Keunikan Kucing Himalaya dan Cara Merawatnya

Siti Nur Aeni
6 Oktober 2021, 10:11
Potret kucing himalaya yang menggemaskan
pixabay.com
Potret kucing himalaya yang menggemaskan

Kucing merupakan hewan yang dekat dengan manusia. Kita bahkan dengan mudah melihat binatang yang satu ini berkeliaran disekeliling rumah. Kucing-kucing yang biasa kita temui umumnya merupakan ras kucing kampung.

Meskipun jumlahnya banyak, ras ini jarang dipelihara dan biasanya hidup secara bebas. Sedangkan kelompok kucing yang banyak dipelihara berasal dari ras himalaya.

Kucing himalaya banyak disukai karena beberapa keunikan yang dimiliki. Ingin tahu apa saja keunikan yang dimiliki ras ini dan bagaimana cara merawatnya? Berikut penjelasan seputar kucing ras himalaya.

Keunikan Kucing Himalaya

Mengutip dari laman halodoc.com, kucing yang berasal dari ras himalaya memiliki karakter dan keunikan yang berbeda dari ras lain. Berikut penjabarannya.

1. Warna bulu bisa berubah

Mungkin kita tidak pernah menyangka jika bulu kucing bisa berubah warna. Namun ternyata hal tersebut mungkin terjadi. Keunikan kucing himalaya ini tidak dimiliki ras lain.

Kucing ini lahir dengan bulu berwarna putih karena saat dalam kandungan suhunya hangat. Seiring berjalannya waktu warna bulu berubah.

Misalnya pada kaki, tangan, cakar, ekor, wajah dan telinga warna bulunya menjadi gelap. Sementara itu warna gelap diyakini sebagai bentuk kemampuan tubuh menyerap dan menahan panas lebih baik. Semakin terang warna bulunya, berarti bagian tubuh tersebut tidak dapat menahan panas dengan baik.

2. Asalnya bukan dari Himalaya

Ketika mendengar kucing himalaya kita mengira bahwa jenis tersebut berasal dari Himalaya. Nayatanya kucing ini bukanlah dari daerah tersebut. Nama himalaya diambil dari jenis kelinci yang mempunya penampakan fisik sama terutama warna bulunya.

3. Suka dengan tempat dingin

Keunikan lainnya yang dimiliki ras ini yakni kesukaannya pada tempat dingin. Kucing ras himalaya memiliki hidung yang pesek. Kondisi tersebut membuat kucing ini sensitif dengan udara panas.

Ketika berasa di tempat panas, maka kesehatan sistem pernapasan bisa terganggu. Oleh sebab itu, ketika ingin memeliharanya pertimbangkan juga suhu atau iklim di daerah Anda.

4. Berkepribadian tenang

Sama halnya dengan manusia, kucing juga memiliki kepribadian yang berbda-beda. Jenis kucing himalaya ini termasuk hewan dengan kepribadian tenang. Ras ini juga suka dimanja dan terkenal ramah, setia, serta penyayang.

5. Hasil persilangan dua ras berbeda

Kucing ras himalaya merupakan hasil persilangan antara ras persia dengan ras siam. Persilangan ini terjadi pada tahun 1920-an. Akan tetapi nama himalaya baru disematkan pada tahun 1957 dan diremsikan oleh Cat Fanciers Association.

6. Tidak memiliki kemampuan melompat

Kita mungkin sering melihat kucing melompat dari satu tempat ke tempat lain. Bahkan kucing bisa melompat dari ketinggian tanpa mengalami cidera. Akan tetapi kemampuan tersebut ternyata tidak dimiliki oleh kucing himalaya.

Tubuh himalaya pendek dan ukuran kakinya juga kecil. Maka dari itu, dia tidak memiliki kemampuan melompat.

7. Memiliki mata berwarna biru

Kucing ini memiliki mata berawarna biru dan berkilau seperti kristal. Warna matanya ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta kucing.

8. Kelompok kucing rumahan

Kucing himalaya termasuk kucing rumahan karena tidak senang bepergian. Kucing ini lebih sering berdiam diri dan bersantai di sudut rumah. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan hwan peliharaan.

Cara Merawat Kucing Himalaya

Ketika hendak memelihara kucing, maka Anda harus memahami cara merawat hewan peliharaan tersebut. Untuk kucing ras himalaya cara perawatannya tidak  sulit. Mengutip dari kucingklik.com, berikut cara merawat kucing himalaya dengan baik dan benar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...