Beragam Manfaat Daun Ketapang untuk Kesehatan Ikan dan Manusia

Popularitas daun ketapang semakin meningkat seiring banyaknya orang memelihara ikan cupang. Daun ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan ikan dan manusia.
Image title
15 Oktober 2021, 11:04
Daun Ketapang yang memiliki banyak manfaat
Katadata
Daun Ketapang yang memiliki banyak manfaat

Pohon ketapang atau Terminalia catappa merupakan tanaman yang banyak dijumpai di Indonesia. Pohon ini mudah beradaptasi dengan lingkungan sehingga bisa tumbuh dimana saja. Manfaat tanaman ini bisa didapat dari batang, biji, atau daun ketapang.

Kandungan Daun Ketapang

Daun pohon ketapang menjadi bagian yang sering dimanfaatkan. Pohon ketapang memiliki daun yang berwarna merah muda hingga kuning merah sebelum jatuh. Daun pohon ini biasanya berserakan disekitar tempat pohon ini tumbuh.

Ketika Anda melihat daun pohon ketapang berserakan, jangan terburu-buru membersihkannya sebab daun ini ternyata memiliki senyata aktif yang bermanfaat untuk hewan peliharaan terutama ikan dan juga baik untuk kesehatan manusia.

Mengutip dari CERATA Jurnal Ilmu Farmasi 10(2), daun ketapang mengandung senyawa aktif yang bersifat antibakteri seperti alkaloid, falvonoid, dan tanin. Dalam Jurnal Agromed Unila 4(1) juga dijelaskan bahwa daun pohon ketapang memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antiinflamasi. Kandungan tersebut yang membuat daun ini memiliki banyak manfaat.

Manfaat Daun Ketapang untuk Ikan Cupang

Daun pohon ketapang biasanya dimanfaatkan dalam budidaya ikan cupang. Mengutip dari halodoc.com, berikut ini manfaat daun ketapang untuk ikan cupang.

1. Menjaga kesehatan ikan

Daun pohon ketapang bersifat antiparasit, antibakteri, dan antijamur. Daun ini akan membuat air terjaga dari patogen sehingga ikan menjadi lebih sehat dan kuat. Pemberian daun pohon ketapang juga dipercaya bisa membuat ikan cepat bertelur.

2. Membuat air lebih berkualitas

Daun ketapang juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas air. Daun ini mampu melepaskan senyawa aktif membuat pH air menurun sehingga cocok untuk tempat hidup ikan cupang. Daun ini juga bisa mengubah warna air yang bermanfaat untuk mengurangi stres pada ikan.  

3. Mengatasi gangguan kesehatan kulit pada ikan

Manfaat daun ketapang untuk ikan selanjutnya yaitu mengatasi masalah kulit. Zat tanin yang dihasilkan oleh daun ini memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri, jamur, hingga virus. Selain itu, daun pohon ketapang juga dipercaya bisa menyembuhkan luka pada ikan lebih cepat.

4. Sebagai tempat untuk bertelur

Daun pohon ketapang juga bermanfaat sebagai tempat bertelor. Daun ini biasa dimanfaatkan untuk menyembunyikan telur ikan. Penurunan pH yang disebabkan oleh daun ini membuat kondisi air sesuai untuk ikan bertelur.

Manfaat Daun Ketapang untuk Kesehatan Manusia

Selain bemanfaat untuk ikan, daun ketapang juga bermanfaat bagi kesehatan manusia. Mengutip dari klikdokter.com, berikut ini manfaat daun ketapang untuk kesehatan manusia.

1. Menjaga kesehatan ibu hamil

Asam folat yang ada dalam daun ketapang sangat baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Asam folat ini bermanfaat dalam membantu perkembangan otak bayi. Akan tetapi saat hendak mengkonsumsi daun ini sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan.

2. Melawan kanker

Daun pohon ketapang dipercaya juga mengandung senyawa yang bersifat anti kanker. Hal tersebut membuat memungkinkan daun ini digunakan untuk mencegah atau bahkan menurunkan sel kanker.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa pemberian daun ketapang bisa menurunkan tumor pada tikus sampai 2,6 kali lebih besar setelah konsumsi daun ini selama 30 hari.

Meskipun demikian, penelitian ini masih perlu pengembangan lebih lanjut. Konsumsi daun ketapang untuk mengobati kanker sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

3. Menurunkan gula darah

Diabetes atau gangguan kadar gula darah menjadi penyakit yang banyak diderita orang. Untuk mengobati penyakit ini bisa dengan menggunakan bahan alami seperti daun ketapang.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa ekstrak dari daun ini dapat memberikan efek negatif diabetes yang diderita oleh tikus. Sejumlah peneliti mengamati adanya penurunan kadar gula yang berbeda sesuai dengan dosis yang diberikan.

4. Menjaga daya tahan tubuh

Daun pohon ketepang juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Hal tersebut dikarenakan daun ini mengandung antioksidan. Kandungan tersebut dipercaya bisa menjaga tubuh dari berbagai penyakit.

5. Mengobari radang sendi

Ekstrak daun pohon ketapang dipercaaya bisa mengobati radang sendi. Biasanya daun ini diolah menjadi teh yang dapat menenangkan dan melemaskan saraf.

7. Menjaga kesehatan tulang

Sifat antioksidan yang ada pada daun ini tidak hanya bisa meningkatkan kekebalan tubuh, namun bermanfaat juga untuk menguatkan tulang.

Antioksidan dapat mencegah kerusakan kromosom. Selain itu, kandungan senyawa aktif dalam daun ini juga memberikan efek antiklastogenik.

8. Menyembuhkan sakit perut

Manfaat daun ketapang selanjutnya yaitu dapat menyembuhkan sakit perut. Jus daun ini dipercaya bisa membunuh parasit dalam usus. Di Filipina jus daun ketapang biasa dimanfaatkan untuk mengobati sakit kepala dan sakit perut.

Sementara itu menurut penjelasan dr. Sylvia V. dalam laman sehatq.com, beberapa manfaat daun ketapang untuk kesehatan sebagai berikut:

  1. Menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.
  2. Mengurangi risiko stroke.
  3. Sebagai obat sariawan.
  4. Menyembuhkan penyakit kulit.
  5. Melancarkan pencernaan.
  6. Mengatasi nyeri saat haid.

dr. Sylvia juga menjelaskan cara untuk mengkonsumsi daun ini. Anda bisa merebus daun ketapang kemudian minum air rebusannya. Selain itu, daun pohon ketapang juga bisa dilumatkan kemudian ditempelkan pada kulit yang bermasalah.

Akan tetapi sebelum menggunakan sebagai obat herbal, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Karena masalah kesehatan dan kondisi fisik setiap orang berbeda. Maka dari itu perlu adanya pemeriksaan oleh dokter terlebih dahulu untuk menghindari efek samping yang kurang baik.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait