Kucing Bengal, Hewan Peliharaan yang Memiliki Banyak Keistimewaan

Siti Nur Aeni
6 Oktober 2021, 12:24
Gambar kucing bengal
pixabay.com
Gambar kucing bengal

Apakah Anda pencita kucing? Jika iya, mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan kucing bengal. Jenis kucing unik ini memang sudah sejak lama menjadi favorit pecinta binatang.

Kucing ras bengal memiliki motif yang unik dan cantik. Ternyata motif tersebut tidak diperoleh secara alami, sebab bengal merupakan kucing hasil persilangan.

Mengutip dari “301++ Hewan & Tumbuhan Mengagumkan di Dunia”, kucing bengal merupakan hasil persilangan antara kucing leopard asia dan kucing domestik. Kucing ini dikembangbiakan pertama kali pada awal abad 20 oleh mereka yang ingin memiliki hewan peliharaan dengan tampilan eksotis namun jinak.

Bengal mempunyai buku berwarna abu-abu hingga cokelat dengan motif bintik-bintik. Kucing ini terkenal cerdas dan aktif. Jenis kucing bengal juga sangat unik, sebab mereka ternyata suka dengan air. Padahal umumnya kucing domestika tidak menyukai air.

Keistimewaan Kucing Bengal

Kelompok ras ini memiliki keistimewaan tersendiri yang menjadi fakta menarik bagi banyak orang. Ingin tahu apa saja keistimewaan kucing bengal? Mengutip dari halodoc.com, berikut ini fakta menarik sekaligus keistimewaan dari kucing ras bengal.

1. Tubuhnya besar

Jenis kucing ini memiliki tubuh yang besar, berotot, dan atletis. Berat kucing ras bengal mencapai 8 sampai 15 pound. Keistimewaan tersebut menjadikan bengal berbeda dengan kucing peliharaan lainnya.

2. Hewan yang aktif

Kucing bengal merupakan hewan peliharaan yang aktif karenanya kucing ini juga memiliki banyak energi. Keaktifannya bisa terlihat dari kesukaanya bermain dan berinteraksi dengan manusia. Kucing ini juga cukup jahil sebab terkadang gemar menyembunyikan barang milik manusia.

3. Suka air

Kucing ini juga istimewa karena ternyata suka dengan air. Tentu saja hal ini sangat berbeda dengan kucing jenis lain yang umumnya tidak suka dengan air.

4. Memiliki bulu berkilau

Bulu kucing ras bengal tidak hanya memiliki motif yang cantik. Namun ternyata bulu tersebut juga berkilau. Kondisi inilah yang membuat kucing ini nampak seperti memiliki debu keemasan. Bulu yang berkilau semakin membuat hewan yang satu ini nampak sangat cantik.

5. Hewan sosial

Sifat sosial dan senang berinteraksi tidak hanya dimiliki oleh manusia. Kucing ras bengal juga memiliki sifat demikian. Kucing ini suka bermain sehingga sangat cocok untuk dijadikan teman.

Akan tetapi sifat ini jugalah yang harus menjadi perhatian para pemilik. Sebab ketika ketiga kucing ini tidak diajak bermain, mereka bisa melakukan apa saja untuk menghibur dirinya termasuk merusak barang yang ada di rumah.

Jadi pastikan untuk menyempatkan diri bermain dan berinteraksi dengan hewan peliharaan ini.

6. Hewan cerdas

Selain aktif dan bersifat sosial, bengal juga memiliki kecerdasan yang cukup tinggi. Kucing ini cukup mudah untuk dilatih dan cepat memahami perintah sederhana yang Anda berikan.

Cara Merawat Kucing Bengal

Setelah mengetahui berbagai keistimewaan yang dimiliki kucing bengal, mungkin Anda tertarik untuk memelihara hewan yang satu ini.

Namun sebelum memeliharanya, tak ada salahnya untuk mengetahui cara merawat kucing bengal dengan baik dan benar. Melansir dari halodoc.com, berikut cara merawat kucing unik ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...