Kucing Bengal, Hewan Peliharaan yang Memiliki Banyak Keistimewaan

Kucing bengal menjadi favorit banyak pecinta kucing karena memilik keunikan. Salah satunya dari warna dan motif bulunya yang membuat penampilan kucing ini berbeda dari jenis lainnya.
Image title
6 Oktober 2021, 12:24
Gambar kucing bengal
pixabay.com
Gambar kucing bengal

Apakah Anda pencita kucing? Jika iya, mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan kucing bengal. Jenis kucing unik ini memang sudah sejak lama menjadi favorit pecinta binatang.

Kucing ras bengal memiliki motif yang unik dan cantik. Ternyata motif tersebut tidak diperoleh secara alami, sebab bengal merupakan kucing hasil persilangan.

Mengutip dari “301++ Hewan & Tumbuhan Mengagumkan di Dunia”, kucing bengal merupakan hasil persilangan antara kucing leopard asia dan kucing domestik. Kucing ini dikembangbiakan pertama kali pada awal abad 20 oleh mereka yang ingin memiliki hewan peliharaan dengan tampilan eksotis namun jinak.

Bengal mempunyai buku berwarna abu-abu hingga cokelat dengan motif bintik-bintik. Kucing ini terkenal cerdas dan aktif. Jenis kucing bengal juga sangat unik, sebab mereka ternyata suka dengan air. Padahal umumnya kucing domestika tidak menyukai air.

Keistimewaan Kucing Bengal

Kelompok ras ini memiliki keistimewaan tersendiri yang menjadi fakta menarik bagi banyak orang. Ingin tahu apa saja keistimewaan kucing bengal? Mengutip dari halodoc.com, berikut ini fakta menarik sekaligus keistimewaan dari kucing ras bengal.

1. Tubuhnya besar

Jenis kucing ini memiliki tubuh yang besar, berotot, dan atletis. Berat kucing ras bengal mencapai 8 sampai 15 pound. Keistimewaan tersebut menjadikan bengal berbeda dengan kucing peliharaan lainnya.

2. Hewan yang aktif

Kucing bengal merupakan hewan peliharaan yang aktif karenanya kucing ini juga memiliki banyak energi. Keaktifannya bisa terlihat dari kesukaanya bermain dan berinteraksi dengan manusia. Kucing ini juga cukup jahil sebab terkadang gemar menyembunyikan barang milik manusia.

3. Suka air

Kucing ini juga istimewa karena ternyata suka dengan air. Tentu saja hal ini sangat berbeda dengan kucing jenis lain yang umumnya tidak suka dengan air.

4. Memiliki bulu berkilau

Bulu kucing ras bengal tidak hanya memiliki motif yang cantik. Namun ternyata bulu tersebut juga berkilau. Kondisi inilah yang membuat kucing ini nampak seperti memiliki debu keemasan. Bulu yang berkilau semakin membuat hewan yang satu ini nampak sangat cantik.

5. Hewan sosial

Sifat sosial dan senang berinteraksi tidak hanya dimiliki oleh manusia. Kucing ras bengal juga memiliki sifat demikian. Kucing ini suka bermain sehingga sangat cocok untuk dijadikan teman.

Akan tetapi sifat ini jugalah yang harus menjadi perhatian para pemilik. Sebab ketika ketiga kucing ini tidak diajak bermain, mereka bisa melakukan apa saja untuk menghibur dirinya termasuk merusak barang yang ada di rumah.

Jadi pastikan untuk menyempatkan diri bermain dan berinteraksi dengan hewan peliharaan ini.

6. Hewan cerdas

Selain aktif dan bersifat sosial, bengal juga memiliki kecerdasan yang cukup tinggi. Kucing ini cukup mudah untuk dilatih dan cepat memahami perintah sederhana yang Anda berikan.

Cara Merawat Kucing Bengal

Setelah mengetahui berbagai keistimewaan yang dimiliki kucing bengal, mungkin Anda tertarik untuk memelihara hewan yang satu ini.

Namun sebelum memeliharanya, tak ada salahnya untuk mengetahui cara merawat kucing bengal dengan baik dan benar. Melansir dari halodoc.com, berikut cara merawat kucing unik ini.

1. Sediakan makanan bernutrisi

Hal pertama yang harus diperhatikan yaitu terkait makanan yang dikonsumsi oleh hewan peliharaan tersebut. Berikanlah makanan yang bernutrisi untuk menjaga agar kucing tetap sehat. Saat ini sudah banyak makanan kucing yang dijual, namun Anda harus tetap jeli memperhatikan setiap kandungan nutrisi makanan tersebut.

2. Jaga kebersihan bulu kucing

Jenis kucing bengal memiliki keistimewaan pada bulunya. Maka dari itu, Anda harus ekstra menjaga bulu hewan ini agar tidak rusak.

Sisir rutin bulu kucing untuk menghilangkan bulu mati dan menjaga agar tetap rapi. Saat menyisir bulu kucing, Anda harus menggunakan sisir khusus kucing agar bulu tidak rusak.

Menjaga kebersihan bulu juga berguna untuk mencegah tumbuhnya mikoorganisme yang menyebabkan penyakit.

3. Jaga kebersihan telinga, mata, dan gigi

Selain bulu, bagian tubuh lain yang harus terus dijaga kebersihannya yaitu telinga, mata, dan gigi. Lakukan pemeriksaan secara rutin untuk memastikan tidak terdapat kutu atau benda lain yang ada dibagian tuuh tersebut.

Anda bisa melakukan perawatan bagian tubuh tersebut di rumah. Namun jika tidak memiliki pengetahuan lebih, Anda bisa membawanya ke salon khusus kucing.

4. Sediakan mainan

Selain makanan, hal lain yang juga harus Anda sediakan yaitu mainan. Kucing bengal merupakan hewan yang suka bermain. Jadi pastikan Anda memberikan tempat untuknya bermain sendiri saat Anda tidak memiliki waktu untuk mengajaknya bermain.

5. Ajak kucing bermain bersama

Agar kucing tidak bosan dan stres, sesekali Anda bisa mengajaknya keluar rumah atau melakukan aktivitas bersama. Bermain bersama juga bisa meningkatkan kedekatan Anda dengan kucing peliharaan.

6. Sediakan ruangan yang cukup luas

Kucing bengal merupakan hewan yang aktif, sehingga pastikan ruangan tempat untuk memeliharanya cukup luas. Jika ruangan terlalu sempit, maka ruang gerak bengal akan terbatas. Hal tersebut bisa menjadi pemicu stres pada kucing.

7. Pelihara di dalam ruangan

Sebaiknya kucing bengal dipelihara di dalam rumah. Hal ini bertujuan untuk melindungi kucing dari penyakit, atau dari bahaya lain.

Harga Kucing Bengal

Sudah mengetahui keunikan dan cara merawat kucing bengal, kini saatnya Anda mengetahui harga dari ras ini. Mengutip dari kucingklik.com, harga kucing bengal di Indonesia berkisar di angka Rp2.500.000 sampai Rp40.000.000.

Harga tersebut mungkin terlihat mahal karena kucing ini memiliki banyak keunikan. Namun demikian, saat hendak memilikinya pastikan Anda membeli di tempat terpercaya dengan silsilah yang jelas.

Gambar Kucing Bengal

Agar lebih mengenal ras kucing ini, berikut beberapa gambar kucing bengal.

kucing bengal (3)
Foto kucing bengal di dalam ruangan (pixabay.com)
Kucing bengal (2)
Foto kucing bengal cantik dan menggemaskan  (pixabay.com)

 

Anak kucing ras bengal
Anak kucing ras bengal (pixabay.com)



News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait