Pameran Properti Mudahkan Konsumen Beli Rumah

Indonesia Properti Expo (IPEX) turut membantu memperluas akses calon konsumen properti. Pameran tersebut diharapkan juga dapat membantu mengurangi backlog rumah.
Shabrina Paramacitra
9 Desember 2022, 17:28
Indonesia Properti Expo (IPEX) turut membantu memperluas akses calon konsumen properti. Pameran tersebut diharapkan juga dapat membantu mengurangi backlog rumah.
Adhouse Clarion Events
Executive Director PT Summarecon Agung Tbk, Albert Luhur

Pagelaran Indonesia Properti Expo (IPEX) yang berlangsung pada 19-27 November 2022 telah mempertemukan para pengembang dengan investor dan calon pembeli rumah. Pameran properti terbesar di Indonesia itu menghadirkan lebih dari 300 ribu pengunjung.

Mengusung tema Ceritamu Dimulai dari Sini, IPEX 2022 diharapkan turut membantu mengikis backlog perumahan di Indonesia yang telah mencapai 12,7 juta. Angka itu akan terus bertambah, seiring kebutuhan rumah per tahunnya yang mencapai 1 juta unit. Padahal, pembangunan rumah yang dapat dipenuhi pengembang hanya sekitar 200 ribu hingga 300 ribu unit per tahun.

Head of Marketing PT Adhouse Clarion Events, Abdi Fajrin, mengungkapkan bahwa penyelenggaraan IPEX 2022 tak lepas dari adanya Program IPEX Loyalty Member (ILM). Program tersebut telah diikuti oleh 6.340 anggota. Sebanyak 91,56 persen anggota ILM berencana membeli properti untuk tempat tinggal sendiri, sementara sisanya memanfaatkan properti sebagai investasi.

Para anggota ILM juga memberi opini mengenai wilayah yang diincarnya untuk membeli properti. Di antaranya, Kota Tangerang yang menempati posisi pertama dengan minat 29,7 persen. Lalu, diikuti oleh DKI Jakarta sebanyak 19,4 persen, Kota Bekasi 16,8 persen, Kota Depok 16,4 persen, Kota Bogor 15,0 persen, dan lainnya 2,8 persen.

Advertisement

“Jumlah ini akan terus berubah dan berkembang, sejalan dengan bertambahnya jumlah loyalty member kami,” jelas Abdi.

Selama pameran berlangsung, selain suku bunga rendah, promosi seperti gratis biaya provisi, biaya administrasi, dan biaya penilaian KPR nonsubsidi, cukup menarik minat pengunjung. Selain itu, terdapat pula promo tambahan dari pengembang dan hadiah langsung untuk pengunjung yang bertransaksi selama acara.

Executive Director PT Summarecon Agung Tbk, Albert Luhur, menjelaskan bahwa poin yang menentukan strategisnya sebuah lokasi adalah akses dan fasilitasnya. Keduanya sama pentingnya. “Karena, kalau aksesnya bagus tapi fasilitasnya tidak tepat, maka tentu tidak akan menjadi pilihan,” tutur dia.

Christian Sugiono, figur publik sekaligus pengembang perumahan, mengatakan properti adalah investasi yang paling menguntungkan. Sebab, nilai asetnya selalu naik.

“Saya pertama kali beli properti itu berupa ruko dan itu saya pakai untuk dijual kembali. Selain itu, memiliki rumah juga menjadi sebuah keharusan,” kata dia dalam talkshow bertajuk Mo Mo Gue, yang menjadi bagian dari IPEX 2022.

IPEX akan digelar kembali tahun depan pada 11-19 Februari 2023 di Jakarta Convention Center (JCC). Informasi selengkapnya dapat diakses melalui official website IPEX. Registrasi tidak dikenakan biaya.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.

Artikel Terkait