15 Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan dan Kecantikan

Siti Nur Aeni
26 Oktober 2021, 11:57
Buah delima yang kaya nutrisi dan bermanfaat bagi kesehatan serta kecantikan
pixabay.com
Buah delima yang kaya nutrisi dan bermanfaat bagi kesehatan serta kecantikan

Buah delima atau Punka granatum L. adalah perdu semak yang banyak tumbuh di daerah yang memiliki iklim sejuk. Buah ini memiliki ciri biji sangat banyak berbentuk bulat yang dilapisi daging berwarna merah. Kulit buah ini keras berwarna kuning hingga merah tua.

Tanaman delima biasanya di tumbuhkan sebagai tanaman hias di halaman rumah atau kebun. Buah ini dapat dimakan langsung atau diolah menjadi obat. Mengutip ppid.pertanian.go.id, setidaknya ada empat jenis delima dengan ciri yang berbeda.

Advertisement
  1. Delima putih: memiliki bunga berwarna putih, daging berwarna pucat, kulit putih, dan kulit biji putih.
  2. Delima merah: bunga berwarna merah, daging buah memiliki warna merah tua, dan kulit yang juga berwarna merah.
  3. Delima susu wantah: bunga berwarna merah dan kulitnya sepat seperti teh cair.
  4. Delima hitam: bunga memiliki warna merah dan kulit berwarna ungu tua.

Kandungan Buah Delima

Buah berwarna merah ini memiliki beberapa kandungan gizi dan senyawa penting bagi kesehatan tubuh. Melansir dari ppid.pertanian.go.id, berikut ini kandungan buah delima.

  • Kalsium
  • Fosfor
  • Zat besi
  • Soidum
  • Potasium
  • Alkaloid
  • Renin
  • Kalisum oksalat
  • Asam maleik
  • Asam sitrat
  • Tanin
  • Senyawa acidumboricum

Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan

Kandungan gizi dan senyawa penting dalam buah delima membuat buah ini kaya manfaat. Melansir dari hellosehat.com, berikut beberapa manfaat buah delima bagi kesehatan tubuh.

1. Meringankan arthritis dan nyeri sendi

Delima memiliki sifat anti radang yang bisa mengatasi arthritis dan nyeri sendi. Kandungan flavonid juga bisa menghambat radang yang menyebabkan osteoarthritis dan kerusakan tulang rawan. Namun manfaat buah delima ini masih membutuhkan penelitian lebih lancur.

2. Menurunkan hipertensi

Delima dapat dimanfaatkan sebagai salah satu cara menurunkan darah tinggi. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Pharmacological Research menyebutkan bahwa minum jus delima dapat menurunkan kadar tekanan darah sistolik.

Jus delima mengandung antioksidan polifenol yang bisa melawan aterosklerosis serta meredakan peradangan pembuluh darah yang membantu menurunkan hipertensi.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C dalam delima cukup tinggi sehingga baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Buah ini dipercaya bisa melindungi tubuh dari berbagai infeksi.  Kandungan antioksidan didalamnya juga dapat melawan peradangan, stres oksifatif, dan gangguan kesehatan akibat radikal bebas.

4. Dapat membantu menurunkan berat badan

Kandungan serat yang tinggi dalam buah ini membuatnya cocok untuk dikonsumsi saat sedang dalam program diet. Buah delima dapat memberikan efek kenyang lebih lama. Anda bisa mengkonsumsi biji delima segar bersama olahan makanan lainnya seperti oatmeal, yoghurt, dan quinoa.

5. Mencegah kanker

Senyawa aktif dalam buah ini ternyata dapat mengahambat perkembangan sel kanker prostat. Selain itu, jus delima juga dipercaya bisa mencegah hingga menghancurkan sel kanker payudara.

Manfaat Buah Delima untuk Ibu Hamil

Bagi ibu hamil, delima juga memberikan banyak manfaat. Mengutip dari alodokter.com, berikut ini beberapa manfaat buah delima untuk ibu hamil.

1. Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Ibu hamil diketahui sangat rentan mengalami gangguan gigi dan mulut. Saat hal tersebut terjadi, ibu hamil tidak boleh asal mengkonsumsi obat. Salah satu cara untu menjaga kesehatan gigi dan mulut saat masa kehamilan yaitu dengan mengkonsumsi makanan sehat.

Buah delima memiliki kandungan yang baik untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Buah ini juga aman dikonsumsi ibu hamil. Meskipun demikian, Anda tidak diperkenankan mengkonsumsi dalam jumlah yang berlebih.

2. Mencegah bayi lahir cacat

Kandungan antioksidan dalam delima berperan penting untuk mencegah cacat lahir pada bayi. Buah ini juga mengandung asam folat yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungan.

Manfaat Buah Delima untuk Anak

Buah delima juga bermanfaat bagi tumbuh kembang anak. Melansir dari alodokter.com, ini dia beberapa manfaat delima untuk anak.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement