Ketahui Penyebab Darah Tinggi dan Cara Menurunkan Risikonya

Siti Nur Aeni
20 September 2021, 15:21
Ketahui Penyebab Darah Tinggi dan Cara Menurunkan Risikonya
pexels.com/Pavel Danilyuk
Seseorang mengukur tekanan darah dengan menggunakan tensimeter

Hipertensi atau tekanan darah tinggi sering disebut the silent killer. Menurut penjelasan p2ptm.kemenkes.go.id, gangguan kesehatan ini umumnya tidak menunjukkan gejala sehingga penderita tidak menyadarinya. Akibatnya, terlambat penanganan dan menyebabkan komplikasi.

Pada Jurnal Promkes 4(2), diterangkan bahwa hipertensi adalah sebuah kondisi ketika seseorang memiliki tekanan darah di atas normal. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) pada tahun 2013, menyatakan bahwa prevalensi hipertensi masyarakat usia 18 tahun ke atas di Indonesia mencapai 25,8%.

Advertisement

Apa Penyebab Darah Tinggi?

Sementara itu, penyebab darah tinggi ternyata dipengaruhi oleh pola hidup tidak sehat dan konsumsi makanan pemicu hipertensi. Mengutip dari hellosehat.com dan alodokter.com, berikut ini beberapa penyabab hipertensi yang patut kita waspadai.

1. Jarang melakukan aktivitas fisik

Jarang melakukan aktivitas fisik ternyata bisa memicu tensi darah meningkat. Kurang gerak akan menyebabkan jantung akan bekerja lebih keras dalam memompa darah. Hal tersebut bedampak pada peningkatakan tekanan darah.

2. Obesitas

Penyebab tekanan darah tinggi selanjutnya yaitu karena kelebihan berat badan atau obesitas. Semakin berat massa tubuh, maka oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan semakin tinggi. Hal tersebut menyebabkan jantung bekerja lebih keras dan membuat tekanan darah meningkat.

3. Merokok

Kebiasaan merokok selain berisiko menyebabkan gangguan pernapasan, ternyata juga bisa meningkatkan tensi darah. Kandungan zat kimia di dalam rokok menyebabkan lapisan dining arteri rusak. Hal tersebut membuat arteri menyempit dan tekanan darah meningkat.

4. Konsumsi minuman bralkohol

Minuman keras atau minuman beralkohol bisa memicu peningkatakn tekanan darah. American Hearth Associaton (AHA) mengatakan bahwa alkohol dapat meningkatkan lemak dalam darah dan memicu penumpukan lemak di dinding arteri. Ketika hal tersebut terjadi, maka memicu hipertensi dan beberapa gangguan kesehatan lain.

5. Stres

Penyebab tekanan darah tinggi selanjutnya yaitu stres. Hal tersebut karena adanya peningkatan hormon stres seperti kortisol dan adrenalin. Bukan hanya darah tinggi saja, namun stres juga bisa memicu gangguan kesehatan lain seperti serangan jantung dan stroke.

5. Faktor usia

Usia juga bisa menjadi salah satu pemicu darah tinggi. Semakin bertambah usia, maka organ dan pembuluh darah akan berubah. Ginjal sebagai organ vital juga ikut mengalami penurunana fungsi.

Saat ginjal tidak bisa bekerja secara optimal, maka garam dan cairan tubuh menjadi tidak seimbang. Selain itu, penambahan usia juga bisa memicu pembuluh darah menjadi kaku. Ketika kedua hal tersebut terjadi, maka bisa meningkatkan risiko hipertensi.

6. Faktor genetik

Darah tinggi ternyata bisa juga disebabkan oleh faktor keturunan. Seseorang yang orang tuanya mengalami hipertensi akan lebih rentan terkena gangguan kesehatan tersebut.

Hal ini sesuai dengan penjelasan dalam Jurnal e-Clinic 3(1), yang menyebutkan bahwa remaja yang dengan riwayat keluarga hipertensi memiliki risiko lebih tinggi mengalami darah tinggi dibandingkan dengan remaja yang keluarganya tidak memiliki darah tinggi.

Makanan Penyebab Darah Tinggi

Penyebab darah tinggi juga bisa berasal dari makanan. Melansir dari sehatq.com, ada beberapa makanan yang menyebabkan hipertensi dan lebih baik dihindari.

1. Makanan tinggi garam

Garam sebenarnya mengandung mineral penting untuk tubuh. Namun ketika konsumsi garam berlebih bisa menyebabkan hipertensi. Garam diketahui memiliki kemampuan menarik air di pembuluh darah. Ketika hal tersebut terjadi, maka volume darah akan meningkat.

Saat volume naik, maka secara otomatis tekanan darah juga ikut naik. Biasanya makanan kemasan seperti snack memiliki kadar garam yang tinggi. Maka dari itu, penting sekali untuk mencermati komposisi dalam produk makanan kemasan.

2. Makanan berlemak dan tinggi kolesterol

Makanan penyebab darah tinggi selanjutnya yaitu makanan yang mengandung lemak jenuh dan tinggi kolesterol. Beberapa makanan yang masuk dalam kelompok ini antara lain; daging merah, daging babi, keju, mentega, margarin, gorengan, minyak kalapa, minyak sawit, aneka kue, dan makanan bersantan.

3. Minuman mengandung kafein

Minuman berkafein seperti kopi, teh, soda, dan sejenisnya ternyata bisa memicu hipertensi. Kafein diduga mampu menghambat pelepasan hormon adenosin. Hormon inilah yang bertugas menjaga pembuluh darah tetap lebar.

Ketika hormon tersebut dihambat, maka pembuluh darah menjadi sempit. Akibatnya, terjadi kenaikan tekanan darah.

4. Makanan tinggi gula

Makanan manis juga bisa menyebabkan kenaikan tekanan darah. Penyebab darah tinggi dikarenakan saat mengkonsumsi makanan manis, maka tubuh akan meningkatkan produksi insulin.

Kondisi tersebut akan mempengaruhi tekanan darah karena mengurangi air dan garam oleh ginjal. Insulin berlebihan juga menyebabkan tubuh mengalami resistensi insulin.

Saat tubuh resisten terhadap insulin, maka kemampuan menyimpan magnesium menurun. Padahal mineral tersebut sangat dibutuhkan tubuh. Ketika magnesium rendah, pembuluh darah menjadi kaku dan tekanan darah meningkat.

5. Olahan tomat dalam kaleng

Tomat merupakan makanan yang tinggi nutrisi dan kaya manfaat. Namun berbeda dengan produk olahan tomat dalam kaleng. Produk turunan tersebut ternyata tinggi natrium, sehingga dapat menjadi penyebab darah tinggi.

Ketika Anda ingin mengonsumsi tomat, sebaiknya konsumsi dalam bentuk romat segar. Jangan lupa untuk mencuci bersih sebelum dikonsumsi agar manfaat yang didapat optimal.

6. Minuman beralkohol

Minuman alkohol juga harus dihindari agar tidak memicu hipertensi. Hal tersebut karena minuman beralkohol mengandung kalori tinggi sehingga memicu kenaikan berat badan dan menyebabkan hipertensi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement