Kucing Sphynx, Hewan Unik yang Harganya Puluhan Juta

Siti Nur Aeni
7 Oktober 2021, 15:59
Foto kucing sphynx tanpa bulu
pixabay.com
Foto kucing sphynx tanpa bulu

Jika bisanya kita melihat kucing memiliki bulu lebat yang indah, maka lain cerita dengan kucing sphynx. Kucing ini memiliki bulu sangat pendek dan nampak tidak memiliki bulu alias botak. Dari penampilan fisiknya ini banyak orang menyebutnya sebagai kucing tanpa bulu. Kondisi tersebut terjadi karena adanya mutasi genetik.

Hewan unik ini ditemukan pada tahun 1960-an. Meskipun namanya sphynx namun kucing ini bukan berasal dari Mesir. Mengutip dari idntimes.com, asal kucing sphynx dari Kanada.

Dahulunya kucing ini dikenal dengan Canadian hairless. Sphynx yang kita ketahui saat ini merupakan hasil pengembangbiakan selektif antara kucing tanpa bulu dengan kucing normal.

Fakta Kucing Sphynx

Selain penampilannya yang menarik. jenis kucing ini juga menyimpan fakta yang menarik. Mengutip dari halodoc.com, berikut fakta menarik kucing berbulu pendek ini.

1. Hewan sosial

Sphynx merupakan hewan sosial karena menurut penuturan Dr. Ariana Verrili sorang ahli onkologi veteriner di Upstate Veterinary Specialities di Latham, New York. Dokter tersebut memiliki tiga kucing sphynx yang sering mencari perhatian. Kucing jenis ini sangat vokal karena selalu mengutarakan hal yang diinginkan.

2. Butuh perawatan rutin

Ras kucing ini merupakan hewan yang butuh perawatan rutin. Terutama dalam merawat kulit kucing ini. Dari segi makanan kucing ini juga harus diperhatikan agar kesehatannya tetap terjaga. Apabila Anda memelihara jenis kucing ini, jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan lingkungan tempat tinggalnya.

3. Mudah sakit

Kucing ini ternyata rentan mengalami gangguan kesehatan seperti gangguan otot jantung, masalah gigi, dan masalah kesehatan lain. Maka dari itu, sebagai pemilik Anda harus rutin mengajak kucing ini ke dokter hewan untuk medical check up.

4. Membutuhkan pelindung dari cuaca

Kucing ini membutuhkan perlindungan dari cuaca baik dingin atau panas. Saat musim dingin, kucing ini bisa mengalami iritasi dan kedinginan. Maka dari itu, penting untuk memberikan pakaian kucing. Selain itu, Anda juga bisa memberikan tempat tidur hangat untuk menjaga kesehatan kucing.

Meskipun tidak kuat dingin, namun kucing sphynx ini tidak boleh terkena sinar matahari langsung. Hal ini karena kulitnya cukup sensitif terhadap panas matahari.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...