Bahas Desain Produk, Tokopedia bakal Gelar Konferensi START Elevate

Konferensi teknologi START Elevate dari Tokopedia akan mengulas soal praktik terbaik menjadi desainer produk yang andal.
Shabrina Paramacitra
30 September 2022, 16:46
Konferensi teknologi START Elevate akan mengulas soal praktik terbaik menjadi desainer produk yang andal.
Tokopedia

Tokopedia bakal menggelar konferensi teknologi START Elevate pada Sabtu (1/10), pukul 09.00-16.30 WIB. Konferensi yang membahas tentang praktik desain produk ini disiarkan melalui situs dan Youtube Tokopedia Academy.

Acara ini juga dapat disaksikan via kanal video streaming Tokopedia Play. Untuk menyaksikan START Elevate, penonton dapat melakukan registrasi terlebih dahulu melalui situs Tokopedia Academy.

START Elevate akan mengangkat tema Humanizing Design at Scale. Puluhan pakar desain produk siap menjadi narasumber, di antaranya Head of Product and UX Research Tokopedia, Jesslyn Siswanto, serta AVP of Product Design Tokopedia, Momo Halim.

Jurus Sukses Menjadi Desainer Produk
Untuk menjadi desainer produk yang andal, ada beberapa tips yang dapat dilakukan. Jesslyn Siswanto memaparkan, desainer produk harus mengutamakan sudut pandang konsumen. Menurutnya, pola pikir customer driven akan membantu desainer produk menghasilkan inovasi sesuai kebutuhan pengguna.

Advertisement

“Dengan keberagaman latar belakang masyarakat Indonesia, seperti suku, kondisi sosial maupun ekonomi, mempertimbangkan preferensi konsumen sangat penting saat mendesain sebuah produk,” jelas Jesslyn.

Sementara itu, bagi Momo Halim, desainer produk wajib berempati. Seturutnya, perubahan terus terjadi di ranah desain produk dan teknologi. Maka, keterbukaan terhadap pandangan maupun kebutuhan dari tim dan pengguna adalah poin yang esensial.

Kemampuan berempati terhadap kemungkinan dampak yang timbul dari hal-hal baru juga sangat penting. “Kita bisa membiasakan diri untuk berempati dengan dimulai dari mau mendengarkan,” kata Momo.

Hal lain yang perlu diketahui oleh desainer produk adalah user interface/user experience (UI/UX). UI/UX adalah komponen desain produk yang menentukan journey dan tampilan visual, seperti warna, kreativitas dan lain-lain dalam sebuah produk digital, misalnya aplikasi.

Dengan pemahaman UI/UX, desainer produk dapat memastikan apakah langkah-langkah penggunaan produk sudah cukup nyaman digunakan oleh pengguna. Seiring makin matangnya sistem desain, desainer produk akan semakin banyak berkolaborasi dengan tim UI/UX untuk menghasilkan pengalaman pengguna yang optimal.

Selain itu, aktivitas mencari dan mengolah data, serta menganalisisnya secara sistematis dan terstruktur adalah kunci sukses desainer produk. Sebab, profesi ini banyak bersinggungan dengan data, semisal conversion rate, click-through rate (CTR), metrik finansial, dan lain-lain.

Hasil analisis atau insights dari data akan berguna dalam proses penyempurnaan produk. Untuk itu, pengalaman mengolah data cukup krusial bagi desainer produk.

Seorang desainer produk juga bekerja sama dengan banyak tim. Contohnya, untuk meningkatkan kualitas fitur layanan, desainer produk perlu berkolaborasi dengan tim riset dan tim engineer agar fitur tersebut menjawab kebutuhan pengguna secara akurat. Maka, seorang desainer produk patut mengedepankan sinergi.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.

Artikel Terkait