakat untuk membeli mobil baru tentunya akan sejalan dengan yang terjadi di pasar mobil bekas, karena kinerja pasar mobil bekas akan mengikuti kinerja industri otomotif secara keseluruhan.

Jika ada masyarakat yang memilih untuk membeli mobil baru, maka pastinya ada masyarakat yang memilih mobil bekas. Berikut adalah tipe dan merek mobil bekas yang paling favorit pada 2022 berdasarkan data OLX Autos Indonesia per Mei 2022.

▪ Tiga tipe mobil yang paling banyak diminati adalah:

  1. Sedan
  2. SUV
  3. Minibus

▪ Sementara itu, merek mobil yang paling banyak diminati antara lain:

  1. Toyota Avanza
  2. Toyota Kijang Innova
  3. Honda Jazz
  4. Honda CRV
  5. Daihatsu Xenia

▪ Adapun, mobil bekas paling populer sepanjang 2021 berdasarkan data OLX Autos Indonesia yakni:

MPV

  1. Toyota Avanza
  2. Toyota Innova
  3. Daihatsu Xenia
  4. Suzuki Ertiga
  5. Honda Mobilio

SUV

  1. Honda CR-V
  2. Toyota Fortuner
  3. Honda HR-V
  4. Mitsubishi Pajero Sport
  5. Toyota Rush

Hatchback

  1. Honda Brio
  2. Honda Jazz
  3. Toyota Yaris
  4. Honda Civic
  5. Mazda 2

Sedan

  1. BMW 3 Series
  2. Honda City
  3. Toyota Vios
  4. Mercedes Benz C
  5. Toyota Camry

LCGC

  1. Toyota Agya
  2. Daihatsu Ayla
  3. Toyota Calya
  4. Daihatsu Sigra
  5. Suzuki Karimun

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.

Artikel Terkait