All New Kijang Innova Zenix, Mobil Listrik Hibrida Toyota

Shabrina Paramacitra
Oleh Shabrina Paramacitra - Tim Publikasi Katadata
11 Januari 2023, 17:31

Toyota memperluas pilihan model kendaraan elektrik di Indonesia dengan meluncurkan All New Kijang Innova Zenix. Kendaraan ini merupakan wujud inovasi Toyota yang berfokus pada pengembangan kendaraan listrik hibrida untuk pasar massal.

All New Kijang Innova Zenix dirancang untuk mendukung visi Toyota menciptakan mobilitas yang berkelanjutan dan inklusif. Kijang generasi ke-7 ini menghadirkan performa yang unggul dengan mengadopsi platform dan mesin Toyota New Global Architecture (TNGA), serta teknologi Toyota Hybrid System generasi ke-5.

Secara total, Toyota telah memiliki 15 electrified line ups yang telah dipasarkan sebanyak lebih dari 7.000 unit. Toyota juga telah berkontribusi terhadap pengurangan emisi karbon hingga lebih dari 7.500 ton.

Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Henry Tanoto, mengatakan All New Kijang Innova Zenix menjadi salah satu line up yang diciptakan untuk membantu capaian pengurangan emisi karbon.

“Saat ini, kami memperluas penerapan teknologi elektrifikasi, khususnya Toyota Hybrid System generasi terbaru yang juga digunakan oleh All New Prius dan All New Kijang Innova Zenix. Kami berharap tidak hanya memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat, tetapi juga memberikan kontribusi yang lebih besar dalam pengurangan emisi karbon,” katanya dalam keterangan resmi, dikutip Rabu (11/1/2023).

Meski masih mewarisi beberapa fitur dari generasi sebelumnya, All New Kijang Zenix memiliki beberapa perubahan dasar dan menyeluruh. Salah satu perubahan itu adalah platform TNGA: GA-C dengan struktur monocoque yang menggantikan struktur ladder-on-frame.

Platform baru ini memungkinkan para insinyur Toyota menyematkan teknologi canggih pada All New Kijang Innova Zenix, seperti mesin 2.0L TNGA, Toyota Hybrid System generasi ke-5, dan transmisi 10-Speed Direct Shift CVT. Teknologi-teknologi itu membuat All New Kijang Innova Zenix lebih efisien bahan bakar.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.