Beragam Manfaat Daun Ketapang untuk Kesehatan Ikan dan Manusia

Siti Nur Aeni
15 Oktober 2021, 11:04
Daun Ketapang yang memiliki banyak manfaat
Katadata
Daun Ketapang yang memiliki banyak manfaat

Pohon ketapang atau Terminalia catappa merupakan tanaman yang banyak dijumpai di Indonesia. Pohon ini mudah beradaptasi dengan lingkungan sehingga bisa tumbuh dimana saja. Manfaat tanaman ini bisa didapat dari batang, biji, atau daun ketapang.

Kandungan Daun Ketapang

Daun pohon ketapang menjadi bagian yang sering dimanfaatkan. Pohon ketapang memiliki daun yang berwarna merah muda hingga kuning merah sebelum jatuh. Daun pohon ini biasanya berserakan disekitar tempat pohon ini tumbuh.

Advertisement

Ketika Anda melihat daun pohon ketapang berserakan, jangan terburu-buru membersihkannya sebab daun ini ternyata memiliki senyata aktif yang bermanfaat untuk hewan peliharaan terutama ikan dan juga baik untuk kesehatan manusia.

Mengutip dari CERATA Jurnal Ilmu Farmasi 10(2), daun ketapang mengandung senyawa aktif yang bersifat antibakteri seperti alkaloid, falvonoid, dan tanin. Dalam Jurnal Agromed Unila 4(1) juga dijelaskan bahwa daun pohon ketapang memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antiinflamasi. Kandungan tersebut yang membuat daun ini memiliki banyak manfaat.

Manfaat Daun Ketapang untuk Ikan Cupang

Daun pohon ketapang biasanya dimanfaatkan dalam budidaya ikan cupang. Mengutip dari halodoc.com, berikut ini manfaat daun ketapang untuk ikan cupang.

1. Menjaga kesehatan ikan

Daun pohon ketapang bersifat antiparasit, antibakteri, dan antijamur. Daun ini akan membuat air terjaga dari patogen sehingga ikan menjadi lebih sehat dan kuat. Pemberian daun pohon ketapang juga dipercaya bisa membuat ikan cepat bertelur.

2. Membuat air lebih berkualitas

Daun ketapang juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas air. Daun ini mampu melepaskan senyawa aktif membuat pH air menurun sehingga cocok untuk tempat hidup ikan cupang. Daun ini juga bisa mengubah warna air yang bermanfaat untuk mengurangi stres pada ikan.  

3. Mengatasi gangguan kesehatan kulit pada ikan

Manfaat daun ketapang untuk ikan selanjutnya yaitu mengatasi masalah kulit. Zat tanin yang dihasilkan oleh daun ini memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri, jamur, hingga virus. Selain itu, daun pohon ketapang juga dipercaya bisa menyembuhkan luka pada ikan lebih cepat.

4. Sebagai tempat untuk bertelur

Daun pohon ketapang juga bermanfaat sebagai tempat bertelor. Daun ini biasa dimanfaatkan untuk menyembunyikan telur ikan. Penurunan pH yang disebabkan oleh daun ini membuat kondisi air sesuai untuk ikan bertelur.

Manfaat Daun Ketapang untuk Kesehatan Manusia

Selain bemanfaat untuk ikan, daun ketapang juga bermanfaat bagi kesehatan manusia. Mengutip dari klikdokter.com, berikut ini manfaat daun ketapang untuk kesehatan manusia.

1. Menjaga kesehatan ibu hamil

Asam folat yang ada dalam daun ketapang sangat baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Asam folat ini bermanfaat dalam membantu perkembangan otak bayi. Akan tetapi saat hendak mengkonsumsi daun ini sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan.

2. Melawan kanker

Daun pohon ketapang dipercaya juga mengandung senyawa yang bersifat anti kanker. Hal tersebut membuat memungkinkan daun ini digunakan untuk mencegah atau bahkan menurunkan sel kanker.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement