Jenis-jenis Lingkungan dan Cara Mengelolanya

Siti Nur Aeni
27 September 2021, 16:28
Jenis-jenis Lingkungan dan Cara Mengelolanya
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc.
Ilustrasi pencemaran lingkungan karena tumpukan sampah

Makhluk hidup tidak pernah bisa lepas dari lingkungannya. Oleh sebab itu, penting untuk menciptakan tempat tinggal yang nyaman.

Sayangnya aktivitas makhluk hidup terutama manusia telah banyak merusak alam. Sebut saja pembangunan industri yang terpaksa mengorbankan hutan hingga mengakibatkan bencana alam. Dan masih banyak lagi kegiatan yang merusak tatanan kehidupan.

Advertisement

Untuk meningkatkan kepedulian terhadap daerah yang kita tempati, tak ada salahnya untuk memahami konsep tentang lingkungan.

Pengertian Lingkungan

Konsep mengenai kawasan tempat tinggal atau lingkungan sudah banyak tertuang di berbagai literatur, mulai dari buku, kamus, hingga undang-undang. Berikut merupakan pengertian lingkungan dari berbagai sumber.

Undang-undang Nomor 23 Tahun 1997

Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan seluruh sumber daya, keadaan, dan makhluk hidup termasuk manusia dan perilakunya. Kondisi tersebut mempengaruhi kelangsungan kehidupan dan kesejahteraan manusa dan makhluk hidup lain.

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Lingkungan adalah sebuah daerah atau kawasan dan seluruh bagian yang ada didalamnya.

Otto Soemarwoto (1983)

Otto Soemarwoto dalam bukunya yang berjudul “Ekologi: Lingkungan Hidup dan Pembangunan”, menjelaskan bahwa definisi lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di makhluk hidup atau organisme yang memberikan pengaruh terhadap kehidupannya.

Salim Emil (1990)

Kawasan hidup merupakan seluruh benda, kondisi, keadaan, serta pengaruh di ruangan yang kita tempati dan mempengaruhi hal lain termasuk kehidupan manusia. Definisi tersebut tercantum dalam buku berjudul “Konsep Pembangunan Berkelanjutan”.

Jurnal Modul Volume 18 No. 2

Lingkungan merupakan kombinasi antara kondisi fisik yang terdiri atas sumber daya alam dengan kelembagaan ciptaan manusia seperti kebijakan dalam mengelola sumber daya tersebut.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa lingkungan atau kawasan hidup merupakan segala sesuatu yang ada di tempat tersebut dan memberikan pengaruh bagi kehidupan makhluk hidup.

Jenis Lingkungan

Setelah memahami konsep lingkungan, maka hal lain yang penting untuk diketahui yaitu terkait macam-macam kawasan hidup. Mengutip dari dlh.semarangkota.go.id, jenis lingkungan terbagi menjadi dua, berikut penjelasannya.

1. Lingkungan Hidup Alami

Lingkungan hidup alami merupakan tempat yang terdiri dari komponen biotik, abiotik, organisme kecil, dan seluruh kondisi yang berhubungan dinamis tanpa ada pengaruh manusia. Di kawasan tersebut akan terbentuk interaksi yang dikenal dengan nama ekosistem.

2. Lingkungan Hidup Buatan

Lingkungan buatan merupakan daerah yang sengaja dibuat manusia dengan teknologi untuk keperluan hidup. Ciri kawasan ini yaitu bentuknya tidak beragam. Contoh lingkungan hidup buatan antara lain; jalan, kawasan industri, sekolah, dan taman.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement