12 Manfaat Cokelat untuk Kesehatan dan Kecantikan

Cokelat merupakan makanan yang banyak diminati. Selain lezat, manfaat cokelat juga beragam. Kandungan nutrisi didalamnya, membuat cokelat baik untuk kesehatan dan kecantikan.
Image title
16 September 2021, 17:22
12 Manfaat Cokelat untuk Kesehatan dan Kecantikan
ANTARA FOTO/Umarul Faruq
Ilustrasi olahan cokelat

Kita mungkin sudah familiar dengan cokelat. Makanan manis ini bisanya menjadi simbol kasih sayang dan romantisme. Cokelat adalah produk olahan kakao yang biasa diolah menjadi makanan atau minuman. Dikehidupan sehari-hari kita mengenal berbagai produk olahan cokelat. Termasuk produk bermerek yang sudah banyak beredar di pasaran.

Salah satu jenis produk cokleat yang banyak dijumpai yaitu cokelat batangan. Menurut data di databoks, SilverQueen menjadi brand cokelat batangan terfavorit dikalangan remaja Indonesia. Sedangkan posisi kedua diduduki oleh merek Cadbury.  

Selain populer, manfaat cokelat ternyata juga baik untuk kesehatan dan kecantikan. Tak heran jika kini banyak beredar produk turunan lain dari cokelat

Kandungan Cokelat

Manfaat dari cokelat muncul karena didalam produk perkebunan ini, ada beberapa kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Mengutip dari hellosehat.com, di dalam 100 gram cokelat ternyata ada beberapa nutrisi seperti air, energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, zat besi, natrium, dan kalium.

Kandungan kakao dan cokelat juga tercatat di Jurnal Industri Hasil Perkebunan 11(1). Dari penjelasan dijurnal tersebut, diketahui cokelat memiliki kandungan seperti antioksidan, polifenol, mineral, karbohidrat, protein, teobromin, dan kafein.

Manfaat Coklat untuk Kesehatan

Banyaknya kandungan nutrisi dan mineral yang dimilikinya, membuat manfaat coklat untuk kesehatan juga sangat beragam. Mengutip dari laman hellosehat.com dan alodokter.com, berikut ini manfaat dari cokelat.

1. Meningkatkan fungsi otak

Cokelat ternyata bisa membantu fungsi kognitif otak, tak terkecuali menguatkan daya ingat. American Heart Association, melakukan sebuah penelitian di tahun 2012 untuk mengetahui relevansi cokelat dengan fungsi otak.

Penelitian tersebut membuktikan bahwa cokelat hitam bisa meningkatkan fungsi otak pada orang tua yang sudah mulai mengalami penurunan fungsi kognitif. Selain itu, kandungan flavonoid di dalam cokelat membuat aliran darah menuju otak lancar. Hal tersebutlah yang menjadikan coklat berkhasiat untuk otak.

2. Menurunkan kolesterol

Diketahui bahwa salah satu cara untuk menurunkan kolesterol bisa dilakukan dengan mengkonsumsi cokelat. Hal tersebut dikarenakan kandungan polifenol dan teobromin di dalam cokleat bisa meningkatkan kolesterol baik di dalam tubuh. Meskipun demikian, untuk konsumsi sebagai makanan harian, Anda harus tetap berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli.

3. Menurunkan hipertensi

Manfaat selanjutnya yang diberikan oleh cokelat yaitu bisa membantu menurunkan darah tinggi. Hal ini dikarenakan coklat memiliki flavonoid yang berfungsi meningkatkan produksi nitrit oksida. Zat inilah yang membuat pembuluh darah melebar dan tekanan darah menjadi turun.

Dalam The American Journal of Clinical Nutrition, konsumsi cokelat hitam selama 10 minggu bisa menurunkan tekanan darah sekitar 18 persen pada penderita hipertensi.

4. Mencegah penyakit jantung

Manfaat cokelat selanjutnya yaitu bisa menurunkan risiko gangguan pada jantung. Hal ini berkaitan dengan penurunan tekanan darah. Cokelat hitam dipercaya bisa menurunkan terkanan darah pemicu jantung.

Penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Clinical Nutrition menyebutkan bahwa konsumsi cokelat setidaknya dua kali seminggu bisa menurunkan plak pada pembuluh arteri sekitar 32%. Kandungan flavonoid diketahui bisa memicu produksi nitrit oksida yang dapat menurunkan kolsterol jahat pemicu serangan jantung.

5. Menghambat sel kanker

Cokelat memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat mencegah kerusakan sel akibat kanker. Meskipun demikian, penelitian mengenai hal tersebut masih perlu dikaji lebih lanjut.

6. Memperbaiki suasana hati

Cokleat memang sudah sejak lama dipercaya bisa memperbaiki mood. Manfaat cokelat untuk mood ini karena bisa menurunkan hormon kortisol serta meningkatkan hormon endorfin dan serotonin. Maka tak heran jika cokelat bisa membuat penikmatnya menjadi bahagia.

7. Memberikan efek kenyang

Meskipun mengandung kalori, namun ternyata cokelat bisa memberikan efek kenyang lebih lama. Dengan demikian, mengkonsumsi cokleat bisa membantu menurunkan berat badan dan menjaga agar berat badan tetap ideal. Akan tetapi penting untuk diingat bahwa konsumsi cokelat yang berlebihan juga kurang baik untuk kesehatan.

Manfaat Cokelat untuk Kecantikan

Cokelat ternyata tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, namun juga baik untuk menjaga kecantikan. Bisa terlihat dari banyaknya produk perawatan kulit yang menggunakan cokelat sebagai bahan pembuatannya. Mengutip dari laman doktersehat.com, ada beberapa manfaat cokelat untuk kulit. Apa saja manfaatnya? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Membuat kulit lebih segar

Cokelat memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C sehingga bisa membuat kulit lebih lembab dan terhidrasi. Dengan demikian wajah akan terlihat segar. Manfaat ini juga bisa menjadi solusi untuk anda yang memiliki kulit kering.

2. Melindungi kulit dari paparan sinar UV

Sinar UV jika terus menerus mengenai kulit bisa menyebabkan kerutan dan garis harus diwajah. Kandungan tritofan di dalam cokelat bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Selain itu, cokelat juga mengandung banyak antioksidan yang dipercaya bisa mempertahankan kecantikan wajah.

3. Mencerahkan kulit secara alami

Manfaat cokelat untuk kulit selanjutnya yakni bisa membantu kulit agar nampak cerah alami. Hal ini dikarenakan cokleat memiliki antioksidan yang bisa merangsang sel kulit baru dan mengurangi pigmen. Beberapa produk kecantikan dari cokelat bisa menjadi solusi untuk mengatasi kulit kusam.

4. Mencegah jerawat

Masalah kesehatan kulit yang satu ini memang tak pernah habis untuk dibicarakan. Banyak produk kecantikan yang meng-klaim bisa mengatasi masalah jerawat. Namun ternyata ada bahan alami yang bermanfaat untuk mencegah jerawat. Cokelat salah satunya.

Kandungan antioksidan dalam cokelat bisa merangsang sel kulit serta membunuh bakteri penyebab jerawat. Penggunaan masker cokelat juga dipercaya bisa menghaluskan kulit.

5. Mengatasi sel kulit mati

Cokelat dengan tambahan gula bisa digunakan sebagai scrub untuk mengangkat sel kulit mati. Ketika sel kulit mati terangkat, maka penggunaan produk perawatan kulit menjadi lebih optimal. Selain itu, pengangkatan sel kulit mati juga akan mempercepat proses regenerasi kulit. Kondisi kulit baru tersebut menjadikan wajah lebih mulus dan halus.

Itulah beberapa manfaat coklat untuk kesehatan dan kecantikan. Meskipun banyak mengandung nutrisi dan kaya manfaat, namun cokelat yang beredar di pasaran memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi.

Selain itu, penambahan gula juga menyebabkan cokelat berpotensi menyebabkan kenaikan berat badan. Jadi, konsumsi produk cokelat secukupnya saja sehingga tidak menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait