13 Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan dan Kecantikan

Siti Nur Aeni
18 September 2021, 19:02
manfaat oatmeal
pixabay.com
Oatmeal merupakan makanan sehat yang kaya manfaat

Mendengar kata makanan sehat mungkin sebagian dari kita mengingat oatmeal. Makanan kaya serat ini memang sudah lama dijadikan alternatif sumber karbohidrat selain nasi. Mediakom.kemenkes.go.id, menjelasakan bahwa oat atau havermut merupakan makanan sehat yang berasal dari tumbuhan serelia.

Makanan ini mengandung karbohidrat dan serat yang tinggi. Pengolahan oat menjadi bulir oat utuh dilakukan dengan cara pemanggangan dengan suhu rendah. Proses tersebut membuat enzim pada oat menjadi aktif.

Banyak orang mengkonsumsi oat saat tengah menjalankan program diet. Namun sebenarnya manfaat oat sangatlah beragam. Bahkan oat bisa digunakan untuk merawat wajah agar tetap sehat cantik.

Kandungan Oatmeal

Manfaat yang dimiliki oat tidak lepas dari kandungan nutrisi yang ada didalamnya. Mengutip dari alodokter.com, diketahui dalam 78 gram oat kering ada kurang lebih 300 kalori. Selain itu ada juga kandungan nutrisi lain seperti karbohidrat, serat, lemak, protein, mangan, fosfor, magnesium, tembaga, zat besi, zinc, vitamin B1, dan vitamin B5.

Pada laman hellosehat.com, juga dijelaskan bahwa kandungan nutrisi yang ada di dalam secangkir oat antara lain; air, energi, protein, karbohidrat, lemak total, kalsium, serat, gula, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, zinc, natrium, vitamin B6, vitamin E, vitamin K, dan asam lemak tak jenuh.

Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan

Kandungan gizi yang ada di dalam oat membuat makanan ini baik untuk dikonsumsi karena menghadirkan beragam manfaat. Berdasarkan penjelasan di alodokter dan hellosehat.com, manfaat oatmeal untuk kesehatana antara lain;

1. Mencegah risiko obesitas

Oatmeal bermanfaat untuk menjaga berat badan ideal. Manfaat oatmeal untuk diet karena makanan ini bisa memberikan rasa kenyang lebih lama. Hal tersebut dikarenakan oatmeal kaya air dan serat larut. Mengkonsumsi oat juga bisa menurunkan kalori tubuh.

2. Mencegah penyakit jantung

Kandungan serat memiliki kemampuan menurunkan kolesterol jahat dan kolesterol total. Selain itu, oat juga mengandung antioksidan yang bisa menurunkan tekanan darah dengan cepat. Ketika kolesterol dan tekanan darah terkontrol maka penyakit jantung bisa dicegah.

3. Menjaga kadar gula darah

Manfaat oatmeal lainnya yang bisa menjaga kadar gula darah di dalam tubuh. Oat memiliki beta glucan yang membuat gula tidak mudah terserap. Maka dari itu, oat ini bisa menjadi pilihan makanan sehat untuk penderita diabetes.

4. Merawat pencernaan

Serat yang ada didalam oat berperan dalam meningkatkan bakteri baik di dalam saluran pencernaan. Sehingga gangguan pencernaan seperti sembelit, diare, dan iritasi pada usus besar bisa dihindari. Dinkes.kekarkab.go.id, juga menyejalaskan bahwa oat juga baik untuk penderita asam lambung.

Manfaat oat untuk asam lambung ini karena ada kandungan serat yang tinggi. Diet tinggi serat diketahui bisa menurunkan risiko asam lambung.

5. Menurunkan kolesterol

Oatmeal juga bisa menjadi makanan untuk menurunkan kolesterol. Kandungan beta glucan di dalam oat yang membuatnya bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat.

6. Mencegah risiko asma

Penyakit asma biasanya menimpa pada anak-anak. Namun ternyata konsumsi oat bisa mencegah risiko asma. Penelitian yang dilakukan penelitian dari National Institue of Health and Welfare di Helsinki, Finlandia menyebutkan bahwa konsumsi oatmeal sebelum anak berusia 5 tahun bisa mencegah asma dan rhintis alergi.

Manfaat Oatmeal untuk Wajah

Selain menjadi pilihan makanan sehat, oatmeal juga bisa digunakan sebagai masker untuk merawat wajah. Mengutip dari sehatq.com, berikut beberapa manfaat oatmeal untuk wajah.

1. Membuat kulit lebih lembap

Oatmeal memiliki kemampuan untuk mengangkat sel kulit mati dan memberikan kelembapan alami untuk wajah. Beta glucan yang ada di oatmeal bisa membuat permukaan kulit menjadi lebih halus.

2. Mencerahkan kulit secara alami

Manfaat oatmeal selanjutnya yaitu bisa digunakan untuk eskfoliasi dan membuat kulit lebih cerah. Oatmeal memiliki asam laktat dan asam glikolat yang baik untuk merawat kulit. Anda bisa mencampurkan oat dengan madu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Mengatasi masalah jerawat

Masker oatmeal juga bisa digunakan untuk mengatasi jerawat. Kandungan antioksidan di dalam oat berperan penting sebagai anti radang. Oat juga mengandung mineral yang bisa mengontrol hormon penyebab jerawat.

Sama seperti poin sebelumnya, Anda juga bisa menggunakan oat dengn madu untuk mengatasi masalah jerawat di wajah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...