13 Makanan Kelinci Bergizi dan Mudah Didapat

Siti Nur Aeni
12 Oktober 2021, 19:52
13 Makanan Kelinci yang Mudah Didapat
ANTARA FOTO/Candra Yanuarsyah/agr/wsj.
Peternak memberi makan kelinci hias jenis German Giant di Karangpawitan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Jumat (2/10/2020). Peternakan tersebut memiliki kelinci hias jenis Flemish Giant, German Giant, New Zealand White, Jersey Wooly dan Lion Head yang dijual dengan harga Rp500 ribu hingga Rp2 juta tergantung jenis, ukuran serta kualitas.

Sebagai makhluk hidup, kelinci juga membutuhkan makan agar bisa tumbuh dan berkembang. Makanan kelinci berasal dari tumbuhan karena hewan ini termasuk dalam kelompok herbivora. Namun tidak semua tumbuhan bisa dimakan oleh kelinci.

Mengutip dari buku “Beternak & Bisnis Kelinci Pedaging”, makanan kelinci harus memiliki gizi seimbang untuk menunjang pertumbuhannya. Adapun kebutuhan nutrisi hewan ini yaitu protein, karbohidrat, lemak, vitamin, serat kasar, mineral, dan air. Zat tersebut biasanya di temukan di sayuran, rumput, konsentrat, dan pelet.

Advertisement

Makanan Favorit Kelinci

Sebenarnya makanan kelinci tidaklah sulit. Hanya saja memilah makanan yang bernutrisi memang membutuhkan pemahaman lebih.

Tidak semua sayuran cocok untuk kelinci, maka dari itu bagi pemilik kelinci mengetahui jenis makanan untuk hewan ini merupakan sebuah keharusan. Berikut ini beberapa makanan yang bisa dikonsumsi kelinci.

1. Wortel

Sayuran berwarna oranye ini memang sudah sejak dahulu dikenal sebagai makanan kelinci. Kandungan vitamin dan nutrisi dalam wortel sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian kelinci.

2. Ubi jalar

Makanan kelinci selain wortel yaitu ubi jalan. Umbi yang satu ini mengandung kalori, vitamin, mineral, dan tinggi serat sehingga cocok untuk dikonsumsi kelinci.

Ubi jalar juga diketahui bisa mengobatai sembelit pada kelinci. Umbi ini juga dipercaya bisa membantu penyerapan lemak dan kolesterol pada kelinci.

3. Brokoli

Sayuran hijau ini tidak hanya menjadi kegemaran manusia, namun kelinci juga suka makanan ini. brokoli mengandung serat yang baik untuk melancarkan pencernaan kelinci. Kandungan nutrisi lainnya yang ada di brokoli bisa membantu pertumbuhan dan perkembangan kelinci.

4. Jagung

Jagung merupakan sumber karbohidrat selain nasi. Makanan ini juga menjadi kegemaran kelinci. Kandungan kalori dan nutrisi dalam jagung ternyata baik untuk kelinci. Namun Anda harus membatasi konsumsi makanan ini sebab jika berlebih bisa menyebabkan kelinci menjadi obesitas.

5. Kubis

Sayuran yang biasanya kita temui pada sup ternyata bisa juga menjadi makanan kelinci. Kubis ungu atau kubis hijau keduanya bisa dikonsumsi kelinci. Sayuran ini bisa menjadi alternatif makanan agar kelinci tidak bosan.

6. Tomat

Manfaat tomat tidak hanya untuk kesehatan manusia saja namun juga baik untuk menjaga kesehatan kelinci. Tomat mengandung vitamin dan antioksidan yang tinggi. Kandungan tersebut diperlukan untuk tumbuh kembang kelinci terutama yang masih kecil. Sayuran ini bisa ditambahkan bersama dengan makanan kelinci lainnya.

7. Buah apel

Selain sayuran kelinci juga suka makanan buah-buahan. Apel menjadi buah yang disukai kelinci. Kandungan vitamin dalam buah ini juga baik untuk menjaga kesehatan kelinci.

Namun sebelum memberikan apel sebagai makanan kelinci, pastikan sudah dicuci bersih sehingga tidak ada sisa pertisida yang menempel.

Hal lain yang juga penting untuk diingat bahwa saat hendak memberikan buah ini kepada kelinci, pastikan bijinya sudah dibuang. Sebab biji apel ternyata berbahaya untuk kelinci.

8. Pepaya

Manfaat pepaya untuk pencernaan ternyata tidak hanya dirasakan oleh manusia namun juga bisa dirasakan kelinci. Buah ini memiliki kandungan serat dan vitamin yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan.

9. Selada

Sayuran ini biasanya dikonsumsi sebagai lalap. Selain manusia, selada juga menjadi makanan favorit kelinci. Kandungan mineral dan vitamin dalam selada diperlukan kelinci untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Namun tidak semua selada bisa dikonsumsi kelinci, ada juga selada yang berbahaya untuk kelinci seperti selada iceberg.

10. Seledri

Seledri mengandungan vitamin dan nutrisi yang bisa menujang kesehatan kelinci. Sayuran ini memiliki tekstur yang renyah sehingga kelinci suka dengan makanan ini. Seledri bisa menjadi alternatif makanan kelinci selain wortel.

11. Kangkung

Makanan untuk kelinci selanjutnya yaitu kangkung. Sayuran ini mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan kelinci. Selain itu, kangkung juga mudah didapatkan dan harganya sangat terjangkau sehingga Anda tidak akan kebingungan saat kehabisan pakan kelinci di rumah.

12. Rumput

Selain beberapa sayuran di atas, kelinci juga bisa mengkonsumsi rumput. Bagi kelinci yang sedang hamil atau menyusui, rumput menjadi makanan terbaik karena kandungan sertanya dan nutrisi yang tinggi.

Jenis rumput yang bisa dikonsumsi kelinci antara lain rumput alfafa, timothy, teki, rumput gajah, jerami dan beberapa jenis rumput yang biasanya dijual untuk pakan kelinci.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement