15 Manfaat Bayam untuk Kesehatan

Siti Nur Aeni
2 Oktober 2021, 14:27
15 Manfaat Bayam untuk Kesehatan
pexels.com
Bayam merupakan sayuran hijau yang kaya manfaat

Mengkonsumsi sayuran hijau seperti bayam memang memberikan banyak manfaat. Tren konsumsi makanan sehat dan bergizi memang sedang naik daun. Terlebih di tengah pandemi seperti saat ini, makanan sehat menjadi salah satu kunci agar terhindar dari berbagai penyakit.

Bayam bisa menjadi pilihan sayuran untuk dikonsumsi sehari-hari. Ada banyak manfaat bayam untuk kesehatan tubuh. Manfaat tersebut diperoleh karena bayam mengandung banyak nutrisi.

Advertisement

Kandungan Bayam

Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, dalam 100 gram bayam mentah terdapat nutrisi sebagai berikut:

  • 520 mg kalsium
  • 80 mg fosfor
  • 7,0 mg besi
  • 20 mg natrium
  • 60,0 mg kalium
  • 0,20 mg tembaga
  • 0,8 mg seng
  • 7,325 mcg beta karoten
  • 0,20 mg vitamin B1
  • 0,10 mg vitamin B2
  • 0,1 mg niacin
  • 62 mg Vitamin C

Manfaat Bayam untuk Kesehatan

Banyaknya kandungan gizi dalam bayam menjadikan sayuran ini cocok dikonsumsi sehari-hari. Mengutip dari sehatq.com, berikut ini beberapa manfaat bayam untuk kesehatan.

1. Menangkal radikal bebas

Manfaat yang pertama yaitu bisa melawan radikal bebas penyebab stres oksidatif. Kondisi tersebut berbahaya untuk tubuh karena bisa merusak DNA dan menyebabkan munculnya gangguan kesehatan.

Bayam mengandung vitamin A, vitamin C, kaempferol, dan kuersetin yang bisa melawan radikal bebas. Bayam juga memiliki kemampuan untuk mengurangi risiko stres oksidatif.

2. Menjaga kesehatan mata

Selama ini kita percaya bahwa wortel bisa menjaga kesehatan mata. Namun siapa sangka jika bayam juga memiliki kemampuan tersebut.

Kandungan zeaxanthin dan lutein berperan aktif melindungi mata dan mencegah kerusakan akibat sinar matahari. Dua zat tersebut juga bisa mencegah gangguan mata seperti katarak dan degenari makula.

3. Mencegah kanker

Bayam memiliki kandungan sulfoquinovosyl diacylglycerol (SQDG) dan monogalactosyl diacylglycerol (MGDG). Kedua zat tersebut diketahui bisa mencegah pertumbuhan sel kanker.

Kandungan antioksidan pada bayam juga bisa melawan kanker yang ditimbulkan oleh stres oksidatif. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa manfaat sayur bayam bisa menghambat kanker prostat, payudara, dan tumor serviks.

4. Menurunkan tekanan darah

Cara menurunkan darah tinggi bisa dengan mengkonsumsi bayam. Sebuah penelitian membuktikan bahwa konsumsi bayam selama 7 hari efektif untuk menurunkan hipertensi.

Selain itu, bayam juga mengandung kalium dan asam folat. Kedua zat itu bisa membantu melemaskan dinding pembuluh darah. Akibatnya, tekanan darah lebih terkendali dan masalah kesehatan bisa dicegah.

5. Mengatasi diabetes

Banyam mengandung antioksidan yang bisa menurunkan kadar gula dalam darah, meningkatkan sensitivitas insulin, dan menekan stres oksidatif. Dengan demikian, diabetes akan lebih terkontrol.

6. Mencegah risiko asma

Gangguan pernapasan ini memang sangat menggangu. Penyebab asma cukup beragam, bisa karena kondisi lingkungan namun ada juga karena faktor keturunan.

Untuk mencegah risiko penyakit ini, Anda bisa mengkonsumsi sayur bayam secara rutin. Hal tersebut dikarenakan bayam mengandung beta karoten yang baik untuk kesehatan.

Manfaat Bayam untuk Wanita

Bagi wanita hamil, bayam bisa menjadi pilihan makanan sehat untuk ibu hamil. Beberapa manfaat bayam untuk wanita seperti yang dijelaskan oleh hellosehat.com, sebagai berikut:

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement