Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Transportasi Umum Modern dan Canggih

Siti Nur Aeni
15 September 2021, 19:59
Ilustrasi kereta cepat Jakarta-Bandung
123rf.com/alexutemov
Ilustrasi kereta cepat Jakarta-Bandung

Kereta menjadi salah satu transportasi yang banyak digunakan masyarakat. Dari data yang dihimpun oleh databoks, jumlah pengguna layanan kereta api mencapai 14,3 juta per Maret 2021. Jumlah tersebut naik sekitar 24,44% dari bulan sebelumnya. Popularitas kereta api di Indonesia memicu lahirnya beragam jenis kereta, salah satunya kereta cepat Jakarta-Bandung.

Apa Itu Kereta Cepat Jakarta-Bandung?

Kereta cepat ini merupakan moda transportasi masal yang beroperasi dari wilayah Jakarta menuju Bandung dan sebaliknya. Kereta cepat ini menggunakan CR400AF generasi terbaru jarak operasi 142,3 km. Transportasi ini melalui empat stasiun pemberhentian yaitu Halim, Karawang, Walini, dan Tegalluar.

Advertisement

Jumlah kereta cepat Jakarta-Bandung yaitu ada 11 trainset dengan 2 trainset sebagai kereta cadangan dan pengganti. Kereta cepat ini memiliki kapasitas sebanyak 601 penumpang. Harapannya,  kereta ini bisa menjadi alternatif pilihan bagi masyarakat yang hendak menuju wilayah tujuan tersebut.

Pembangunan proyek ini diperkirakan akan selesai pada tahun 2022. Tanggal 18 Mei 2021, Presiden Joko Widodo meninjau pembangunan proyek ini. Menurut penuturan Beliau, proyek ini sudah mencapai 73% dan akan mejalani uji coba pada akhir 2022.

Menurut penjelasan dalam laman kcic.co.id, kepemilikan kereta cepat ini yaitu perusahaan konsorsium BUMN Indonesia di bawah PT. Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI) dan konsorsium China di bawah Beijing Yawan HSR Co Ltd. Pembagian saham kedua perusahaan pengelola tersebut yaitu PSBI 60 persen dan Beijing Yawan 40 persen.

Fasilitas Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Ketika kita menggunakan transportasi umum, pasti kita akan mempertimbangkan fasilitas yang tersedia. Kereta cepat ini tidak hanya menghadirkan fasilitas efisiensi waktu perjalanan saja, namun juga hadir dengan berbagai fasilitas penting lainnya.

Fasilitas unggulan yang dimilikinya antara lain teknologi dengan kecepatan tinggi dan sistem modern. Selain itu, kereta ini juga ada fasilitas khusus untuk penumpang disabilitas agar tetap nyaman selama perjalanan. Kereta cepat ini juga menyediakan gerbong restorasi dengan menu sesuai dengan waktu tempuh kereta tersebut.

Harga Tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Setelah melihat fasilitas yang diberikan, maka pasti banyak diantara kita yang bertanya berapa harga tiket kereta cepat Jakarta-Bandung ini? Berdasarkan penjelasan dari kcic.co.id, jumlah kelas yang tersedia yaitu VIP dengan 18 penumpang, kelas 1 dengan 20 penumpang, dan kelas 2 dengan 555 penumpang. Rencananya harga tiket kereta ini Rp300.000 untuk kelas 2.

Namun harga tersebut masih dalam pengkajian dan bisa saja berubah. Sementara itu, untuk sistem pembelian tiket kereta pihak pengelola masih melakukan pengkajian lebih lanjut.

Kapan Kereta Cepat Jakarta-Bandung beroperasi?

Terkait dengan jadwal operasi, awalnya kereta cepat Jakarta-Bandung mulai berjalan akhir 2020. Kemudian jadwal operasi mundur menjadi Maret 2020. Terakhir, pihak pengelola menetapkan bahwa jadwal kereta cepat ini akan mulai beroperasi tahun 2022.  

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement