Mengenal Suku Dayak Asli Kalimantan

Siti Nur Aeni
4 Oktober 2021, 08:49
Sejumlah warga Suku Dayak melaksanakan Upacara Memelas Pusaka Dayak di Rumah Radakng, Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu (16/11/2019). Upacara Memelas Pusaka yang dilakukan menurut adat Dayak Bidayuh tersebut bertujuan untuk membersihkan secara spiritual
ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang
Sejumlah warga Suku Dayak melaksanakan Upacara Memelas Pusaka Dayak di Rumah Radakng, Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu (16/11/2019). Upacara Memelas Pusaka yang dilakukan menurut adat Dayak Bidayuh tersebut bertujuan untuk membersihkan secara spiritual puluhan senjata pusaka khas Dayak buatan abad ke-17 dan 18 seperti Mandau dan Duhung yang telah ditampilkan komunitas Folks of Dayak pada Pameran Pusaka Dayak Kalimantan.

Keragaman Indonesia bisa terlihat dari banyaknya suku dan budaya yang dimiliki masyarakatnya. Mengutip dari indonesia.go.id, negara kita memiliki lebih dari 300 suku bangsa.

Berdasarkan sensus penduduk yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik pada tahun 2010, jumlah suku bangsa tanah air mencapai 1.340 suku bangsa.

Advertisement

Suku tersebut tersebar diseluruh nusantara. Di Kalimantan ada suku asli yang bernama Suku Dayak. Masyarakat adat ini memiliki keunikan dan ciri khasnya sendiri. Untuk mengenal lebih dekat dengan suku asli Kalimantan, berikut ini uraiannya.

Asal Usul Suku Dayak

Mengutip dari Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Volume 3 Nomor 2 Tahun 2016, Dayak merupakan sebutan untuk penduduk asli Pulau Kalimantan. Suku ini memiliki 405 sub sub suku yang masing-masing memiliki adat istiadat dan budaya yang mirip.

Suku Dayak berasal dari Kalimantan, namun tersebar hingga ke Sabah dan Sarawak Malaysia. Menurut sejarah, suku ini pernah mendirikan kerjaan sebelum akhirnya dihancurkan oleh Majapahit. Peristiwa tersebut membuat masyarakat Dayak terpencar dan terdesak.

Sebagian besar masuk Islam dan mengubah identitasnya menjadi orang “Melayu” atau orang “Banjar”. Dan sebagian yang tidak masuk Islam kembali menyusuri sungai, lalu masuk ke pedalaman Kalimantan.

Sebagai masyarakat adat, Suku Dayak sangat menjunjung tinggi adat istiadatnya. Seperti upacara tiwah yang masih dilestarikan. Tiwah merupakan upacara yang dilaksanakan untuk mengantar rulang orang yang meninggal ke Sandung yang telah dibuat.

Sandung merupakan sebuah tempat rumah kecil yang dibuat khusus untuk orang meninggal. Upacara tiwah sangat sakral dan sebelum tulang diantar dan diletakan di Sandung, banyak ritual, tarian, suara gong, dan hiburan lain yang dilakukan.

Bahasa Suku Dayak

Dalam komunikasi sehari-hari, masyarakat Dayak memiliki bahasa sendiri yang disebut bahasa Dayak. Sayangnya bahasa daerah tersebut terancam mengalami kepunahan di 20 – 30 tahun yang akan datang. Pertanyaan tersebut disampaikan Hery Budhiono dari Balai Bahasa Kalimantan Tengah kepada mediaindonesia.com.

Menurut Hery ancaman kepunahan disebabkan karena banyak anak-anak yang tidak diajarkan bahasa daerah atau bahasa ibu. Selain itu, pernggunaan bahasa asing juga bisa menyebabkan bahasa daerah menjadi luntur eksistensinya.

Perlu adanya komitmen banyak pihak baik dari masyarakat atau pemerintah untuk menjaga bahasa daerah agar selal dikenal.

Pakaian Suku Dayak

Pulau Kalimantan merupakan salah satu pulau besar yang ada di Indonesia. di Pulau ini terbagi menjadi beberapa provinsi. Kalimantan Barat menjadi provinsi terluas ke empat setelah Irian, Jaya, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Tengah.

Suku Dayak dan Suku Melayu menjadi suku yang dominan tinggal di Kalimantan Barat. Kedua suku tersebut juga memberikan banyak pengaruh termasuk dalam urusan pakaian adat.

Mengutip dari Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Volume 3 Nomor 2 Tahun 2016, pakaian adat Suku Dayak untuk laki-laki dan perempuan memiliki ciri khasnya masing-masing.

Pakaian Adat Laki-laki

Busana adat untuk kaum pria bernama King Baba. Dalam bahasa Suku Dayak, King artinya pakaian dan Baba berarti laki-laki. Pakaian ini dibuat dari kulit kayu ampuro atau kayu kapuo yang merupakan tanaman endemik Kalimantan.

Kulit kayu dibentuk mirip ropi tanpa lengan dan celana panjang. Pewarnaan dilakukan menggunakan warna alami. Sebagai hiasan, dikenakan juga ikat kepala dan ada juga sehelai bulu burung enggang khas Kalimantan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement