Tokopedia Ajak UMKM dan Masyarakat Pakai Produk Ramah Lingkungan

Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya jadi wilayah dengan pencarian produk ramah lingkungan terbanyak.
Image title
Oleh Riri
15 Desember 2022, 18:19
Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya jadi wilayah dengan pencarian produk ramah lingkungan terbanyak.
Tokopedia

Tokopedia meluncurkan gerakan Tokopedia Hijau untuk mengajak pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta masyarakat menggunakan produk ramah lingkungan. Tokopedia berupaya menciptakan ekosistem bisnis berkelanjutan dan berdampak positif bagi seluruh mitra strategis dan lingkungan dalam jangka panjang.

Selama satu tahun terakhir, Tokopedia mencatat Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya sebagai wilayah dengan jumlah pencarian produk ramah lingkungan terbanyak. Peningkatan penjualan produk daur ulang tercatat hampir 1,5 kali lipat di Tokopedia. Penjualan produk tas lipat pakai ulang juga melonjak hampir 2,5 kali lipat.

Public Affairs Senior Lead Tokopedia, Aditia Grasio Nelwan, mengatakan saat ini terdapat 12 juta penjual di Tokopedia yang hampir 100% UMKM. “Tokopedia Hijau mengajak seluruh penjual menerapkan prinsip ramah lingkungan lewat berbagai program, seperti Program Edukasi dan Inkubasi Seller Hijau,” tuturnya.

Program Edukasi Seller Hijau menghadirkan modul komprehensif untuk memandu penjual memulai dan membangun bisnis ramah lingkungan. Program ini juga berisi webinar yang bisa diakses oleh penjual secara gratis. Rangkaian program ini juga diisi kelas intensif dan kampanye daring. Program ini menyasar penjual dengan produk dan kemasan ramah lingkungan.

Advertisement

Gerakan Tokopedia Hijau senada dengan program prioritas Kementeriaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) dalam mendukung pengembangan UMKM ramah lingkungan.

“Berdasarkan hasil riset Kemenkop UKM bersama United Nations Development Programme (UNDP) di 2021, sebanyak 95% dari 3.000 pelaku UMKM menunjukkan minat terhadap praktik usaha ramah lingkungan,” kata Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki.

Adapun, The Local Enabler berperan sebagai fasilitator untuk berbagi wawasan, serta praktik terbaik ramah lingkungan pada program ini. Selain itu, Tokopedia menyediakan dana pembinaan Rp 100 juta untuk tiga penjual ramah lingkungan terbaik.

Program Tokopedia Hijau juga mengajak masyarakat untuk aktif menjaga lingkungan, sebagai dukungan Misi Nol Sampah GoTo 2030. Masyarakat yang belanja lewat Tokopedia Hijau bisa mengurangi sampah pascakonsumsi. Barang yang dikirim akan menggunakan kemasan yang lebih ramah lingkungan, seperti paper wrap, kertas cacah, serat nanas, dan alternatif lainnya.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.

Artikel Terkait