12 Manfaat Cokelat untuk Kesehatan dan Kecantikan

Siti Nur Aeni
16 September 2021, 17:22
12 Manfaat Cokelat untuk Kesehatan dan Kecantikan
ANTARA FOTO/Umarul Faruq
Ilustrasi olahan cokelat

Kita mungkin sudah familiar dengan cokelat. Makanan manis ini bisanya menjadi simbol kasih sayang dan romantisme. Cokelat adalah produk olahan kakao yang biasa diolah menjadi makanan atau minuman. Dikehidupan sehari-hari kita mengenal berbagai produk olahan cokelat. Termasuk produk bermerek yang sudah banyak beredar di pasaran.

Salah satu jenis produk cokleat yang banyak dijumpai yaitu cokelat batangan. Menurut data di databoks, SilverQueen menjadi brand cokelat batangan terfavorit dikalangan remaja Indonesia. Sedangkan posisi kedua diduduki oleh merek Cadbury.  

Advertisement

Selain populer, manfaat cokelat ternyata juga baik untuk kesehatan dan kecantikan. Tak heran jika kini banyak beredar produk turunan lain dari cokelat

Kandungan Cokelat

Manfaat dari cokelat muncul karena didalam produk perkebunan ini, ada beberapa kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Mengutip dari hellosehat.com, di dalam 100 gram cokelat ternyata ada beberapa nutrisi seperti air, energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, zat besi, natrium, dan kalium.

Kandungan kakao dan cokelat juga tercatat di Jurnal Industri Hasil Perkebunan 11(1). Dari penjelasan dijurnal tersebut, diketahui cokelat memiliki kandungan seperti antioksidan, polifenol, mineral, karbohidrat, protein, teobromin, dan kafein.

Manfaat Coklat untuk Kesehatan

Banyaknya kandungan nutrisi dan mineral yang dimilikinya, membuat manfaat coklat untuk kesehatan juga sangat beragam. Mengutip dari laman hellosehat.com dan alodokter.com, berikut ini manfaat dari cokelat.

1. Meningkatkan fungsi otak

Cokelat ternyata bisa membantu fungsi kognitif otak, tak terkecuali menguatkan daya ingat. American Heart Association, melakukan sebuah penelitian di tahun 2012 untuk mengetahui relevansi cokelat dengan fungsi otak.

Penelitian tersebut membuktikan bahwa cokelat hitam bisa meningkatkan fungsi otak pada orang tua yang sudah mulai mengalami penurunan fungsi kognitif. Selain itu, kandungan flavonoid di dalam cokelat membuat aliran darah menuju otak lancar. Hal tersebutlah yang menjadikan coklat berkhasiat untuk otak.

2. Menurunkan kolesterol

Diketahui bahwa salah satu cara untuk menurunkan kolesterol bisa dilakukan dengan mengkonsumsi cokelat. Hal tersebut dikarenakan kandungan polifenol dan teobromin di dalam cokleat bisa meningkatkan kolesterol baik di dalam tubuh. Meskipun demikian, untuk konsumsi sebagai makanan harian, Anda harus tetap berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli.

3. Menurunkan hipertensi

Manfaat selanjutnya yang diberikan oleh cokelat yaitu bisa membantu menurunkan darah tinggi. Hal ini dikarenakan coklat memiliki flavonoid yang berfungsi meningkatkan produksi nitrit oksida. Zat inilah yang membuat pembuluh darah melebar dan tekanan darah menjadi turun.

Dalam The American Journal of Clinical Nutrition, konsumsi cokelat hitam selama 10 minggu bisa menurunkan tekanan darah sekitar 18 persen pada penderita hipertensi.

4. Mencegah penyakit jantung

Manfaat cokelat selanjutnya yaitu bisa menurunkan risiko gangguan pada jantung. Hal ini berkaitan dengan penurunan tekanan darah. Cokelat hitam dipercaya bisa menurunkan terkanan darah pemicu jantung.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement